IBX5A49C9BC313D6 Halal bi Halal PT Inalum dengan Pemerintah dan Masyarakat Sekitar - Cerita Medan

Halal Bi Halal PT Inalum dengan Pemerintah dan Masyarakat Sekitar

Masih dalam suasana Idul Fitri 1436h, manajemen PT Inalum (Persero) menjalin silaturahmi dengan para stakeholdernya pada acara Halal bi Halal dengan pemerintah dan masyarakat di sekitar Pabrik Peleburan Aluminium, Rabu (29/7) di Gedung Serbaguna Komplek PT Inalum, Tanjung Gading. Mereka berbaur bersama dalam suasana kekeluargaan di bulan Syawal ini.

Jajaran direksi PT Inalum bersama Wakil Bupati Batubara dan stakeholder lainnya saat halal bi halal.
Jajaran direksi PT Inalum bersama Wakil Bupati Batubara dan stakeholder saat halal bi halal. 

Berbagai kalangan hadir seperti Letkol Inf Enjang Sukarna (Dandim 0208 Asahan), H.Selamat Arifin (Ketua DPRD Batubara), AKBP M. Agung Santoso (Kapolres Batubara), Danlanal Tg.Balai, Wakil Bupati Batubara, HRM Harry Nugroho, SE, Termasuk Komisaris PT Inalum,  Agus Tjahajana, Chairuman Harahap dan Ferry SP Sinamo, Dirut PT Inalum, Winardi dan jajaran direksi lainnya : Carry E.F. Mumbunan (Direktur Umum & SDM), S.S.Sijabat (Direktur Operasi), Harmon Yunaz (Direktur Bisnis & Pengembangan) dan Oggy Achmad Kosasih (Direktur Keuangan). 

Acara halal bi halal yang diawali dengan tari persembahan juga dihadiri oleh perwakilan instansi pemerintah, mitra kerja inalum, tokoh masyarakat, agama, pemuda dan insan pers.

Pada kesempatan itu Dirut PT Inalum, Winardi membeberkan pencapaian PT Inalum selama 2015 yang telah mencapai target yang dicanangkan berupa produksi 126.256 ton aluminium ingot dari rencana sebesar 255.963 ton. Hal ini dicapai dengan pengoperasian 451 dari 510 tungku peleburan, level air danau toba yang relatif baik pada kisaran 904,6 mdpl, pengoperasian 8 unit turbin PLTA serta dukungan positif dari seluruh stakeholder, pemerintah daerah masyarakat dan wartawan. Inalum juga terus memberikan pasokan energi listrik kepada PLN sebesar 90 MW dengan tetap memperhatikan keamanan operasi perusahaan.

“Selain itu dalam mewujudkan visi dan misi Inalum 2015 yaitu perusahaan global terkemuka berbasis aluminium terpadu dan ramah lingkungan, Inalum sedang dan telah memulai pelaksaaan proyek pengembangan seperti pembangunan pabrik DPC, Diversifikasi produk billet dan alloy, pembangunan PLTU serta pabrik peleburan baru. Untuk kelancaran kami sangat mengharapkan dukungan semua stakeholder baik pemegang saham, pemda, masyarakat sekitar yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan ekonomi nasional dan regional,” kata Winardi.

Dengan semakin meningkatnya kegiatan Proyek di Kuala Tanjung, secara otomatis akan menambah padatnya lalu lintas jalan Acces road yang ada, sehingga perlu dilakukan usaha pengamanan yang lebih baik lagi, khususnya dalam pengamanan lalu lintas dan penertiban bangunan liar yang berada di sisi Access Road. “Oleh karena itu, kami mohon dukungan dan bantuan Pemerintah Kabupaten Batubara dan Otorita Asahan untuk dapat melakukan Sosialisasi dan pengamanan lahan di sisi access road supaya lalu lintas dapat berjalan dengan lancar,” demikian harap Winardi.

Sebagai BUMN Inalum juga berprestasi dengan penghargaan pelopor devisa terbaik 2014, 10 wajib pajak badan terbesar 2014 serta memperoleh CSR dan GKPM Awards 2014 untuk pemberdayaan masyarakat. “Tak lupa kita juga tetap membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Direncanakan kita akan merekrut sekitar 200 orang tenaga kerja baru untuk level SMA, D3 maupun S1,” tambah Winardi.

Dirut PT Inalum Winardi (kanan) serah terima bantuan secara simbolis.
Dirut PT Inalum Winardi (kanan) serah terima bantuan secara simbolis.

Malam itu PT Inalum kembali menunjukkan kontribusinya ke masyarakat sekitar di Kabupaten Batubara dengan beberapa bantuan yang diserahterimakan secara simbolis. Di antaranya bantuan beasiswa kepada 950 murid SD, SMP dan SMA sederajat di Batubara, bantuan mesin giling padi sebanyak 2 unit, pembangunan desa wisata kuala indah, bantuan multimedia kepada dinas pendidikan Batubara, bantuan sumur bor di pangkalan dodek, Desa Aras dan Pematang Nibung, pelatihan satpam kepada 20 pemuda yang diserahkan langsung kepada pihak terkait. 

Sementara itu Bupati Batubara diwakili Wakil Bupati Batubara, HRM Harry Nugroho SE menyambut positif gelaran halal bi halal dan para stakeholdernya yang dapat menguatkan silaturahmi yang selama ini terus terjalin dengan pemerintah dan masyarakat sekitar kabupaten Batubara. Dia juga menggantungkan harapan besar agar PT Inalum terus kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

“Kita semua senang dapat berkumpul bersama dengan keluarga besar PT Inalum dan masyarakat Batubara. Keberadaan PT Inalum bukan hanya berperan untuk Batubara tapi juga nasional. Dengan semangat baru ini kita dapat terus meningkatkan kerjasama dan perlu dukungan dari seluruh masyarakat Batubara dengan harapan PT Inalum dapat menjadi BUMN kelas dunia dan semakin bermanfaat,” kata Harry.

Selain itu dari jajaran PT Inalum juga tampak hadir para General Manager antara lain : W.Djoko Laksono (Deputy General Manager Umum & CSR), Ricky Gunawan (Sekretaris Perusahaan), Arfan Iqbal Hrp (Manager Pemberdayaan Masyarakat), Moranta Simanjuntak (Manager Humas), A.Ganda Sukmana (Junior Manager Pemberdayaan Masyarakat) dan Julian Faisal (Junior Manager Humas).

Acara halal bi halal itu tentunya menyajikan hiburan yang menarik. Terutama penampilan dari Zulham Zaiz Group yang membawakan lagu-lagu khas Melayu dan Batubara yang diiringi dengan tarian-tarian daerah. Selain itu turut juga tampil Kulintang dari Persatuan Wanita Inalum (Perwina) yang menyumbangkan lagu-lagu dan diiringi alat musik tradisional kulintang.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA