IBX5A49C9BC313D6 Ratusan Sekolah di Sumut Masih Gunakan Kurikulum 2013 - Cerita Medan

Ratusan Sekolah di Sumut Masih Gunakan Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 tetap dipakai oleh ratusan sekolah mulai tingkat pendidikan dasar (dikdas) maupun menengah (SMA) di Sumatera Utara. Ini menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah.

Kurikulum 2013

“Bagi sekolah yang telah melaksanakan tiga semester silah­kan melanjutkan kurikulum 2013. Untuk jenjang SMA dan SMK tercatat sebanyak 130 se­kolah,” kata Kepala bidang­­ pen­didikan menengah dan tinggi Dinas Pendidikan (Kabid dikmenti Disdik) Sumut, August Sinaga di kantor Disdik Sumut Jalan T Cik Ditiro Medan, kemarin.

Dalam surat edaran itu juga menyebutkan, bagi sekolah yang baru melaksanakan 1 semester, dihentikan untuk sementara dan harus kembali ke kurikulum 2006 atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Disebutkannya, penghentikan sementara itu sesuai kebijakan menteri dari Permendikbud 160 tahun 2014 ini memiliki pengecualian bagi sekolah yang memiliki kesiapan walau baru semester 1 melaksanakannnya, dipersilahkan untuk melakukan usulan, dengan keputusan tetap berada pada Kemdikbud men­yangkut berbagai persyaratan dan evaluasi dalam bentuk verifikasi.

Sebagai tindak lanjut dari surat edaran itu juga salah satu pointnya juga menyebutkan pe­­nga­turan implementasi kuri­kulum tersebut akan diin­tegrasikan dengan sistem data pokok pendidikan (Dapodik). 

“Hanya sekolah yang sudah diverifikasi oleh badan standar akreditasi atau BAN dan terdaftar dalam list yang boleh melanjutkan K13. Bagi sekolah yang tidak terdaftar kembali menggunakan kurikulum 2006,” ungkap August.

Sedangkan Kepala bidang pendidikan dasar (kabid dikdas (Disdik) Sumut, Erni Mulatsih mengatakan, untuk jenjang dikdas akan diikuti sebanyak 269 sekolah. Dari 269 jenjang dikdas itu, terdiri 90 sekolah untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di 16 kabupaten dan kota, sedangkan tingkat SMP 179 di 26 kabupaten dan kota dengan rincian 61 kategori klaster dan 118 sekolah imbas.

Berdasarkan data di Disdik Sumut, beberapa sekolah jenjang SMA di Medan yang melanjutkan K13 di antaranya SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 4, SMAN 5, SMAN 7, SMAN 9, SMA Al Azhar Plus dan lainnya. Sedangkan SMKN 1 Lubuk Pakam, SMK PAB Helvetia, SMK Sinar Husni 2 Deliserdang, SMKN 1 Percut Sei Tuan dan lainnya.***(CM03/Ucup) 

KOMENTAR

BACA JUGA