Bocah Cilik Pemotong Kambing

  • Whatsapp

Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan Qurban atau yang sering disebut tradisi memotong lembu dan kambing, hampir setiap masjid dan kelurahan pasti melakukan tradisi qurban ini saat datangnya Hari Raya Idul Adha. Dan biasanya, si pemotong hewan kurban adalah orang dewasa yang sudah berpengalaman.

Bocah Cilik Pemotong Kambing
Bocah Cilik Pemotong Kambing

Read More

Kali ini di Kota Medan ada yang berbeda, pasar penjualan hewan Qurban di Jalan Hitam yang bersebelahan dengan rel kereta api ada seorang anak kecil yang menjadi seorang pemotong kambing, hasil pantauan dari Cerita Medan, Kamis (24/9).

Rian (10) seorang siswa kelas 6 salah satu Sekolah Dasar (SD) di Medan memotong kambing di pasar kambing ini sejak ia duduk dibangku kelas 2 SD. Menurut Rian, pekerjaan memotong kambing sudah sejak lama ia ikuti dengan kakeknya yang juga merupakan seorang penjual hewan Qurban di Kota Medan

“Dari kelas 2 SD bang aku disini bantu-bantu kakek motong kambing, awalnya di ajak main-main kesini sama kakek , terus bantu motong. Lumayan dapat uang jajan dan bisa beli mainan bang,” kata Rian.

Meskipun ia saat ini masih berumur 10 tahun namun pekerjaan rian tidak kalah dengan orang dewasa pada umumnya, ia sudah mahir dan cekatan dalam melakukan pemotongan daging kambing, pengalaman yang kurang lebih empat tahun ia jalani membantu bantu kakeknya memotong kambing inilah yang menjadikan ia trampil dalam melakukan pekerjaan ini.

Bocah Cilik Pemotong Kambing

“Saya udah biasa bang, kurang lebih hampir 4 tahun saya bantu-bantu kakek potong daging kambing, jadi udah ada pengalaman dan terbiasa bang,” uajar rian

Meskipun tidak setiap hari rian datang kepasar ini untuk membantu kakeknya rian terlihat sudah terbiasa dan tidak ada keraguan lagi dalam memotong daging kambing.Rian juga mengatakan kalau dirinya membantu pekerjaan kakek nya ini tiga kali dalam seminggu dan yang sudah pasti setiap akhir pekan rian pasti membantu kakeknya memotong daging kambing dipasar kambing ini.

“Saya bantu kakek bukan tiap hari, saya bantu kakek seminggu tiga kali dan yang pasti tiap Sabtu dan Minggu bang,” tambah Rian.

Bocah cilik ini tinggal bersama kedua orang tuanya dan satu orang adiknya di jalan Dorowati Kampung durian Kota Medan. Setelah diwawancarai Ia pun kembali beraktifitas dan membantu kakeknya memotong kambing.***(CM05/Rahmat Ramadhan)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *