2016, Dosen Harus Berkualifikasi S2

  • Whatsapp

Pada Desember 2015 ini merupakan batas akhir kualifikasi dosen bergelar sarjana (S1) mengajar mahasiswa S1. Pasalnya berdasarkan UUD No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, seorang dosen harus berpendidikan S2.

2016, Dosen Harus Berkualifikasi S2
Prof Dian Armanto

Read More

“Ketentuan itu akan diberlakukan pada 2016 mendatang dan waktu itu hanya bersisa tiga bulan lagi. Jadi kita minta agar pimpinan perguruan tinggi swasta mencermati dan menindaklanjuti peraturan tersebut,” kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, kemarin.

Disebutkan Dian, pada peraturan pemerintah nomor 37 tahun 2009 tentang dosen menyebutkan batas waktu kualifikasi minimal dosen jatuh pada Desember 2015, yakni 10 tahun setelah UU tersebut dikeluarkan.

Dari data Juni 2015 lalu tercatat sebanyak 3.245 dari 8591 dosen masih S1 di lingkungan Kopertis Wilayah I.

Untuk itu Dian berharap semua PTS segera mentaatinya, karena jika tidak maka dosen bersangkutan tidak akan bisa lagi mengajar tapi bagian administrasi akademik.

Menindaklanjuti peraturan tersebut, maka Institut Teknologi Medan (ITM) saat ini sedang giat-giatnya mendorong staf pengajarnya untuk melanjutkan pendidikan bahkan hingga ke jenjang doktor (S-3).

“Upaya itu kami lakukan untuk penguatan akademik dan peningkatan kualitas SDM dosen sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah,” ungkap Kabiro Humas H M Vivahmi SH MSi di kampus tersebut Jalan Gedung Arca Medan.

Vahmi yang juga Kandidat Doktor S3 Ilmu Studi Lingkungan di Universitas Malaysia Perlis (UniMAP) Malaysia ini menyebutkan sebanyak 26 dosen ITM saat ini sedang studi S3 dan dipastikan kemungkinan besar pada 2016 akan menyandang gelar Doktor.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *