IBX5A49C9BC313D6 Alphabet Jadi Induk Perusahaan Google - Cerita Medan

Alphabet Jadi Induk Perusahaan Google

Kabar baru yang mengejutkan datang dari perusahaan teknologi informasi yang terkenal dengan mesin pencariannya, Google.inc. Kabarnya, baru-baru ini Google mendirikan sebuah induk perusahaan yang diberi nama Alphabet.  Selanjutnya, Alphabet akan menjadi induk perusahaan dengan tetap menjadikan google sebagai produk perusahaan sejak Senin, 10 Agustus 2015 waktu Amerika Serikat. 

google alphabet
google alphabet

Melalui tulisan yang dibuat salah satu pendiri mereka, Larry Page, Google mengumumkan bahwa mereka akan menjadi bagian dari satu perusahaan baru yang disebut sebagai Alphabet. Alphabet nantinya akan menjadi holding company untuk semua unit-unit usaha Google yang meliputi mesin pencari ‘Search’, perusahaan streaming video ‘YouTube’, sistem operasi Android, serta bisnis lainnya, seperti Google Ventures, Nest, dan Google X.

Menurut Larry Page, Alphabet memiliki dua makna, yaitu makna yang pertama adalah sebagai penggunaan huruf dan angka (alpabet) yang selalu kita gunakan setiap kali mengetikkan pencarian melalui mesin pencarian google, dan makna yang kedua adalah investasi yang tiada batas yang merupakan makna dari Alpha-bet itu sendiri. 

Melalui tulisan tersebut, Larry Page juga menjelaskan bahwa perusahaan Google kini tengah mengembangkan perusahaan ke bidang yang tidak bersentuhan langsung dengan bisnis mesin pencarian google, contohnya adalah perusahaan bidang kesehatan milik Google yaitu Life Science yang memproduksi lensa kontak untuk mendeteksi kadar gula dan Calio untuk meneliti penuaan.

Larry Page nantinya akan menjalankan tugas sebagai chief executive officer di perusahaan baru tersebut, dan Google Inc. akan mempunyai CEO baru, yaitu Sundar Pichai. Ada juga Sergey Brin yang akan menempati posisi presiden di perusahaan itu. 

Kabarnya lagi, saat ini Alphabet sudah siap untuk mengembangkan unit baru di sektor peralatan dan perkakas rumah pintar dan pengembangan pesawat tanpa awak. “Intinya, sebagai induk perusahaan, Alphabet ini harus independen dalam mengembangkan unit-unitnya,” kata Page dalam tulisan tersebut.

Sedangkan di pasar saham, Alphabet juga akan menggantikan posisi Google Inc. sebagai perusahaan yang dipergadangkan. “Ini akan memberikan kami ruang untuk mengendalikan hal-hal yang tidak terlalu terkait secara independen,” kata Larry Page.

Colin Gillis, seorang analis investasi di BGC Partners, mengatakan bahwa perubahan ini diperkirakan akan memberikan gambaran yang lebih jelas kepada investor tentang langkah apa saja yang akan dikembangkan oleh Google di kemudian hari.

Di pasar saham sendiri, sebagai reaksi atas perubahan tersebut, para  pemegang saham tidak akan kehilangan nilai sahamnya sedikit pun karena perubahan ini. Hal ini dibuktikan dengan naiknya saham Alphabet  pada hari pertama peluncuran. Pada hari itu, sebagai reaksi positif, saham Alphabet langsung naik 7 persen menjadi US$ 708 per lembar. 

Perusahaan Alphabet kini telah memiliki situs resminya yaitu http://abc.xyz. Sedangkan untuk laporan keuangan  di setiap unit perusahaan, akan dilaporkan secara terpisah pada kuartal keempat tahun 2015. (CM01/HS)

KOMENTAR

BACA JUGA