IBX5A49C9BC313D6 Serunya Arung Jeram Di Sei Bah Bolon - Cerita Medan

Serunya Arung Jeram di Sei Bah Bolon

Waktunya Liburan? Ingin menghilangkan penat? Bosan dengan kerjaan? Tenang saja, ini bukan sekedar iklan tiket pesawat murah atau sejenisnya kok. Liburan tanpa jauh dari kerjaan kantor bisa-bisa aja, artinya pilihan liburan jelas yang tak perlu memakan waktu alias dekat dan tanpa biaya pesawat juga. Sumatera Utara sebenarnya mempunyai berbagai macam objek wisata yang bisa di kunjungi, salah satunya adalah tempat Rafting atau arung jeram di Sungai Bah Bolon.

Arung Jeram Sei Bah Bolon
Serunya Arung Jeram Di Sei Bah Bolon

Sei Bah Bolon terletak di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Lokasi Sei Bah Bolon terletak di Dusun III Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang bedagai. Perjalanan dari Medan ke tempat ini kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan. Sayangnya jalan menuju lokasi ini juga tidak terlalu bagus dan kurang memadai.

Ada banyak sebenarnya travel agent yang membuka wisata Sei Bah Bolon ini dari Medan, makanya tempat ini juga tak pernah sepi dari wisatawan lokal sampai mancanegara yang ingin mencoba arung jeram di daerah ini. Jadi untuk anda yang sedang solo travelling tapi memilih untuk arung jeram sebagai liburan anda, bisa coba ikut salah satu travel agent wisata Sei Bah Bolon. Selain Liburan anda juga pasti akan menemui teman-teman baru.

Sungai sepanjang 16 km ini selain terkenal dengan Green Canyon-nya Sumatera Utara, bahkan ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa air terjun yang akan kita lewati saat arung jeram setinggi 10 meter yang di sebut Bah Gula adalah tempat pemandian bidadari. Terlepas dari itu air terjun di tempat ini menambah ke-eksotis-an Sei Bah Bolon sendiri.

Arung Jeram di Sei Bah Bolon
Arung Jeram di Sei Bah Bolon

Ada beberapa paket Arung Jeram yang bisa dipilih di tempat ini, yang pertama adalah paket 2 jam dan paket ini sudah tidak digunakan lagi karena sepi peminat dan waktunya tidak cukup untuk memuaskan para wisatawan yang berarung jeram. paket kedua adalah paket 4 jam yang menjadi favorit wisatawan yang datang terutama pemula atau disebut Family Rafting seharga Rp. 180.000 . Paket yang terakhir adalah paket 6 jam atau disebut Adventures Rafting seharga Rp. 300.000.

Sebelum kita memulai arung jeram, biasanya kita dikumpulkan Ancol Arung Jeram atau  Green Family Adventures lebih dahulu untuk diberikan intruksi di lokasi sekaligus reservasi ulang dengan kontak yang kita hubungi dan mengambil peralatan arung jeram. Peralatan yang akan digunakan adalah pelampung, helm dan dayung.  Peralatan yang kita bawa saat arung jeram seperti handphone, kamera, jam tangan, tas dan dompet sebaiknya di simpan di tempat penitipan barang yang disediakan di tempat ini.  Sebaiknya pakaian yang kita gunakan juga yang sederhana seperti kaos oblong, celana yang ringan dan tidak boleh menggunakan pentul untuk yang memakai hijab untuk menghindari benda tajam yang bisa membuat terluka. Dan jika tetap ingin mengambil gambar saat arung jeram, sebaiknya handphone atau kamera anda adalah jenis yang tahan air dan tidak lupa meminta dry pack yang biasa diberikan kepada pemandu arung jeram yang disebut skipper di tempat ini.

Setelah berbenah dan sudah menggunakan peralatan rafting, kita akan dibawa kembali dengan mobil bak terbuka sekaligus membawa perahu karet yang akan kita gunakan kelokasi arung jeram. Lokasi Arung Jeram berbeda-beda tergantung paket yang kita ikuti, paket ketiga adalah yang paling jauh. Sampai di tempat Arung jeram biasaya kita akan disuruh menunggu di tepi sungai karena para skipper akan memompa perahu yang akan dipakai.

Arung Jeram di mulai sekitar pukul 11.00 WIB, dan peserta arung jeram akan di buat terpukau dengan keindahan alam di sekeliling Sei Bah Bolon. Sepanjang Sungai kita akan menikmati hijaunya pepohonan dan batu-batu besar yang begitu artistik, bahkan sesekali jika kita jeli juga akan dapat melihat hewan-hewan yang hidup di sekitar seperti ular piton besar yang melingkar di atas pohon dan monyet-monyet yang bergelantungan di atas pohon. Sungguh indah.

Bah Gula
Bah Gula

Bah Gula juga adalah satu satu daya tarik yang paling memikat hati. Air terjun ini tingginya hanyalah 10 meter  dan disinilah mitos yang menyebutkan bidadari yang sedang mandi. Selain keindahan air terjun, pinggiran sungai yang berupa tebing berbatu yang membentuk sebuah barisan berbentuk kotak tersusun rapi di sisi kanan sungai. batu berwarna hitam yang ditutupi lumut hijau disebut-sebut sebagai Magic Wall karena bentuknya yang artistik seperti sengaja disusun dengan rapi oleh seseorang.

Pemandangan indah yang tentunya hanyalah sebagai tambahan dari wisata yang sesungguhnya, Arung Jeram. Di tempat ini, tentu saja akan banyak jeram yang akan dihadapi para peserta arung jeram yang memang ingin menantang jeram sungai Sei Bah Bolon. Di Sei Bah Bolon ada delapan jeram yang terkenal dengan grade II dan III-nya, antara lain disebut jeram mackay, sihorbo, roller coaster, ngehek, babi, landasan/perosotan dan terakhir jeram kodok.

Puas merasakan beberapa jeram, biasanya skipper akan memberikan kita waktu isthirahat termasuk isthirahat makan siang yang disediakan oleh mereka. Selesai makan, sementara menunggu yang lain kita diberi kesempatan jika ingin berenang di tempat ini. Satu tempat isthirahat yang paling terkenal di Sei Bah Bolon adalah pinggiran sungai dengan hamparan pasir yang diseberangnya ada tebing batu yang tinggi sekitar 7 meter dari permukaan sungai dan biasanya anak-anak masyarakat sekitar sangat suka meloncat dari sana dan berenang di bawahnya. Peserta yang ingin mencoba dan punya nyali juga diperbolehkan untuk mencoba tantangan meloncati batu tinggi ini.

Batu tinggi adalah tempat isthirahat terakhir di Sei Bah Bolon dan perjalanan arus akan berhenti di pinggiran sungai titik awal kita berkumpul ketika baru tiba ditempat ini, Ancol arung jeram. Sampai di titik finish yang menguras banyak energi, di kamp di sediakan makan sore kembali. kita bisa memilih harus ganti baju lebih dulu atau makan dulu sekaligus menunggu orang lain berberes karena kamar mandi yang disediakan juga cukup terbatas. Selesai berbenah semuanya langsung bertolak kembali ke Medan untuk menghadapi rutinitas harian.

Liburan anda yang super singkatpun tidak akan terlewatkan begitu saja jika memiliki tempat yang tepat. Liburan bukan hanya sekedar bermalas-malasan dirumah sambil tidur-tiduran, tapi liburan yang berkualitas adalah yang dapat menghasilkan pemikiran baru setelah pulang. Pengalaman baru, teman-teman baru dan pastinya hidup akan lebih bersemangat setelah pulang dari liburan. Tidak perlu harus jauh ke luar negeri untuk menghabiskan liburan, Indonesia sendiri memiliki wisata alam yang ribuan jumlahnya itupun tanpa buatan dan kita patut bersyukur untuk itu. Mari jelajahi negeri ini!***(CM-Ist/Sri Wulandari)

KOMENTAR

BACA JUGA