Tips Memilih Bantal Yang Tepat Sesuai Posisi Tidur

  • Whatsapp

Kamu tentu sering mendengar istilah salah bantal.  Salah bantal adalah rasa kaku yang menyebabkan kamu merasa sakit apabila menggerakkan leher. Leher kaku tidak hanya mengganggu aktifitas kamu sehari – hari dan kesulitan tidurmu, namun juga bisa memicu sakit lain pada anggota tubuh, seperti sakit tulang punggung. Hal itu memang tak sepenuhnya karena bantal. Leher kaku bisa disebabkan oleh salah posisi tidur, salah posisi bergerak, ketegangan otot setelah berolahraga, atau postur tubuh yang buruk saat bekerja.

Tips Memilih Bantal Yang Tepat Sesuai Posisi Tidur
Tips Memilih Bantal Tidur

Untuk  menghilangkan rasa sakit karena leher kaku, kamu bisa melakukan terapi pijat leher, baik dilakukan sendiri, teman, atau pemijat profesional. Selain hal itu, kamu juga bisa memperbaiki posisi bantalmu dengan memilih bantal yang tepat sesuai posisi tidur kamu.

Read More

Berikut ini Tips memilih Bantal Yang Tepat Sesuai Posisi Tidur

Tidur Telentang

Tidur dengan posisi kepala terlalu tinggi dari badan atau tubuh, bisa membuat postur kesehatan tubuh kamu menjadi kurang begitu sempurna dan bahkan menjadi bungkuk. Bagi orang yang tidurnya sudah terbiasa dengan terlentang maka dibutuhkan bantal yang sangat tipis namun agak sedikit datar supaya kepala kamu lebih bisa sejajar sama tubuh. Jangan memakai media bantal yang sangat tebal serta tinggi, karena akan membuat tulang dibagian tengkuk serta tulang dibagian belakang akan tertekan, sehingga bisa menimbulkan rasa sakit pada saat bangun tidur dipagi harinya. 

Memiliki Alergi

Bagi kamu yang memiliki alergi, pilihlah bahan bantal yang berbahan material sintetis, jangan berbahan kapuk maupun berbahan bulu dari hewan. Selain sangat sulit untuk dibersihkan pada saat debu – debu menempel, bahan seperti kapuk dan juga bulu hewan dapat memicu datangnya alergi, apalagi kalau hidung kamu sensitif terhadap kotoran seperti debu atau residu.

Tidur Mendengkur

Bagi kamu yang tidurnya mendengkur, sebaiknya kamu memilih bantal yang diciptakan khusus untuk membantu mengatasi gangguan tidur seperti mendengkur tersebut. Bantal kesehatan khusus seperti ini, biasanya mempunyai sebuah lubang atau juga cekungan pada bagian tengahnya, untuk menjaga tengkuk agar posisi kepala di bagian atasnya agak sedikit miring. Posisi tersebut akan menjaga bagian leher dan tenggorokan kamu yang terbuka serta bisa pula membantu untuk mengurangi dengkuran saat tidur. 

Tidur Tengkurap

Bantal yang tebal serta kaku bukanlah sebuah pilihan yang tepat  bagi kamu yang tidur tengkurap. Bantal yang tebal serta kaku dapat membuat posisi bagian kepala jadi lebih sangat jauh dari posisi tubuh kamu, sehingga menyebabkan sakit leher atau leher kaku. Untuk itu, sebaiknya pilihlah bantal yang berbahan lunak serta elastisnamun jangan terlalu empuk, agar bantal dapat menopang bagian kepala dengan sempurna. Pakailah bantal yang berbahan lateks dibagian pinggirannya. Bantal berbahan lateks sangat empuk pada bagian tengahnya dan sangat kaku di bagian pinggirnya. Dengan demikian, leher kamu bisa relaks dan mendapat sanggahan yang baik, sehingga terhindar dari sakit leher atau leher kaku. 

Tidur Menyamping

Jika kamu tidur menyamping, gunakanlah bantal yang tebal agar bisa mengisi dari jarak antara bagian leher dan juga bagian bahu, sehingga dapat menjaga tulang belakang untuk tetap lurus. Dan gunakanlah juga bantal guling dan letakan diantara bagian kaki, adar keseimbangan dari postur tubuh akan tetap terjaga.

Demikian informasi tentang Tips memilih Bantal Yang Tepat Sesuai Posisi Tidur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.  (CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *