Makanan Yang Bisa Membuat Kamu Mengantuk

  • Whatsapp

Mengantuk merupakan pertanda tubuh membutuhkan waktu istirahat. Mengantuk di situasi yang tidak seharusnya, disebabkan karena banyak hal mulai dari rasa bosan, lelah, malas, posisi duduk, faktor makanan, dll.

Ternyata, memang ada beberapa makanan yang berujung pada rasa kantuk. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi agar tak memberikan efek negatif saat beraktivitas. Karena mengantuk di situasi yang tidak seharusnya, tentu hal ini menjadi sangat menjengkelkan, sebab mengantuk akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, tidak bersemangat, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Read More

Namun bagi para penderita insomnia, makanan yang dapat membuat kamu mengantuk tentu bagus untuk membuatmu cepat tertidur pulas. Nah, berikut adalah Makanan yang Bisa Membuat Kamu Mengantuk :

1. Madu
Madu mengandung gula alami yang bisa mengantarkan triptofan ke dalam otak yang selanjutnya dikonversi menjadi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang bisa membantu untuk relaksasi. Hanya menyantap satu sendok makan madu, akan memiliki tidur yang berkualitas.

2. Teh herbal
Teh yang terbuat dari ekstrak Camelia sinensis ternyata memiliki manfaat melancarkan peredaran darah serta menenangkan pikiran. Jika kamu ingin tidur yang lebih nyenyak, maka teh herbal adalah adalah salah satu solusinya. Teh Chamomile, catnip motherwort, dan valerian adalah salah satu contoh dari teh herbal. Teh herbal mengandung zat passion flower hop, kamomil, dan lemon balm. Ketiga zat tersebut membantu melawan insomnia.

3. Pisang
Pisang mengandung zat kalium dan magnesium yang dapat menenangkan saraf dan otot. Selain itu, pisang memiliki vitamin B6 yang mengubah triptofan menjadi serotin yang membuat tubuh lebih rileks. Kandungan magnesium, potassium dan juga tryptophan dalam buah pisang membantu menenangkan saraf sehingga memberikan efek relaksasi. Pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali bagi penderita insomnia.

4. Selada
Daun selada kaya akan lutein dan beta-karoten. Juga memasok vitamin C dan K, kalsium, serat, folat, dan zat besi. Vitamin K berfungsi membantu pembekuan darah. Nutrisi lainnya adalah vitamin A dan B6, asam folat likopen, kalium, dan zeaxanthin. Selada juga diperkaya dengan lactucarium, yang baik untuk penderita insomnia. Kandungan tersebut akan membantu tubuh menjadi lebih mudah tidur karena khasiatnya yang dapat membuat semakin rileks dan mudah tidur. Cobalah merebus tiga sampai empat daun selada dalam secangkir air ditambahkan daun mint membuat tidur lebih cepat.

5. Ikan
Ikan segar seperti lele, cod, dan juga tuna memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi penderita insomnia. Ikan – ikan tersebut tinggi akan vitamin B6 yang sangat penting untuk membuat serotin dan melotin dalam tubuh. Zat tersebut membuat tidur lebih cepat.

6. Susu
Bagi orang dewasa, susu bersifat menidurkan. Itulah mengapa bagi orang dewasa minum susu dikatakan baik saat menjelang tidur. Susu mengandung asam amino tryptophan yang dapat menenangkan saraf dan melemaskan otot, maka minum susu dianjurkan pada malam hari. Sebab, susu dapat membuat proses relaksasi tubuh menjadi lebih cepat sehingga kualitas tidur jadi lebih baik. Selain susu, olahan susu seperti keju dan yogurt juga dapat memicu tidur. Keju mengandung kalsium dan zat tryptophan yang menghasilkan melatonin untuk mempermudah tidur.

7. Kacang Almond
Mengkonsumsi roti tawar dengan selai kacang almond setiap sarapan pagi akan membantu siklus tidur kamu menjadi lebih teratur dan lebih nyenyak. Kacang almond kaya vitamin B dan asam folat yang bermanfaat bagi penderita insomnia.

8. Telur
Telur memiliki kandungan protein yang tinggi pada telur dapat mencegah insomnia. Telur yang direbus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan telur dadar atau telur mata sapi. Cobalah untuk mengkonsumsi satu butir telur rebus sebelum tidur untuk membuat tidur lebih lama dan lebih nyenyak.

9. Beras Melati
Beras melati mengandung glisemik tinggi dapat meningkatkan ketersediaan triptofan dalam otak. Beras melati adalah satu diantara jenis beras yang baunya harum dan berasal dari Thailand.

10. Durian
Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat melatonin. Serotonin dapat membuat badan lebih rilek, meningkatkan mood, dan membuat perasaan lebih gembira. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan bahagia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak.

11. Ubi jalar
Ubi merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, sebuah pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A. Selain itu, ubi jalar mengandung potassium yang tinggi. Ubi jalar bisa membantu untuk relaksasi otot serta bisa memberikan karbohidrat kompleks yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

12. Semangka
Semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Kandungan karbohidrat polisakarida di dalam buah semangka dapat meningkatkan kadar seretonin dalam otak. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari, membuat otak tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu tidur, seperti suara, sehingga tidur menjadi lebih berkualitas.

13. Ceri
Ceri memiliki kandungan melatonin alami, yang bisa mengatur pola tidur kamu. Ceri dapat membantu supaya tidur menjadi nyenyak dan nyaman.

14. Roti gandum
Biji-bijian dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Namun, setelah kadar glukosa menurun, tingkat energi pun akan menurun juga. Itulah yang membuat kamu merasa lesu. Rasa lesu ini akan membuat kamu mudah mengantuk.

15. Keju dan yogurt
Selain susu, olahan susu seperti keju dan yogurt juga dapat memicu tidur. Keju mengandung kalsium dan zat tryptophan yang menghasilkan melatonin untuk mempermudah tidur. Demikian informasi tentang Makanan yang Bisa Membuat Kamu Mengantuk. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *