IBX5A49C9BC313D6 Pelajar Tanjung Balai Dapat Beasiswa PT Inalum (Persero) - Cerita Medan

Pelajar Tanjung Balai Dapat Beasiswa PT Inalum (Persero)

PT Inalum (Persero) kembali menyalurkan beasiswa untuk pelajar berprestasi dan kurang mampu di 10 Kabupaten/ Kota sekitar operasi perusahaan, baik di pabrik peleburan maupun pembangkit listrik serta Danau Toba. Para pelajar di Tanjung Balai juga mendapat kesempatan berharga ini.

Pelajar Tanjung Balai Dapat Beasiswa PT Inalum (Persero)

Sebanyak 550 murid di Tanjung Balaidari SD sampai SMA atau sederajat mendapat bantuan pendidikan dari PT Inalum. Jumlah penerima tahun ini meningkat pesat dari tahun lalu yang hanya berjumlah 325 murid.

Tak hanya jumlah penerima yang ditingkatkan, nominal beasiswa yang disalurkan juga meningkat 130 persen. Secara total, Inalum menyumbang Rp.550 juta untuk beasiswa di Tanjung Balai.

Penyerahan beasiswa diberikan di Aula Dinas Pendidikan Kota Tanjung Balai 19 Agustus 2015 lalu. Hadir Sekretaris Daerah Tanjung Balai Abdi Nusa, Plt Kadis Pendidikan Tetty Juliani dan pejabat lainnya. Dari pihak Inalum hadir Deputy GM Umum dan CSR, Djoko Laksono, Manajer Pemberdayaan Masyarakat Arfan Iqbal Harahap, Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat, A. Ganda Sukmana, Comdev Officer, M Iqbal dan Anggi (Comdev Operator).

Dalam sambutannya, Plt Kadis Pendidikan, Tetty Juliani menyampaikan bahwa bukan pertamakalinya Inalum memberi perhatian kepada pendidikan Tanjung Balai.
“Tahun lalu juga sudah kita terima bantuan seperti ini. Tahun ini jumlahnya bahkan meningkat. Siswa kita yang mendapat bantuan ini merupakan yang juara 1 sampai 3. Kedepan kami harap siswa kita yang berprestasi mengharumkan nama Tanjung Balai juga mendapat perhatian,” kata Tetty.

Deputy GM Umumdan CSR Inalum, Djoko Laksono menjelaskan Tanjung Balai masuk kedalam 10 Kabupaten Kota di sekitar Danau Toba. “Di Tanjung Balai terjadi kenaikan nominal dan penerima beasiswa. Hal itu berkat peningkatan keuntungan perusahaan. Atas nama direksi saya mohon doa dan dukungan masyarakat Tanjung Balai agar operasional perusahaan aman, lancar dan berkembang lebih pesat, yang tentunya dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar” harap Djoko.

Sekda Tanjung Balai, Abdi Nusa dalam arahannya kepada para penerima beasiswa dan orang tua siswa, mengajak untuk mendoakan PT Inalum. “Kalau Inalum makin sukses sudah jelas penerima beasiswa meningkat lagi,” kata Abdi Nusa.

Abdi Nusa berharap para siswa menggunakan dana dengan sebaiknya-baiknya untuk kepentingan pendidikan. “Ini kan sifatnya untuk meringankan beban orang tua. Kita ucapkan banyak terimakasih kepada Inalum,” lanjut Sekda.

Dijelaskan Djoko, dalam distribusi dana bantuan pihaknya menggandeng Bank Sumut. Dan untuk seleksi siswa yang layak mendapat beasiswa, Inalum mempercayakannya kepada Dinas Pendidikan Tanjung Balai.

“Beasiswa ini kerjasama dengan Disdik Tanjung Balai dan Bank Sumut. Kita juga berharap para siswa belajar menabung sejak dini,” terang Arfan (Manager Pembedayaan Masyarakat PT Inalum).

Johanes, siswa SMAN 3 Tanjung Balai yang menerima bantuan ini mengaku senang. “Sebelumnya saya belum pernah dapat beasiswa dari perusahaan. Baru ini ada perusahaan besar sepeti Inalum memberikan kami beasiswa. Kami sangat senang karena memang butuh dana untuk keperluan pendidikan kami,” katanya.

Hal senada disampaikan Salwati yang juga dari SMAN 3 Tanjung Balai. “Dananya untuk beli buku dan sisanya ditabung untuk keperluan sekola hnantinya,” beber Salwati.

Para penerima beasiswa untuk siswa SD mendapat dana bantuan Rp.700 ribu. Siswa SMP mendapat Rp.1,2juta. Dan Siswa SMA mendapat bantuan pendidikan senilai Rp1,6juta.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA