‘Kawan Nonton’ Bantu Jomblo Atasi Kesendirian

  • Whatsapp
Kawan Nonton
Kawan Nonton

Sejatinya menonton adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan dan menghibur. Bisa dikatakan bahwa menonton adalah hobi setiap orang. Namun, masalahnya adalah bagaimana jika kamu menonton sebuh film sendirian? Dan sering kali di dalam bioskop kamu bahkan tak punya teman untuk berdiskusi mengenai film yang kamu tonton. Seseorang yang biasanya menonton sendirian bisa jadi adalah seorang jomblo, atau kebetulan memang tak ada teman yang mau diajak menonton.

Berangkat dari latar belakang tersebut akhirnya Aga dan Alit menggagas sebuah komunitas yang diberi nama Kawan Nonton. Keduanya adalah sahabat baik saat sebelumnya mereka telah dipertemukan karena menjadi penyiar radio yang sama di Medan. Aga dan Alit ternyata memiliki hobi dan minat yang sama, keduanya pecinta dan penikmat film.

Read More

Keresahan yang mereka rasakan saat menonton adalah selalu merasa sepi dan sendiri hingga akhirnya komunitas Kawan Nonton berdiri pada 17 Agustus 2015 lalu, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti cerita Aga, saat berkunjung ke kantor Cerita Medan (25/1) lalu, bahwa komunitas ini diciptakan untuk menyatukan teman-teman yang memilki hobi serupa untuk nonton bareng. Selain bisa nonton bareng, teman-teman yang berkumpul juga bisa diajak berdiskusi mengenai film yang ditonton, yang tak kalah penting adalah juga bisa menyambung silaturahmi serta menambah teman lebih banyak lagi.

Uniknya, tak sekedar menonton dan berdiskusi saja. Komunitas ini juga me-review film, baik yang sudah tayang ataupun yang akan segera tayang. Tujuan review sendiri adalah agar menjadi referensi bagi para calon penonton nantinya. Review-nya sendiri bisa dibaca di Instagram : KawanNonton.

Kawan Nonton

“Kita nggak mau teman-teman yang akan nonton kesannya jadi buang-buang duit, mending sebelum nonton mereka tau dulu review filmnya, dan kita menyediakan itu. Bahkan kita juga terima request dari teman-teman yang minta film tertentu di-review,” ungkap Aga.

Menyambung komentar Aga, Alit mengatakan bahwasanya review sendiri untuk memberikan rekomendasi kepada calon penonton tentang film yang layak ditonton. “Misalnya film ini untuk 18 tahun ke atas, jadi kita himbau biar nanti teman-teman nggak bawa anak-anak,” tambahnya.

Terhadap sebuah film yang kadang sulit dimengerti dengan sekali menonton, Kawan Nonton tak segan-segan juga memberikan clue terhadap film tersebut, tujuannya untuk memudahkan teman-teman mencerna makna dari sebuah film. Tak sekedar me-review film di bioskop, Kawan Nonton juga me-review film yang ditonton sendiri di rumah masing-masing. Sejauh ini reviewer masih dipegang oleh kedua founder Kawan Nonton yaitu Alit dan Aga.

Demi memudahkan para penikmat film, Kawan Nonton juga memberikan rating terhadap film yang mereka tonton. Rating tersebut sendiri dibuat berdasarkan versi Kawan Nonton dengan rate 0 sampai 5. Rating yang diberikan versi Kawan Nonton tak asal-asalan. Sejauh ini rating dibuat berdasarkan diskusi dan telaah mengenai film terlebih dahulu. Sehingga rating yang muncul dapat bernilai sahih.

Berdasarkan cerita penikmat dan pecinta film, Aga dan Alit menonton, me-review dan memberikan rating film segala genre yang telah mereka tonton. Mulai dari genre action, adventure, animation, biography, comedy, crime, documentary, drama, family, history, horror, musical, mystery, romance, sci-fi, sport, thriller, war, western dan film fantasy sekalipun. Lokal maupun internasional.

“Kalau kita berdua, satu kali dalam seminggu itu minimal wajib nonton. Karena nonton itu udah candu bagi kita,” ungkap Alit.

Beberapa bulan dibentuk, nyatanya Kawan Nonton mendapatkan respon yang baik. Apresiasi tersebut didapatkan Kawan Nonton dari artis-artis internasional, maupun produksi film yang beberapa kali berkomentar positif di akun instagram Kawan Nonton mengenai review maupun rating yang telah mereka buat.

Dalam waktu dekat Kawan Nonton berencana ingin mengadakan diskusi film untuk berbagi ilmu sesama penikmat film. Rencana tersebut diniatkan oleh kedua founder bersama Kawan Nonton dan tidak menutup kemungkinan untuk teman-teman lain yang ingin bergabung. Melalui penuturan Aga dan Alit, mereka berharap Kawan Nonton dapat berkembang lebih baik lagi dan bisa dikenal banyak orang sehingga mampu memberikan ide dan masukin positif.

Profile Founder Kawan Nonton :

Syukur Hutagalung (Alit)
Syukur Hutagalung (Alit)

Nama Lengkap : M. Syukur Hutagalung S.Kom
Nama Panggilan : Alit
Tempat Tgl Lahir : Medan, 18 Juli 1989
Instagram : @alithtg

 

Zeiny Erlangga Andriano Sudiro (Aga)
Zeiny Erlangga Andriano Sudiro (Aga)

Nama Lengkap : H. Zeiny Erlangga Andriano Sudiro, S.E, M.M
Nama Panggilan : Aga Sudiro
Tempat Tgl Lahir : Cilegon, 27 Februari 1983
Instagram : @aga_soediro

Kawan Nonton
Kawan Nonton

Bagi konkawan Cerita Medan yang ingin bergabung dengan Kawan Nonton, khususnya para jombloers Kota Medan, komunitas ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung. Mari nonton dengan Kawan Nonton. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *