IBX5A49C9BC313D6 Rahasia Kehidupan Di Balik Sedekah - Cerita Medan

Rahasia Kehidupan di Balik Sedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan yang bermanfaat bagi orang lain. amalan bersedekah akan dapat berlipat ganda pahalanya jika dilakukan dengan hati yang ikhlas. Bersedekah sangat dianjurkan dalam islam karena merupakan kegiatan yang dapat membantu orang lain yang mungkin membutuhkan.

Rahasia Kehidupan Di Balik Sedekah
Gambar : arrahmah.com

Selain mendapat pahala dan membantu orang lain yang membutuhkan, bersedekah juga bermanfaat untuk diri sendiri. Bersedekah dengan hati yang ikhlas akan memberikan kesan positif dalam diri seseorang dan menjadikannya insan yang lebih baik.

Orang yang bersedekah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt. Seperti janji Allah dalam surah Al-Baqarah : “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia hendaki, Dan Allah maha Luasa, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261)

Nah, selain itu, ada beberapa manfaat bersedekah bagi kehidupan kamu. Berikut beberapa hal yang bisa kamu dapat dengan sedekah :

1. Sedekah mengundang datangnya rezeki
Memberi bukan berarti kamu akan mengalami kekurangan. Ada sebuah rahasia Ilahi yang membuat orang yang bersedekah akan mendatangkan semakin banyak rezeki. Rizki dari Allah bisa berbentu banyak hal, tidak selalu berupa uang atau barang yang kita sedekahkan. Allah akan mendatangkan rizki yang tidak terduga pada hambanya yang ikhlas beramal sedekah. Seperti firman Allah SWT :
“Katakanlah sesungguhnya Rabb-ku melapangkan rejeki bagi siapa yg dikehendaki diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan bagi (siapa yg dikehendaki-Nya). Dan apa yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rejeki sebaik-baiknya. (QS. Saba’: 39)

2. Sedekah menyembuhkan penyakit
Rasulullah SAW pernah bersabda: “Obatilah orang sakit diantara kalian dengan sedekah”. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. David M Clelland, melakukan sesuatu yang positif untuk orang lain seperti bersedekah akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. hal ini tentu akan baik untuk menjaga kondi tubuh tetap sehat.

Studi yang dilakukan pada tahun 2006 juga menemukan bahwa orang yang suka menolong dan memiliki motivasi untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain akan membuatnya memiliki tekanan darah yang stabil.

3. Sedekah menghilangkan kesulitan
Amal salih yang dilakukan dengan ikhlas tentu akan Allah balas. Ketika kita menolong kesulitan seseorang dengan bersedekah padanya, maka Allah pun akan menolong kita dari kesulitan yang kita hadapi. Seperti hadist yang berbunyi : “Barang siang menolong satu kesusahan saudaranya, maka Allah akan menolong menolong satu kesusahannya di dunia dan di akhirat“.

4. Sedekah memanjangkan umur
James House dalam sebuah penelitiannya mengatakan bahwa dengan membantu orang lain dengan sepenuh hati akan meningkatkan kebugaran tubuh dan meningkatkan angka harapan hidup. Hal ini mungkin berkaitan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh seseorang untuk menghalau penyakit.

5. Mendapat rasa bahagia
Membantu orang lain akan menghadirkan perasaan bahagia dalam diri kita. Hal itu di ungkap oleh Elozabeth Duun dalam risetnyamengatakan bahwa dengan membelanjakan harta di jalan kebaikan untuk membantu orang lain akan mendorong produksi hormon-hormon kebahagiaan di dalam otak kita. Demikian informasi tentang Rahasia Kehidupan Di Balik Sedekah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/HS)

KOMENTAR

BACA JUGA