Melompat Dua Menit Sehari Bantu Jaga Kepadatan Tulang

  • Whatsapp

Aktivitas melompat ternyata baik untuk menjaga kepadatan tulang. Saat ini, melompat menjadi olahraga yang sangat mudah dan sederhana, namun memberikan banyak manfaat, khususnya untuk tulang.

Melompat Dua Menit Sehari Bantu Jaga Kepadatan Tulang

Read More

Melompat baik untuk menurunkan risiko keropos tulang atau osteoporosis. Aktivitas melompat disarankan selama dua menit dalam sehari saja untuk menurunkan risiko keropos tulang atau osteoporosis. Cukup dengan latihan sederhana ini bisa menguatkan tulang di daerah pinggul dan mengurangi risiko kerusakan tulang. Dengan mengurangi risiko osteoporosis, maka risiko mengalami patah tulang pinggul pun menurun.

Dokter Sarah Allison, yang berasal dari Loughborough University’s National Centre for Sport and Exercise Medicine (NCSEM), telah membuktikan, kebiasaan melompat pada anak-anak, ternyata bagus juga untuk para orang tua. Melompat paling tidak 2 menit per hari dapat memperkuat tulang pinggul pada orang tua dan mengurangi risiko patah tulang jika terjatuh. Peneliti menyimpulkan, seseorang yang melompat paling tidak 2 menit per hari secara rutin selama satu tahun, memiliki kepadatan tulang di kaki, dibandingkan yang tidak melakukan aktivitas ini.

Studi ini didanai oleh Medical Research Council, dan untuk analisis pemetaan tulang disponsori oleh National Osteoporosis Society. Studi ini melibatkan 34 pria berusia antara 65 sampai 80 tahun yang diberikan latihan melompat selama 2 menit perharinya. Selama satu tahun, para responden diminta untuk tidak mengubah kebiasaan makanan dan juga kegiatan fisiknya.

Setelah menjalani program melompat setiap hari, peserta kemudian diminta untuk melakukan CT scan. Pada akhirnya, aktivitas melompat selama 2 menit perhari ini memberikan hasil CT scan dengan perubahan pada tulang kaki pria lanjut usia yang rutin melompat dibanding yang tidak.

Dokter Sarah Allison menerangkan, bahwa orang tua biasanya akan mendapatkan masalah pada tulang pinggul seperti mengalami patah tulang pada bagian tersebut. Seiring bertambahnya usia kepadatan tulang memang menipis. Penipisan tulang, baik karena penuaan atau osteoporosis juga dikaitkan dengan peningkatan risiko patah tulang. Patah tulang pinggul bukan hanya menurunkan kualitas hidup penderitanya tapi juga membutuhkan penanganan medis yang berat.

Cara untuk menjaga kesehatan tulang dapat dilakukan dengan berolahraga, salah satunya adalah dengan melompat. Latihan sederhana ini bisa menguatkan tulang di daerah pinggul dan mengurangi risiko kerusakan tulang. Setelah melakukan lompat-lompat selama 2 menit perhari, kepadatan tulang akan mendapatkan perubahan. Untuk itu, olahraga penting dilakukan oleh siapa pun.

Akan tetapi, untuk orang tua, melakukan lompatan ini tetap harus memerhatikan sekitar dan berhati-hati agar tidak mengalami cedera. Pastikan dulu dengan memeriksakan diri ke dokter, apakah aman untuk melakukan gerakan melompat. Demikian informasi tentang Melompat Dua Menit Sehari Bantu Jaga Kepadatan Tulang. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *