3 Jenis Cokelat Yang Sehat Untuk Dikonsumsi

  • Whatsapp

Cokelat merupakan salah satu makanan yang juga baik untuk dikonsumsi. Cokelat juga menjadi sumber karbohidrat yang dapat diubah tubuh menjadi energi. Sebagian besar kandungan cokelat adalah terdiri dari 14% kandungan karbohidrat, 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin), 31% lemak, dan zat-zat lain, seperti alkaloid (zat yang menyebabkan cokelat terasa pahit).

3 Jenis Cokelat Yang Sehat Untuk Dikonsumsi

Read More

Cokelat mengandung feniletilamin dan lemak yang dapat meningkatkan produksi endorfin di dalam tubuh, yang dapat membuat kamu merasa lebih baik. Cokelat juga mengandung teobromin (suatu stimulant) dan kafein serta gula yang dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam otak, yang dapat membuat kamu merasa lebih rileks. Maka tak jarang, wanita yang stres memilih mengalihkan perasaan pada cokelat.

Cokelat juga mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar. Produk olahan kakao dipercaya dapat mengurangi beberapa faktor yang terlibat dalam beberapa penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, aktivasi trombosit yang berlebihan, dan konsentrasi LDL (low-density lipoprotein) tinggi. Terutama dark chocolate dapat mengurangi risiko serangan jantung dengan prosentase hampir 50% dan penyakit koroner sebesar 10%.

Namun demikian, tidak semua cokelat baik untuk dikonsumsi. Sebuah jurnal kesehatan menyebutkan bahwa produk cokelat yang kini beredar di pasaran didominasi oleh lemak dan gula yang tidak sehat bagi jantung dan pembuluh darah. Hal ini disebabkan karena banyaknya produsen yang ingin menghilangkan zat flavanol yang menyebabkan rasa pahit pada cokelat. Hal ini tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi kamu yang ingin hidup sehat dengan mengonsumsi cokelat.

Berikut adalah beberapa jenis cokelat yang sehat untuk dikonsumsi :
1. Dark Chocolate atau cokelat hitam
Dark Chocolate juga disebut dengan Bittersweet Chocolate. Dark Chocolate mengandung paling sedikit 70 persen kandungan biji coklat (kakao). Jenis cokelat ini memiliki senyawa psikoaktif yang membuat kamu merasa lebih nyaman. Dark Chocolate adalah cokelat dengan banyak manfaat yang aman untuk dikonsumsi, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).

Dalam sebuah penelitian kecil di Inggris, menyebutkan bahwa dark chocolate dipercaya dapat meningkatkan aksi neurotransmitter, seperti serotonin, yang membantu mengatur suasana hati dan tidur.

2. Couverture
Couverture disebut sebagai jenis cokelat terbaik. Couverture adalah jenis coklat yang disebut “real chocolate” oleh para penggemar cokelat sejati. Cokelat jenis ini selain cepat lumer di mulut, juga memiliki rasa “fruity” yang agak pahit. Cokelat ini sering digunakan sebagai bahan utama chocolate fountain.

Secara garis besar kandungan di dalam cokelat couverture adalah cocoa mass dan cocoa butter dan gula (untuk tipe dark chocolate, sedangkan untuk milk dan white biasa menggunakan padatan susu di dalamnya menggantikan cocoa powder) untuk pahit dan manisnya tergantung dari keseimbangan antar jumlah real chocolatenya dengan gula. Selain rasanya enak, jenis cokelat ini juga baik untuk kesehatan.

3. Milk Chocolate atau Coklat Susu
Milk Chocolate adalah cokelat yang digunakan untuk membuat kue manis. Sesuai dengan namanya, cokelat ini mengandung susu, choco liquor, cocoa butter, dan gula. Milk chocolate mengandung 12% susu, 25% cocoa dan gula. Milk Chocolate rasanya manis dan lembut sehingga disukai anak-anak. Coklat jenis ini sangat digemari karena rasanya yang nikmat. Namun kKandungan antioksidannya sangat rendah, karena sudah ada tambahan seperti gula dan susu yang banyak.

Demikian informasi tentang 3 Jenis Cokelat Yang Sehat Untuk Dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *