Aturan Gunakan Drone di Indonesia

  • Whatsapp

Drone adalah pesawat nir awak atau pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Awalnya, drone sering digunakan dalam berbagai keperluan operasi militer. Pesawat drone juga banyak dipakai untuk sektor pertanian, keperluan laporan cuaca, mendeteksi badai, dan bisa dipakai untuk photography dan videography.

Gambar Drone
Aturan Gunakan Drone di Indonesia

Banyak orang ternyata juga mengaku menyukai hobi menerbangkan  drone. Orang-orang yang hobi drone biasanya melakukan hobinya menerbangkan drone untuk memotret keindahan alam dari udara.
Namun, penggunaan drone mulai dilarang di beberapa negara, terkait keselamatan pengguna. Di Indonesia, Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan, juga telah mengeluarkan peraturan tentang penggunaan drone di Indonesia. Aturan tersebut terbit pada tanggal 12 Mei 2015, yang tertera dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak.

Dirjen Perhubungan Udara pun ditunjuk untuk pengawasan pelaksanaan peraturan ini. Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, Muzaffar Ismail dari Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub menyatakan bahwa drone di Indonesia saat ini sudah berada di bawah regulasi pemerintah.

Peraturan ini tentu bertujuan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dari kemungkinan bahaya yang muncul karena pengoperasian Drone. Tidak tanggung-tanggung, pelanggaran terhadap regulasi tersebuat akan dikenai hukuman pidana tiga tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Aturan terkait penggunaan drone adalah tidak lebih dari 150 meter untuk kawasan uncontrolled airspace. Apabila hendak menerbangkannya lebih dari 150 meter, butuh sertifikasi resmi dari Direktur Jenderal Perhubungan Udara lengkap dengan pernyataan dari ketentuan yang sudah ditetapkan.

Permohonan izin terbang tersebut terdiri dari informasi nama dan kontak operator, spesifikasi teknis airborne system dan ground system, maksud dan tujuan penerbangan, flight plan, prosedur darurat, dan remote control operation.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak tersebut antara lain:

  1. Sistem udara tanpa awak dengan kamera dilarang beroperasi 500 m dari batas kawasan udara terlarang (prohibited area) atau udara terbatas (restricted area).
  2. Pesawat udara tanpa awak yang digunakan untuk kepentingan pemotretan, pemfilman dan pemetaan, harus melampirkan surat izin dari institusi yang berwenang dan Pemerintah Daerah yang wilayahnya akan dipotret, difilmkan, atau dipetakan.
  3. Sistem pesawat udara tanpa awak dengan Peralatan Pertanian (penyemprot hama dan/atau penabur benih) hanya diperbolehkan beroperasi pada areal pertanian/perkebunan yang dijelaskan dalam pengajuan rencana terbang (flight plan).
  4. Kegiatan penyemprotan hama dan/atau penaburan benih dengan menggunakan teknologi sisten pesawat udara tanpa awak diizinkan apabila dalam radius 500 m dari batas terluar areal pertanian/perkebunan dimaksud tidak ada pemukiman penduduk.
  5. Sistem pesawat udara tanpa awak untuk kebutuhan dan misi pemerintah, penggunaan sistem pesawat udara tanpa awak untuk kepentingan pemerintah seperti patroli batas wilayah negara, patroli wilayah laut negara, pengamatan cuaca, pengamatan aktivitas hewan dan tumbuhan di taman nasional, survei dan pemetaan yang bersifat rutin dan terjadwal dengan lingkup penerbangan tertentu (area tertentu), menggunakan individual flight plan.

Demikian informasi tentang aturan menggunakan drone di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *