Hal Sederhana Yang Bisa Membuat Jeans Tetap Awet

  • Whatsapp

Cara Merawat Jeans
Hal Sederhana Yang Bisa Membuat Jeans Tetap Awet

Jeans sudah menjadi tren fashion yang sudah sangat mendunia. Bagi banyak orang, mereka rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan celana, jaket maupun tas yang berbahan jeans hal ini wajar saja karena jeans adalah jenis kain yang tahan lama dan tidak termakan zaman bahkan jika semakin sering dipakai akan semakin menarik bahkan ada juga yang membuatnya menjadi koleksi.

Jika kamu memiliki jeans kesayangan pastinya kamu tidak menginginkan jeans kamu cepat rusak ataupun pudar. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan demi menjaga jeans kamu tetap awet. Berikut ini adalah beberapa cara merawat  jeans agar tetap awet dan tahan lama.

Jangan Terlalu Sering Dicuci 
Bahan jeans tidak boleh terlalu sering di cuci karena akan mengakibatkan warnanya tidak tahan lama dan cepat memudar. Cucilah jeans jika sudah terlihat sangat kotor atau kamu bisa mencucinya satu hingga tiga bulan sekali agar dapat mempertahankan konsistensi warnanya lebih lama dan menjadikan jeans lebih awet.

Perhatikan Cara Mencucinya
Jangan menggunakan air panas saat mencuci jeans karena karena akan membuat kualitas kain menjadi rusak dan warna akan cepat pudar, untuk noda yang sulit hilang cukup menggunakan air hangat dan hanya pada bagian yang terkena noda. Menggunakan deterjen yang mengandung pemutih juga dapat memudarkan warna jeans, sehingga tidak perlu menggunakan deterjen. Sebab, kamu bisa menggantinya dengan air garam atau cuka dan cukup direndamkan 30-60 menit setelah itu tinggal dibilas dengan air bersuhu normal. Cara ini diyakini dapat membuat warna jeans kamu lebih tahan lama.

Keringkan Secara Benar
Cara mengeringkan jeans yang baru saja kamu cuci juga perlu diperhatikan. Keringkan jeans secara alami menggunakan sinar matahari, usahakan keringkan di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terik bisa di pagi hari maupun sore hari. Karena sinar matahari yang terlalu terik dapat membuat tekstur kain terasa kasar dan cepat pudar. Jangan lupa untuk membalikkan sisi dalam jeans menghadap keluar saat dijemur agar saat terkena paparan sinar matahari tidak langsung terkena bagian luar dan merubah warnanya.

Jangan Terlalu Sering Disetrika
Menyetrika kain berbahan jeans dapat membuat warna dan kualitas kainnya menjadi rusak. Setrikalah saat kamu rasa sudah benar benar terlihat kusut. Pastikan ketika kamu menyetrikanya keadaan kain dalam kondisi bersih dan benar benar kering agar jeans tidak menjadi lembab, bau dan cepat berjamur.. Lebih baik saat menyetrika kain juga dibalik agar panas setrika tersebut tidak langsung merusak menyentuh dan merusak warna jeans kamu.

Usahakan Jangan Dilipat
Jika kamu ingin menyimpan jeans saat tidak dipakai usahakan digantung dengan hanger dan jangan dilipat karena dapat membuat bekas lipatan seperti garis-garis pada kain yang akan menggangu penampilan anda. Untuk menghindari jamur kamu cukup meletakan silica gel di tempat jeans kamu disimpan.

Sesering Mungkin Memakainya
Jeans yang sering dipakai akan membuat kain semakin nyaman dipakai karena jika sering dipakai bahannya akan semakin melentur. Hal Ini juga menjadi alasan banyak orang tidak ragu mengeluarkan uang lebih banyak demi mendapat jeans terbaik. Karena kualitas jeans akan terbukti seiring berjalannya waktu.

Itu adalah beberapa hal sederhana yang bisa di coba untuk merawat jeans kesayangan kamu agar jadi tahan lama dan tidak cepat rusak. Semoga bisa kamu terapakan dan menjadi manfaat.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *