IBX5A49C9BC313D6 Murah Mana, Pesan Hotel Bandara via Aplikasi Traveloka atau Booking.com? - Cerita Medan

Murah Mana, Pesan Hotel Bandara Via Aplikasi Traveloka atau Booking.com?

Zaman sekarang, pesan tiket pesawat sangat gampang. Apalagi dengan kehadiran aplikasi mobile milik beberapa online travel agent (OTA) yang membuatmu bisa langsung mendapatkan tiket hanya dengan beberapa ketukan jari. Masalahnya, kadang jam penerbangan tidak fleksibel. Ada yang transitnya belasan jam, ada pula yang mendaratnya tengah malam buta sehingga membuat kita bingung harus pergi ke mana.

Kalau sudah terlanjur membeli tiket dengan waktu terbang seperti ini, kita harus pandai-pandai menyiasatinya. Salah satunya adalah dengan sekaligus memesan hotel bandara saat memesan tiket pesawat. Namun harus pintar pilih-pilih hotel juga, jangan sampai harga hotel yang didapat lebih mahal dari harga tiket pesawatnya.

Kira-kira, harus pesan di OTA mana supaya dapat harga paling murah? Karena penasaran, akhirnya saya membuat perbandingan harga hotel di dua aplikasi mobile OTA milik Booking.com dan Traveloka. Hotel yang saya pilih adalah Hotel ibis budget Surabaya Airport untuk masa menginap dua malam pada tanggal 18-20 September 2015. Berikut hasilnya:

1.    Booking.com

Tampilan muka Booking.com cukup simpel. Ada beberapa kolom isian (tujuan/nama hotel, tanggal check-in dan check-out, jumlah kamar serta tamu, dan tujuan menginap) serta tombol call to action (CTA) berwarna biru.

Gambar Tampilan halaman pencarian hotel pada aplikasi Booking.com
Gambar: Tampilan halaman pencarian hotel pada aplikasi Booking.com

Jika sudah mengisi seluruh kolom dan mengeklik CTA-nya, kita akan dibawa pada halaman search result. Perlu waktu cukup lama untuk memahami halaman ini karena ada banyak sekali informasi di sana. Bahkan, ada rekomendasi hotel lain yang berlokasi di dekat hotel yang saya pilih. Di halaman ini juga tidak terlihat adanya tombol CTA sehingga saya bingung di mana harus mengeklik.

Tampilan search result di aplikasi Booking.com
Gambar: Tampilan search result di aplikasi Booking.com

Akhirnya saya mengeklik tepat di nama hotelnya dan langsung dibawa ke halaman Hotel ibis budget Surabaya Airport. Ada dua hal yang menarik di sini, yaitu seluruh foto hotel yang ditampilkan memiliki resolusi tinggi dan harga yang ditampilkan merupakan harga total yang harus dibayar.

Halaman Hotel ibis budget Surabaya Airport
Gambar: Halaman Hotel ibis budget Surabaya Airport

Menampilkan harga total sejak awal seperti ini bisa menjadi keuntungan kalau kita malas menghitung sendiri. Namun, bisa membuat bingung karena harganya sudah berlipat ganda sehingga nominalnya besar. Kita pun jadi tidak tahu berapa harga kamar per malam.

Halaman ini menampilkan informasi yang sangat lengkap, mulai dari ulasan tamu, deskripsi, fasilitas, dan kebijakan hotel. Semuanya muncul dalam bentuk pop-up saat kita klik. Saya suka tampilan pop-up ini karena bisa langsung hilang setelah selesai membaca, jadi tidak mengganggu proses booking. Setelah klik Pilih Kamar, rincian pemesanan kita pun langsung ditampilkan pada layar.

Fasilitas Booking Hotel Booking.com
Gambar: (Kiri) Fasilitas hotel yang
tampil dalam bentuk pop-up. (Kanan)
Tampilan detail kamar yang dipesan.

Setelah selesai di halaman ini, kita akan dibawa ke halaman pengisian booking form yang sangat detail. Halaman ini pun rupanya masih berlanjut ke halaman berikutnya yang langsung meminta data kartu kredit. Ya, Booking.com memang hanya memiliki satu metode pembayaran, yaitu kartu kredit.

Isian data pemesan hingga pembayaran booking.com
Gambar: Isian data pemesan hingga pembayaran

Harga total satu kamar Standard Queen Hotel ibis budget Surabaya Airport selama dua malam di Booking.com adalah Rp729.000. Berapa harga kamar yang sama di Traveloka?

2.    Traveloka

Selain pemesanan tiket pesawat, OTA asal Indonesia ini juga melayani pemesanan hotel. Soal tiket pesawat, Traveloka sudah diakui sebagai yang termurah. Namun, bagaimana soal hotelnya?

Saya pun mulai melakukan pemesanan untuk Hotel ibis budget Surabaya Airport dengan tanggal check-in dan check-out yang sama. Halaman utama aplikasi mobile Traveloka sangat clear dan simpel. Hanya ada tiga kotak isian dan sebuah tombol CTA.

Gambar: Tampilan halaman pencarian di aplikasi Traveloka
Gambar: Tampilan halaman pencarian di aplikasi Traveloka

Saat kita memasukkan nama hotel di kolom pencarian, hasil pencariannya pun langsung dibawa ke halaman hotel tersebut. Berbeda dengan Booking.com yang menampilkan rekomendasi hotel pilihan lainnya juga. Tentu ini jadi nilai plus karena saya bisa langsung mendapatkan hotel yang saya inginkan.

Berbeda dengan Booking.com yang menggunakan pop-up untuk detail tampilannya, Traveloka menyertakan tab atau label tersendiri untuk keterangan detail hotel. Bagian deskripsi hotel agak berantakan sehingga sulit dibaca, tapi bagian review tamu sangat clear sehingga cukup membantu meyakinkan saya. Sayangnya, Traveloka tidak menampilkan foto dengan resolusi tinggi seperti Booking.com.

Gambar: Halaman lengkap Hotel ibis budget Surabaya Airport di aplikasi Traveloka
Gambar: Halaman lengkap Hotel ibis budget Surabaya Airport di aplikasi Traveloka

Di halaman search result, Traveloka menawarkan lebih banyak pilihan kamar dibanding Booking.com. Saya pun memilih kamar yang sama, kamar Standard Queen, untuk membuat perbandingan.

Perbedaan mencolok lainnya adalah Traveloka menunjukkan harga per kamar per malam, bukan langsung menunjukkan harga total seperti Booking.com. Harga totalnya baru muncul saat kita sudah sampai di halaman review pemesanan.

Gambar: Daftar pilihan kamar yang tersedia di Hotel ibis budget Surabaya Airport
Gambar: Daftar pilihan kamar yang tersedia di Hotel ibis budget Surabaya Airport

Formulir pemesanan di Traveloka juga tidak berbelit-belit seperti di Booking.com. Bagian paling menarik di halaman ini adalah adanya Traveloka Fee yang minus. Ajaib sekali harga bisa minus!

Gambar: Tampilan formulir pemesanan, rincian pemesanan, dan halaman pembayaran di aplikasi Traveloka.
Gambar: Tampilan formulir pemesanan, rincian pemesanan, dan halaman pembayaran di aplikasi Traveloka.

Metode pembayaran di Traveloka pun bermacam-macam, mulai transfer, kartu kredit, sampai internet banking. Khusus untuk metode pembayaran kartu kredit, bahkan terdapat fitur khusus bernama TravelokaQuick yang bisa menyimpan data kartu kredit sehingga tidak perlu repot memasukkan 16 angka kartu kredit lagi di pemesanan selanjutnya. Fitur ini cocok sekali bagi kamu yang suka melakukan last minute booking atau booking dadakan karena super cepat dan simpel.

Jadi, berapa harga total di Traveloka? Harga total menginap di Hotel ibis budget Surabaya Airport adalah Rp672.609! Lebih hemat Rp56.391 dibanding harga yang ditawarkan oleh Booking.com.

Seperti tiket pesawatnya, pesan hotel dengan Traveloka dijamin dapat harga termurah. Plus, user interface-nya simpel dan tidak bikin bingung. Bagi kamu yang belum punya aplikasinya, bisa download sekarang dan buktikan sendiri apa yang saya tulis di atas.***(CM/ADV)

KOMENTAR

BACA JUGA