Makanan Sehat Saat Kamu Lapar di Tengah Malam

  • Whatsapp

Banyak orang menghindari ngemil di tengah malam karena malam adalah jam yang mendekati waktu tidur, dimana tubuh akan berhenti untuk mencerna makanan selama waktu tidur. Sehingga apabila makanan tidak dicerna dengan baik, justru akan menimbulkan kegemukan.

Makanan Sehat Saat Kamu Lapar di Tengah Malam

Read More

Kendati demikian, lapar di tengah malam tentu akan membuatmu sulit tidur. Hal ini akan lebih terasa menyiksa saat kamu sedang dalam program diet. Biasanya, orang yang menerapkan pola diet, menghindari makan malam sebagai strategi untuk mengurangi asupan kalori.

Nah, jika kamu merasa lapat di tengah malam namun enggan makan karena takut gemuk, berikut adalah beberapa camilan yang bisa kamu konsumsi di tengah malam.

1. Tahu
Tahu akan mencukupi kebutuhan protein kamu, namun tidak akan membuat kamu gemuk.

2. Pisang
Pisang mengandung zat kalium dan magnesium yang dapat menenangkan saraf dan otot. Selain itu, pisang memiliki vitamin B6 yang mengubah triptofan menjadi serotin yang membuat tubuh lebih rileks. Kandungan magnesium, potassium dan juga tryptophan dalam buah pisang membantu menenangkan saraf sehingga memberikan efek relaksasi. Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali bagi penderita insomnia.

3. Ceri
Buah ceri kaya nutrisi dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dan hanya mengandung sekitar 50 kalori. Tak hanya tubuh yang semakin bugar, Kamu pun bisa lebih cepat kurus. Selain itu, melatonin di dalam buah ceri dapat membantu kamu lebih cepat tidur. Ceri dapat membantu supaya tidur menjadi nyenyak dan nyaman.

4. Raspberry
Buah raspberry hanya mengandung sedikit kalori, yaitu sekitar 31 persen dari gula. Karena itu, raspberry juga disebut sebagai salah satu buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat berdiet karena bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

5. Buah Pir
Buah pir memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan apel. Perbandingannya, 1 buah apel ukuran sedang memiliki sekitar 3 gram serat, sementara 1 buah pir ukuran sedang memiliki sekitar 6 gram serat. Namun yang penting dari kedua buah ini adalah zat pectin dalam serat yang dikandungnya. Zat ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama, serta membangkitkan semangat.

6. Semangka
Semangka mengandung citrulline, asam amino yang metabolisme menjadi arginine, asam amino lain yang bertanggung jawab untuk mengurangi lemak di dalam dan sekitar perut, dan mengurangi plak arteri dalam tubuh.

7. Almond
Almond memiliki protein, serat, dan magnesium, yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan tentunya tidak akan menambah lemak. Mengkonsumsi roti tawar dengan selai kacang almond bahkan dapat membantu siklus tidur kamu menjadi lebih teratur dan lebih nyenyak. Kacang almond kaya vitamin B dan asam folat yang bermanfaat bagi penderita insomnia.

8. Keju dan yogurt
Selain susu, olahan susu seperti keju dan yogurt juga dapat memicu tidur. Keju mengandung kalsium dan zat tryptophan yang menghasilkan melatonin untuk mempermudah tidur. 

 Demikian informasi tentang Makanan Sehat Saat Kamu Lapar di Tengah Malam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *