Sumut Terancam Kekurangan Guru

  • Whatsapp

Peringatan hari guru pada 25 November ini, Sumatera Utara (Sumut) terancam kekurangan guru. Ada sekira 1.571 guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) pendidikan dasar (dikdas) akan memasuki pensiun pada akhir 2015 ini.

Sumut Terancam Kekurangan Guru

Read More

“Dari jumlah guru yang akan pensiun itu, sebanyak 1.335 guru dari jenjang Sekolah Dasar (SD) dengan jumlah terbanyak asal Medan yakni 173 orang. Sedangkan guru SMP 236 orang dan Kota Medan juga dengan jumlah terbanyak 48 orang,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Dinas Pen­didikan Sumatera Utara, Su­wardi.

Disebutkannya, dengan kondisi akan menghadapi kekurangan guru itu di Sumut juga masih mengalami permasalahan dalam pen­distribusian yang belum merata dan terjadi penumpukan di ibukota kabupaten/kota, sehingga menyebabkan di daerah terpencil kekurangan guru atau tenaga pengajar.

Diakuinya, kekurangan guru itu bukan saja terjadi di Sumut, tapi juga di beberapa daerah lainnya, sehingga berdasarkan data di Kemendikbud, tercatat sekira 130.000 guru SD masih dibutuhkan.

Dari jumlah itu, diakuinya, tidak mengetahui defisit guru SD di Sumut. Kondisi itu terjadi akibat analisis kebutuhan guru datanya ada masing-masing di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, namun sayangnya mereka tidak melaporkan data itu ke Dinas Pendidikan Provinsi.

“Kita hanya tahu jumlah totalnya saja, namun tidak bisa merinci berapa total kekurangan guru. Hal ini terjadi akibat kebijakan desentralisasi otonomi,” katanya.

Untuk itu, dia berharap pihak dinas pendidikan Kabupaten/Kota agar mau memberikan laporan terkait jumlah guru Dikdas dan jumlah siswa di satu Kabupaten/Kota, sehingga bisa diketahui rasio kurang lebih guru di daerah itu. Sebab, hal tersebut penting untuk menentukan kebijakan penyebaran guru di wilayah-wilayah tertentu yang kekurangan tenaga guru.

Sementara itu, berdasarkan data dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumut yang diperoleh data Kemendiknas diprediksi dalam kurun waktu 2010-2014, ada 171.109 guru PNS SD dan SMP pensiun.

Pada 2020, tercatat sekira 400 ribu lebih guru pensiun. Hal ini perlu diantisipasi agar ancaman kekurangan guru dapat dicegah. Upaya itu bisa dilakukan dengan rekrutmen guru CPNS atau mengangkat guru honorer.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *