Lakukan Hal Ini Kalau Kakimu Sering Pegal

  • Whatsapp

Kaki merupakan bagian penting dari tubuh manusia yang jarang diperhatikan kesehatannya. Posisi kaki yang berada di bawah tubuh membuatnya seringkali menghadapi air, debu, kotoran, dan segala yang merusak keelastisannya, dan merusak kesehatan kaki. Aktivitas yang padat juga mengharuskan kaki berkerja keras. Tak jarang, tubuh yang terus bergerak membuat kaki menjadi pegal.

Lakukan Hal Ini Kalau Kakimu Sering Pegal

Read More

Nyeri pada kaki atau kaku kaki merupakan suatu keluhan yang cukup sering muncul. Kaki yang kaku tidak selalu menandakan suatu masalah kesehatan serius, namun tentu saja bisa mengganggu aktivitas harianmu.

Kaki pegal dapat disebabkan karena tidak lancarnya sirkulasi darah di bagian arteri kaki. Otot kaki tegang dan otot betis meregang secara berlebihan karena berdiri terlalu lama akan membuat tekanan tertumpu pada otot-otot di belakang kaki, apalagi ketika menggunakan sepatu hak tinggi.

Nah, jika kaki kamu sering merasa pegal karena berbagai alasan, lakukanlah beberapa hal berikut ini untuk meredakan rasa pegal di kaki:

1. Pijatan
Memijat kaki adalah salah satu cara terbaik untuk meredakan kaku kaki. Pijatlah betis untuk membantu melancarkan kembali peredaran darah. Gunakan body lotion, body oil, atau salep untuk pegal agar lebih mudah dipijat. Jika rasa sakit berlanjut perih kram, lakukan gerakan seperti menggali dengan jari pada bagian yang sakit, tahan selama 15-20 detik. Setelah mereda, regangkan otot-otot kaki secara perlahan.

2. Kompres dengan es
Air dingin dapat membuat pembuluh darah menyempit, sehingga mengurangi pembengkakan. Berendam dengan air dingin secara teratur baik bagi orang yang menderita penyakit pembekuan darah. Sebab air dingin dapat meningkatkan sirkulasi tubuh. Beberapa penyakit serius seperti pengerasan arteri dan munculnya varises dapat dihindari dengan sirkulasi darah yang lancar.Tempelkan es yang telah dibungkus dalam plastik pada sendi. Tahan kompresan es mengelilingi lutut 10-15 menit, dan pastikan kaki diposisikan di tempat yang lebih tinggi.

3. Rendam dengan air hangat
Air hangat dapat membuat kaki merasa rileks dan nyaman. Terutama pada malam setelah beraktifitas. Air hangat akan merangsang sirkulasi dan aliran darah. Pada waktu bersamaan akan terjadi pelemasan sendi, tendon, jaringan dan otot. Walau tidak menyembuhkan secara permanen, mandi air hangat dapat mengurangi sakit, merangsang penyembuhan, dan mengurangi radang pada sendi dan otot. Caranya ambil seember air hangat, pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Tambahkan satu sendok garam ke dalam air. Rendam kaki selama 15-20 menit. Untuk meredakan pegal pada kaki, kamu juga bisa mencampur madu dan jus lemon dalam secangkir air hangat. Atau coba campuran satu sendok makan minyak ikan dengan segelas jus jeruk sebelum tidur.

4. Jangan menggunakan sepatu hak tinggi saat merasa pegal
Meski mengenakan sepatu hak tinggi, tidak jarang membuat seorang wanita merasa tampak lebih cantik, lebih anggun, lebih menawan, dan lebih feminim, namun memakai sepatu hak tinggi terkadang menyakitkan kaki, apalagi kalau kamu tidak terbiasa memakainya. Selain lecet, kakimu akan jadi pegal dan bengkak. Resiko inilah yang menjadi alasan banyak wanita merasa tidak nyaman saat menggunakan sepatu hak tinggi.

5. Tidurlah dengan kaki diposisikan lebih tinggi
Tidurlah dengan kaki diposisikan lebih tinggi dapat membantu sirkulasi darah di kaki menjadi lancar. Darah akan mengalir dan tidak menumpuk di bagian kaki. Saat kaki pegal, gunakan bantal untuk menopang kaki. Demikian informasi tentang Lakukan Hal Ini Kalau Kakimu Sering Pegal. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *