Sudahkah Minum Air Putih Sebelum Makan? Ini Manfaatnya

  • Whatsapp

Studi Ungkap Minum Air Putih Sebelum Makan Bantu Pangkas Berat Badan. Segala proses kimia seperti metabolisme tubuh membutuhkan air. Air putih memang merupakan minuman yang paling baik bagi tubuh. Air membantu tubuh membuang semua racun yang tidak terpakai dan mungkin membahayakan organ vital tubuh. Ini disebabkan karena air merupakan komponen zat kimia yang utama dalam tubuh.

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Makan

Read More

Minum 2 sampai 3 liter air per hari, menggantikan cairan tubuh yang hilang. Kamu kehilangan cairan tubuh lewat urine per hari sekitar 1,5 liter atau 6 gelas. Selain itu, Kamu juga kehilangan air sebanyak 4 gelas sekitar satu liter per hari lewat napas, keringat dan BAB. Dari makanan yang Kamu asup dapat mengantl 20% air yang keluar. Jadi, jika Kamu minum 2 liter air per hari. Kamu sudah menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Minum air putih sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Proses detoksifikasi ini ternyata juga mampu membersihkan jerawat dan lemak lainnya di kulit. Air juga menjaga volume pembuluh darah vaskuler supaya tetap normal. Dengan demikian, bisa terhindar dari hipertensi dan beberapa penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

Manfaat air putih sangat banyak untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Minum air pada interval teratur menekan nafsu makan dan mencegah makan berlebihan, mengurangi kadar kolesterol, menguatkan otot, membantu pencernaan makanan, mencegah kembung, dan membuat kulit jadi berkilau.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang-orang sering keliru antara rasa haus dan lapar. Padahal, meminum satu atau dua gelas air sebelum makan akan membuat cepat merasa kenyang, dan porsi makan kamu menjadi sedikit dan perut pun menjadi langsing. Minum air sebelum makan juga dapat membantu sistem pencernaan dan ginjal agar dapat bekerja lebih optimal. Rumus air yang tubuhmu butuhkan adalah Air (dalam liter) = berat badan (kg) x 0.033.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity menyebutkan hal yang hampir senada, bahwa minum 500 ml air putih sekitar 1-1,5 jam sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam studi tersebut, peneliti melibatkan sekitar 84 responden dewasa yang dipantau selama sekitar 12 pekan. Kelompok pertama atau sebanyak 41 orang di antaranya diminta untuk minum sesuai ketentuan tersebut sebelum makan, sementara sisanya masuk di kelompok kedua yakni sekitar 43 orang yang diminta untuk berimajinasi bahwa mereka sudah kenyang sebelum makan.

Setiap peserta diberi konsultasi manajemen berat badan, di mana mereka mendapatkan informasi mengenai gaya hidup, pola makan dan tingkat aktivitas fisik. Hasilnya, mereka yang berada pada kelompok pertama rata-rata memiliki penurunan berat badan 4,3 kg atau 1,3 kg lebih banyak daripada mereka yang berada pada kelompok kedua. Demikian informasi tentang Studi Ungkap Minum Air Putih Sebelum Makan Bantu Pangkas Berat Badan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *