Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan

  • Whatsapp

Mendapat lamaran adalah hal yang tentunya akan membuat seseorang merasa berada di atas awan. Apalagi jika lamaran tersebut berasal dari orang yang memang sangat dicintai. Namun perkara menikah bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani.

Lamaran Menikah

Menikah adalah sebuah hubungan sakral yang tidak semua orang berhasil membinanya hingga akhir hayat. Hal ini terbukti dengan banyaknya angka perceraian yang terjadi di kalangan masyarakat. Bercerai bukanlah sesuatu yang diharapkan banyak orang, namun terkadang perceraian menjadi solusi pilihan akhir dalam sebuah rumah tangga yang tidak damai.

Namun sebenarnya, kedamaian dalam sebuah rumah tangga tidak berjalan dengan sendirinya. Kedua belah pihak berperan dan turut andil untuk menciptakan kedamaian dalam hubungan pernikahan mereka.

Pernikahan merupakan suatu hubungan yang penuh dengan komitmen bagi kedua pihak. Banyak orang yang gagal pada pernikahan mereka dikarenakan belum siap menikah. Untuk itu, sebelum menikah, seseorang haruslah berpikir matang. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan menerima sebuah lamaran pernikahan.

Nah, berikut adalah petimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum melangkah ke jenjang perkawinan :

1. Kondisi keuangan
Saat menikah nanti, Kamu akan dihadapkan dengan banyak pengeluaran yang mungkin tidak terduga. Untuk itu, dari sekarang pikirkan apakah kamu akan mampu hidup berdua dengannya dengan kondisi finansial atau keuangan yang kamu atau dia miliki sekarang.

2. Karir dan pendidikan
Masa depan merupakan hal penting yang akan kamu jalani setelah menikah. Memikirkan masa depan berarti kamu telah memutuskan apa yang akan kamu lakukan, apa yang akan kamu jalani, dan bagaimana kamu menjalaninya. Kebanyakan orang menikah di usia 20 tahunan. Usia 20 tahun adalah usia aktif bagi seorang wanita, dimana itu merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan karir, melakukan banyak perjalanan, menikmati hidup, dan mengenali jati diri. Wanita di usia 20 tahun cenderung masih memiliki semangat yang tinggi untuk melakukan banyak hal dalam hidupnya, sehingga banyak wanita menyesal menikah dan berakhir dengan perceraian. Untuk itu, sebelum memutuskan menerima lamaran, kamu harus pastikan pasangan akan setuju dan saling mendukung di dua bidang ini.

3. Kejujuran
Saling mempercayai adalah kunci hubungan harmonis. Jika salah satu dari kalian sudah mengalami krisis kepercayaan terhadap pasangan, maka baiknya perbaiki lagi hubungan kalian sebelum memutuskan untuk menikah.

4. Cinta kasih
Kamu harus meyakinkan diri bahwa dia adalah orang yang tepat. Menikah juga berarti kamu dan dia harus mempersiapan untuk bisa saling memahami, saling berbagi, saling mengisi, dan bertoleransi. Sebelum memutuskan untuk menikah, kamu harus menyiapkan mental yang matang.

5. Komunikasi
Komunikasi yang baik dengan pasangan adalah kunci keberhasilan suatu hubungan, namun tentu itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Nah, jika kamu yakin komunikasi di antara kalian akan berjalan baik-baik saja setelah menikah nanti, maka tidak ada salahnya menerima lamaran pernikahan. 

Demikian informasi tentang Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Menerima Lamaran Pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.*** (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *