Museum Negeri Sumut Terbaik se-Indonesia

  • Whatsapp

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada 2 Oktober 2015 lalu di Jakarta, menetapkan Museum Negeri Sumatera Utara menjadi museum terbaik se- Indonesia.

Museum Negeri Sumut Terbaik se-Indonesia

Read More

Guna melihat sekaligus memastikan keunggulan pasca dinobatkan sebagai yang terbaik, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, didampingi anggota DPR RI Sofyan Tan dan Plt Gubsu Ir HT Erry Nuradi MSi, Sabtu (31/10) mengunjungi Museum Negeri Sumut yang terletak di Jalan HM Joni Medan. Kunjungan Menpar Arief disambut Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Museum Negeri Sumut Dra Sri Hartini Msi bersama sejumlah pegawai lainnya.

Menpar mengapresiasi 7 ribu koleksi yang tersimpan dan tertata apik di Museum Negeri Sumut, termasuk peti mati dan alat masak purba dari sejumlah suku di Sumut. “Koleksi yang ada di museum ini mengandung informasi sejarah yang luar biasa,” sebut Arief.

Keberadaan museum yang tersebar hampir di tiap daerah, sebut Arief, merupakan salah satu daya tarik tersendiri dalam merangsang tingkat kunjungan wisatawan datang ke Indonesia.

“Pengelola museum harus memanfaatkan media digital dan audio visual untuk mengenalkan informasi sejarah kepada anak-anak muda,” harapnya.

Pihak pengelola museum, kata Arief, juga dapat mengemas kegiatan sesuai tema yang dianggap menarik, seperti museum di London menggunakan tema Jurassic Park. “Museum di Indonesia bisa menggunakan tema local untuk menarik minat anak muda datang ke museum,” saran Arief.

Kementerian Pariwisata, sambung Arief, juga terus berusaha untuk mengembalikan sejumlah benda purbakala yang kini tersimpan di sejumlah museum di luar negeri dalam upaya mengembalikan nilai sejarah dan jati diri bangsa Indonesia.

“Tetapi kita memulai dengan hal yang sederhana, misalnya dengan menyelamatkan benda purbakala yang tersimpan di dalam kapal yang karam di perairan Indonesia. Akan lebih baik jika ada pihak yang membantu usaha ini agar kekayaan sejarah bangsa sedapatnya bisa kita kembalikan untuk generasi mendatang,” papar Arief.***(CM06/ST)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *