Kualitas Pendidikan Kesehatan di UMSU Akan Semakin Meningkat

  • Whatsapp

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat II Medan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan kesehatan.

Naskah kerjasama ditandatangani Dekan FK UMSU, dr. Ade Taufiq, Sp.OG dan Kepala RS Bhayangkara Medan, Kombes Pol Didiet B, di Medan, kemarin. Penandatanganan kerjasama disaksikan langsung Rektor UMSU Dr Agussani, MAP.

Read More

“Kerjasama FK UMSU dengan RS Bhayangkara akan saling menguatkan antara dua lembaga dalam bidang pelayanan dan pendidikan kesehatan,” kata Agussani.

Menurut dia, mahasiswa FK UMSU akan mendapatkan banyak manfaat karena bisa belajar khususnya mengenai forensik sekaligus kedisiplinan saat menjalani koas.

Mahasiswa juga bisa belajar masalah hukum terkait dengan ilmu kedokteran forensik karena di RS Bhayangkara Medan banyak menerima kasus korban tembak, kecelakaan dan sebagainya.

Menurut dia, UMSU sendiri telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran. Hal ini dibuktikan dengan penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan seleksi ketat.

Dari 590 calon mahasiswa yang mendaftar hanya 110 yang diterima karena lulus standard nilai yang ditentukan. Padahal jika dilihat dari akreditasi FK UMSU yang B, sesuai aturan bisa saja menerima sebanyak 160 mahasiswa.

“Hal ini karena UMSU tidak mau dokter lulusannya diremehkan, maka kualitas menjadi nomor satu,” katanya.

Sedangkan Dekan FK UMSU, dr. Ade Taufiq, Sp.OG menambahkan, fakultas yang dipimpinnya adalah swasta satu-satunya di Sumut yang mendapat nilai akreditasi B. Untuk itu pihaknya sangat selektif dalam menerima mahasiswa baru.

Dia berharap sinergi yang dibangun antara FK UMSU dengan RS Bhayangkara Tingkat II Medan akan menghasilkan karya lebih baik berupa dokter yang lebih berkualitas. Hal ini sejalan dengan visi Muhammadiyah yang salah satunya fokus pada pendidikan kesehatan. Kepala RS Bhayarangkara Tingkat II Medan, Kombes Pol Didiet B didampingi Wakil kepala, dr A Ginting, SpOG, Mars mengatakan, siap menerima kehadiran mahasiswa FK UMSU yang menjalani Koas. Mahasiswa Kedokteran bisa mendapatkan banyak pelajaran khususnya mengenai ilmu kedokteran forensik.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *