Inilah Tahapan Mengambil Guru Besar (Profesor)

  • Whatsapp

Untuk mendapatkan gelar profesor tidaklah mudah. Ada beberapa tahap dan persyarat yang harus dilalui untuk memperoleh gelar guru besar tersebut.

Inilah Tahapan Mengambil Guru Besar (Profesor)

Read More

Inilah tahapan yang harus dilakukan untuk memperoleh gelar profesor (guru besar) menurut Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut, Prof Dian Armanto.

Antara lain bergelar Doktor (Strata 3), melakukan penelitian dan pe­ngabdian pada masyarakat, penulisan ilmiah yang harus dimuat di jurnal internasional minimal 3 karya ilmiah atas hasil risetnya.

Proses mendapatkan gelar profesor itu, selanjutnya, bagi dosen harus mengajukan melaporkan ke pimpinan PTS tempatnya mengajar untuk dihitung penilaian angka kredit yang diperolehnya.

Kemudian, hasil penilaian angka kredit itu disampaikan ke Kopertis untuk dihitung ulang. Jika memang cukup dan sesuai dengan kriteria kemudian dikirim ke Dikti untuk mendapatkan penilaian atas kelayakan hasil karya tulis dan angka kredit yang diperolehnya.

Pengajuan usulan untuk mendapatkan gelar profesor itu diajukan masing-masing PTS ke Dikti.

Menurut Dian, usulan guru besar tersebut dikabulkan atau tidak akan diproses sekira tiga bulan saja. Dengan ketentuan semua persyaratan telah dipenuhi dosen yang bersangkutan.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *