Perda KTR Tak Diketahui Walikota

  • Whatsapp

Pemerintah Kota Medan bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kota Medan pada 19 Desember 2013. Pengesahan itu kemudian dituangkan dalam Perda No. 3 tahun 2014 tentang KTR.

Perda KTR Tak Diketahui Walikota

Read More

Bahkan, Perda tersebut diperkuat dengan Peraturan Walikota (Perwal) No. 3 tahun 2014 sebagai Petunjuk Tekhnis Pelaksanaan. Sebab, dalam Perda tersebut ada 7 wilayah yang ditetapkan sebagai KTR, yakni tempat pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat umum serta lokasi kerja baik instansi pemerintah maupun instansi swasta.

Namun, Perda KTR tersebut sepertinya belum sampai ke Penjabat (Pj) Walikota Medan, Drs H Randiman Tarigan MAP. Sebab, beliau dengan leluasa menghisap rokok disaat skors sidang paripurna pembacaan nota jawaban Walikota Medan atas pandangan fraksi tentang Ranperda trafficking, kemarin. “Apa itu KTR,” tanya Randiman Tarigan kepada wartawan ketika dikonfirmasi perihal KTR tersebut.

Dia mengaku, baru sepekan dilantik atau bertugas menjadi Pj Walikota Medan, sehingga belum mengetahui semua informasi tentang Kota Medan. “Kalau memang ada Perda KTR, berarti saya salah. Saya minta maaf,” sebut Randiman.

Dia mengatakan, Pemko Medan harus menjadi leading sektor pelaksanaan dari sebuah Perda. “Kedepan akan kita perbaiki. Saya juga aka berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan mengenai kendala dalam pelaksanaan Perda KTR,” ujarnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Medan, Jumadi, menyayangkan sikap Pj Walikota Medan yang merokok disaat skor sidang paripurna. “Kalau pimpinannya saja sudah melanggar, bagaimana bawahannya nanti,” sebut Jumadi.

Jumadi mengaku, sosialisasi Perda KTR oleh Dinas Kesehatan belum maksimal sejauh ini. “Saya yakin, banyak masyarakat yang tidak mengetahui adanya Perda KTR,” katanya.***(CM06/ST)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *