Fatin Dalimunthe, Memilih Profesi Sebagai MC Karena Waktunya Flexible

  • Whatsapp

Fatin Dalimunthe MC Kota Medan
Fatin Dalimunthe

Fatin Dalimunthe, sebuah nama singkat yang disematkan oleh orang tuanya. Sebuah nama yang dari asal bahasa Arab dengan arti “yang menawan, mengagumkan, memukau” membuatnya memang benar-benar terlihat demikian. Berangkat dari ketertarikannya berkomunikasi dengan banyak orang, Fatin memulai kariernya di bidang entertaintment. Master of Ceremonial (MC) begitulah profesinya kini. Di Kota Medan sendiri mungkin sudah tidak asing dengan perempuan kelahiran 11 Juli 1993 ini, sebab jam terbangnya menjadi MC sudah jauh melalang buana, bahkan empat acara sekaligus bisa ia moderatori dalam satu hari. Mulai dari nge-MC gathering, seminar, Mall to Mall, wedding, expo sampai acara ulang tahun sudah ia perankan.

Berbeda dengan MC pada umumnya yang kebanyakan berasal dari dunia penyiaran, Fatin justru adalah mantan Head HRD suatu perusahaan swasta yang bergerak di bidang saham di Kota Medan. Sebelumnya, ia juga staff air lines perusahaan ternama. 

Beralih-alih profesi adalah kebiasaan dari perempuan berambut pendek ini. “Saya suka coba-coba,” katanya kemudian. 

Dari dunia kantoran berubah menjadi dunia entertaint tidak menjadi halangan besar baginya, perbedaan sistem dan jam kerja justru membuatnya lebih nyaman. “Aku pikir MC juga pilihan profesi yang tepat karena waktunya flexible. Capek ya capek tapi happy,” ungkapnya lagi.

Meski pada awalnya Fatin terkendala dengan izin dari orang tua yang tak biasa melihat anak kesayangannya pulang malam karena nge-MC namun tak membuatnya patah semangat hingga kemudia ia berhasil meyakinkan orang tuanya bahwa ini bukanlah bekerja kantoran yang punya jam pulang kerja teratur. 

“Bahkan sekarang orang tuaku sering nanya, ‘hari ini gak nge-MC’ begitu,” tutur Fatin dengan senyum sumringah.

Entertainment. Sebuah kata sederhana yang kini benar-benar ia geluti untuk menjadi lebih dekat dengan banyak orang. Bukan sekedar nge-MC, setiap kesempatan yang ada ia jadikan pelajaran untuk mendapatkan banyak ilmu-ilmu baru dan berbeda. Acara formal, semi formal sampai nonformal yang ia bawakan membuatnya paham akan trik-trik yang tepat dalam membawakan acara.

“Salah satu triknya, harus banyak minum,” begitu ujarnya. 

Fatin menyatakan bahwa Januar Ismu Tanjung yang tak lain adalah pacarnya merupakan sosok yang paling berperan dalam kesuksesannya di dunia MC. Fatin mengaku bahwa kini ia bisa benar-benar fokus nge-MC berkat dukungan dan motivasi dari sang pacar. “Aku ini banyak maunya karena kadang suka bosen dengan hanya satu kegiatan, tapi dia bilang fokusin, satu-satu dulu,” ucap Fatin yang juga mengatakan bahwa semenjak itulah akhirnya dirinya benar-benar bergerak di bidang ini.

“Bahkan kadang aku juga dapat job nge-MC itu dari dia, jadi kita itu saling support lah,” ungkapnya sambil tersenyum melirik kepada sang pacar.

Banyak cerita dari perjalanan MC-nya yang sudah menduduki peringkat “WAW” tak menjadikan perempuan berdarah batak ini menjadi tinggi hati. “MC itu harus ramah,” katanya mengungkapkan kesederhanaan dan keluwesan yang dimilikinya. 

Sudah hampir dua tahun nge-MC membuat Fatin mempunyai banyak link. Hal itu membuatnya betah di bidang ini. Ditanya mengenai impian ke depan, ternyata anak pertama dari tiga bersaudara ini mengaku ingin sekali terjun ke dunia jurnalistik dan penyiaran televisi. “Aku suka banget jalan-jalan, karenanya aku jadi pengen terjun ke dunia jurnalistik yang bisa jalan-jalan, apalagi jurnalistik itu cukup menantang bagiku,” akunya. 

Gebrakan-gebrakan baru dalam trik berkomunikasi membawakan sebuah acara telah ia kuasai, tak heran jika perempuan satu ini banyak dipanggil untuk beragam genre acara. Tak ragu-ragu ia juga kerap membawakan komedi untuk membuat para tamu terkesan dengan penyampainnya. Meski butuh banyak energi untuk membuat hal demikian menjadi lebih baik, lantas tak membuat Fatin berhenti belajar. Ia mengaku terinspirasi banyak hal dari sosok Sarah Sechan, disela-sela kesibukannya menjadi MC tak membuatnya lupa untuk menonton  kelihaian Sarah Sechan yang supel dalam membawakan sebuah acara di televisi. 

Dari sekian pengalaman mengesankan sepanjang menjalani profesi ini, Fatin mengatakan bahwa satu hal yang membuatnya merasa sangat bangga adalah ketika nge-MC dan ketemu sama Rivat Helmy Sungkar di sebuah event kota Medan. “Karena acara itu jadi akrab dan aku dapat kesempatan belajar nyetir dari dia, kapan lagi bisa disetirin sama pereli nasional,” ujarnya bangga.

Multitalenta mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan sosok Fatin karena selain bisa MC, ia juga memiliki suara merdu. Hal itu terbukti saat Fatin pernah menjadi vokalis band Kota Medan sebelum akhirnya memutuskan untuk resign karena suatu kendala.

Fatin Dalimunthe MC Kota Medan
Fatin Dalimunthe MC Kota Medan

Dengan segudang keahlian yang dimilikinya, ia pun kerap menyanggah jika dikatakan “MC kece” oleh Rreporter Cerita Medan. Begitulah Fatin berulang mencoba mengungkapkan kesederhanaan yang dimilikinya. 

Bagi sobat Ceritamedan.com yang ingin mencoba jasa MC dapat menghubunginya via Instagram di fatin.dalimunthe. 

Fatin Dalimunthe

Fatin Dalimunthe

Pengalaman MC :

MLD spot 15 titik
LA Ice reguler, selama setahun
Sampoerna Ce Retail 53 titik
Suryanation Motorbike Lanud
Loreal Make Up Week with Dian Sastrowardoyo
Road Show Mall to Mall with Rifat Sungkar
Gathering Komunitas Bukalapak Pertama di Medan with CEO Bukalapak, Ahmad Zaky.
Gathering Asuransi AXIAPRO surabaya di Medan.
Konser Salam Perubahan di Stadion Teladan
Azone Pangkalan Brandan
Youth Urban Creative
Bogasari Expo 2015 with chef ragil dan chef candra
Wedding
Birthday Party
Slicoustic reguler
Anniversary Ben’s Cafe
Deklarasi Tim Kampanye REDI
Grebek Pasar Kopi ABC
G-Groud Gudang Garam
Final Liga Champion Juventus vs Barcelona, Merdeka Walk
Nonton Bareng MotoGP
PressCon Jazz In Town with Lala di Entrance
Gathering Rutin Basskomed dgn bassist Nasional (Ahmad Sebastio, Indro Hardjodikoro,…)
MOVE Aplikasi Marlboro
Peluncuran Album Kompilasi Religie Medan
Road to Asian Games 2018
Peresmian kantor baru BRI AGRO

(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *