IBX5A49C9BC313D6 Tujuan Berqurban Untuk Meningkatkan Keimanan - Cerita Medan

Tujuan Berqurban untuk Meningkatkan Keimanan

Sebagai ungkapan rasa syukur dan bentuk perwujudan taat kepada sang pencipta, Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwi Warna dan Institut Teknologi Medan (ITM) akan melakukan penyembelihan 4 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha, Kamis (24/9/2015) di kampus Jalan Gedung Arca Medan.

Tujuan Berqurban Untuk Meningkatkan Keimanan

Kabiro Hubungan Masyarakat ITM H M Vivahmi M SH, MSi kepada Cerita Medan mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, sekaligus memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim As yang mendapat perintah untuk menyembelihan putra tunggalnya Nabi Ismail As.

Menurutnya, peristiwa ini menjadi rangkaian tradisi umat Nabi Muhammas SAW hingga saat ini untuk mewarisi berkurban kepada generasi selanjutnya hingga akhir zaman nanti. “Kegiatan ini merupakan kepekaan untuk saling berbagi khususnya bagi kaum dhuafa yang kurang mampu dan beruntung agar bersama-sama menikmati daging sapi yang telah dikurban itu.

Untuk tahun ini tambah Vivahmi, 4 ekor sapi yang akan dikurban itu berasal dari para dosen dan pegawai di ITM yang berniat untuk berkurban. Daging sapi hewan kurban itu rencananya akan dibagi-bagikan kepada seluruh keluarga besar di ITM baik dosen, pegawai, yayasan, rektorat dan mitra kerja kalangan media yang bertugas di kampus itu.

Vivahmi mengatakan, melalui penyembelihan dan pembagian daging sapi ini juga akan meningkatkan ukuwah dan tali persaudaraan umat muslim khususnya keluarga besar sivitas akademika antara dosen, pegawai, mitra kerja wartawan.

Tradisi penyembelihan hewan ternak sapi tidak hanya bisa dilakukan pada saat berqurban, tapi bagi ITM dalam menyambut bulan suci Ramadan 1436 H tahun 2015 lalu dimana juga melaksanakan penyembelihan 3 ekor hewan sapi yang selanjutnya dibagikan kepada dosen, pegawai dan mitra kerja di lingkungan sivitas akademika.

Kegiatan ini sangat positif karena selain memiliki nilai ibadah juga bermakna untuk mewujudkan rasa kepedulian dan kepekaan terhadap sesama sivitas akademika agar terus terbina kekompakan dan kekeluargaan yang utuh dan kuat.

“Kepedulian Yayasan Pendidikan Sosial Dwiwarna ini harus mendapatkan apresiasi yang tinggi, karena memberikan perhatian kepada seluruh keluarga besar di ITM, sehingga dengan kegiatan sejenisnya akan terbina hubungan harmonis dan persatuan yang kokoh,” ujarnya.

Melalui semangat berkurban ini akan menjadikan ITM kedepannya senantiasa meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusannya apalagi saat ini menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA) dan harus mampu berkompetisi dan berdaya saing.***(CM03/Ucup)

KOMENTAR

BACA JUGA