Irma Sorayya Irwanto, Buka Bisnis Keday Lulur Ayang

  • Whatsapp

Keday Lulur Ayang

Baru berjalan kurang lebih tiga bulan, kini Irma Sorayya Irwanto sudah menjadi pengusaha kosmetik yang sukses dengan brand Keday Lulur Ayang. Meski berasal dari universitas dengan basic menjadi seorang guru, tidak menutup kemungkinan untuk Aya menjadi seorang pengusaha. Kegemaran berbisinis dimulai ketika keprihatinannya akan lulur yang beredar di pasaran kebanyakan terbuat dari bahan kimia dan terkesan tidak sehat.

Read More

“Kebetulan aku juga dari remaja udah hobi banget luluran, jadi makin tertarik buka bisnis ini,” ucapnya kepada Cerita Medan, Rabu (20/01).

Mantan penyiar di salah satu radio Medan ini mengaku sebelum memulai bisnis ia sudah mencari tahu terlebih dahulu mengenai UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Medan. Syukurnya belum ada yang memproduksi lulur tradisonal. Hal tersebut membuat Aya semakin semangat hingga akhirnya nekat membuka bisnis ini.

“Akhirnya aku gabung menjadi binaan UMKM dinas koperasi Medan dan Provinsi juga untuk belajar lebih banyak.” ceritanya.

Aya, sapaan akrabnya, meracik langsung lulurnya dengan bahan-bahan tradisonal herbal aromatherapy yang terdiri dari pulut 99% dan beras 1%. Awalnya Aya melakukannya semuanya sendiri, hingga kini sudah merekrut tiga orang pekerja tetap.

Pengolahannya sendiri dengan cara menggilingkan bahan-bahan tersebut ke penggiling dengan takaran sesuai varian. Ada sembilan varian yang ditawarkan antara lain Lulur Kedelai plus Jasmine, Lulur Hermes, Lulus Greentea, Lulur Kayu Manis mix Beras Merah, Lulur Drakar, Lulur Kacang Hijau plus Lavender, Lulur Rose dan Lulur Coklat mix Beras Merah. Berbagai varian Aya tawarkan dengan membandrol harga mulai dari Rp. 38.000 perkemasan 200 gram, sementara untuk membeli perkilo bisa lebih murah dengan harga Rp. 120.000 dengan khasiat dan manfaat yang berbeda-beda tiap jenisnya.

“Yang pasti semua lulur ayang itu berfungsi untuk mencerahkan dan sejauh ini yang best seller itu lulur kedelai plus jasmine dan lulur hermes,” tambahnya.

Keunggulan dari Lulur Ayang sendiri adalah bahannya yang tanpa pengawat dan 100 persen herbal, bentuknya juga bubuk. Berbeda dengan lulur pada umumnya yang kebanyakan dikonsumsi oleh perempuan, lewat penuturan Aya konsumen lulur ayang ini juga terdiri dari laki-laki.

“Konsumen aku dari semua kalangan, mungkin karena jarang juga ada lulur tradisonal yang kayak gini di Medan,” ungkap Aya.

Dibantu oleh tantenya yang kebetulan juga seorang pebisnis kecantikan, Aya mulai memasarkan lulurnya secara online dan menawarkan kepada teman-teman terdekatnya. Kini, selain sudah tersebar luas di Medan, produk yang dikelola Aya ini sudah sampai ke beberapa daerah seperti Pekan Baru, Lampung, Aceh, Batam dan Jawa. Pemasaran lulur Ayang juga dibantu oleh 9 reseller yang kini sudah tersebar di beberapa kota sehingga dapat memudahkan penjualan.

Setelah beredar di beberapa kota, penjualan kian meningkat terbukti dari bahan yang harus dikeluarkan Aya hingga 100 kilogram perbulannya.Tak heran jika omset dari lulur ayang ini sudah mencapai 5 juta perbulan dan terkadang mencapai 10 juta jika ada pameran dan bazar tertentu.

Keday Lulur Ayang

Selain online, Aya juga mempromosikan produk kecantikannya lewa pameran. Keday Lulur Ayang bahkan pernah menjadi bazar terfavorit ketika pameran produk & bazar UMKM di Plaza Medan Fair beberapa waktu lalu.

“Harapan ke depannya, Lulur Ayang bisa merambat ke pasar nasional, kalau sekarang kan pelanggan tetap dan reseller kita kebanyakan masih di Sumatera, kalau di luar belum begitu banyak. Dan harapan utamanya dengan adanya bisnis ini dapat membuka lapangan pekerjaan buat banyak orang, setidaknya pengangguran berkurang,” cerita Aya.

Ternyata pebisnis bukanlah satu-satunya impian Aya kini, perempuan kelahiran 04 Februari 1993 ini mengaku tetap ingin menjadi guru karena memang itulah cita-citanya sedari dulu. Aya bercerita bahwa berkutat di dunia bisnis tetap ia tekuni meskipun tak menutup kemungkinan menjadi seorang guru bahasa.

Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang masih bingung memilih lulur yang pas. Keday Lulur Ayang bisa menajdi pilihan yang tepat. Pemesanan bisa langsung di Instagram : Kedaylulurayang. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *