IBX5A49C9BC313D6 Indahnya Air Terjun Ponot Asahan - Cerita Medan

Indahnya Air Terjun Ponot Asahan

Air Terjun Ponot
Air Terjun Ponot

Kabupaten Asahan dikenal atas sungainya yang mengalir jauh hingga ke Selat Malaka. Dimana salah satu asal aliran Sungai Asahan tersebut berasal Air Terjun Ponot. Air terjun adalah aliran air yang jatuh dari ketinggian menuju dasar sungai membentuk seperti kolam.

Mengunjungi tempat pemandian Air Terjun Ponot bisa menjadi salah satu alternatif mengisi liburan. Objek wisata yang terletak di Desa Tangga, Kecamatan Aek Song-Songan, Sumatera Utara ini menawarkan pemandangan yang masih sangat asri. Hutan hijau dan air mengalir dari ketinggian 250 meter melewati celah bebatuan besar menciptakan kesejukan di bawah permukaan air.

Selain menjadi objek wisata, air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai generator utama pembangkit listrik Kabupaten Asahan. Derasnya air yang jatuh ke dasar sungai akan terasa menyegarkan meskipun terik membakar hari. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun ini memiliki tiga tingkatan sebelum akhirnya jatuh ke dasar air. Hal tersebut menjadi pelengkap keindahan Air Terjun Ponot.

Fasilitas yang terdapat di tempat ini belum terlalu banyak, hanya ada beberapa penjual tenda yang menyediakan makanan dan pakaian ganti bagi Anda yang tidak membawa pakaian ganti. Namun, bagi Anda yang beragama muslim, belum tersedia mushalla di tempat ini. Dikarenakan mayoritas orang yang bertempat tinggal di daerah ini adalah non muslim.

Saat memasuki lokasi Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 dan sudah termasuk biaya parkir.

Untuk mencapai puncak jatuhnya air terjun, Anda harus berjalan kaki melewati terjal bebatuan alam kasar. Perlu berhati-hati karena ruas jalan yang tidak terlalu lebar dapat membuat Anda tergelincir bila sedang ramai. Jangan khawatir, si sisi kanan akan terdapat bebatuan besar untuk menjadi pegangan. Anda dapat mengunjungi tempat ini diakhir pekan maupun hari libur panjang sebab akan lebih menyenangkan jika tempat ini sedang ramai.

Air Terjun Ponot
Air Terjun Ponot

Terdapat dua jalan yang dapat ditempuh untuk sampai ke lokasi ini. Pertama, Anda dapat melewati akses Medan-Tebing Tinggi-Kisaran hingga akhirnya memasuki simpang Pulau Raja. Butuh waktu kurang lebih 3 jam dari simpang Pulau Raja, jalanan belum sepenuhnya mulus sebab akan ada bebatuan halus di tengah perjalanan. Sebelum sampai Anda akan menemukan PTPN 4 dan disuguhkan dengan pemandangan Air Terjun yang juga aliran dari Air Terjun Ponot seperti Air Terjun Bedeng dan Si Gura-Gura. Kedua, Anda dapat melewati akses Medan-Siantar-Parapat-Porsea yang kemudian memasuki daerah Aek Song-Songan. Melewati jalan kedua ini, di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan danau yang indah sehingga Anda tidak akan merasa kebosanan.

Air yang masih jernih dan dingin menjadi alasan mengapa banyak pengunjung yang datang meskipun lokasinya jauh dari pusat kota. “Menurut saya pemandangan disini bagus, Airnya deras, jernih, dan dingin. Oke lah pokoknya,” ungkap Dini, yang merupakan salah satu pengunjung di tempat ini.

Bila penasaran, Anda dapat merasakan kesejukan Air Terjun Ponot dengan memasuki permukaan air, tentu saja hawa dingin yang menyegarkan menusuk badan. Meski membutuhkan waktu berjam-jam untuk sampai ke tempat ini, tetapi semua itu akan terbayarkan dengan keindahan yang mempesona dan menyejukkan.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

KOMENTAR

BACA JUGA