IBX5A49C9BC313D6 Tiga Mahasiswa Unpab Raih Beasiswa GLC-MSU Thailand - Cerita Medan

Tiga Mahasiswa Unpab Raih Beasiswa GLC-MSU Thailand

Tiga mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan meraih beasiswa Global Leadership Camp (GLC) 2015 dari Mahasarakham University (MSU) Thailand. 

Tiga Mahasiswa Unpab Raih Beasiswa GLC-MSU Thailand

Tiga mahasiswa Unpab, yakni Rabina Zales (Fakultas Hukum), Ahmad Yazid (Fakultas Filsafat) dan Abdul Rahman (Fakultas Pertanian) sebelumnya telah mengirimkan berkas dan dinyatakan lolos seleksi di Mahasarakham University (MSU) Thailand. 

Rabina Zales (Fakultas Hukum)
Ahmad Yazid (Fakultas Filsafat)
Abdul Rahman (Fakultas Pertanian)

Kepala Urusan Kerjasama Unpab, Annisa Sanny SE, kepada pers di Kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto km 4,5 Medan, Senin (29/6) mengatakan, kegiatan Global Leadership Camp atau Kamp Kepemimpinan Global akan diadakan di MSU Thailand pada 20-31 Agustus 2015.  

“Program kepemimpinan global ini akan diikuti 80 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di dunia yang dinyatakan lolos seleksi,” kata Annisa.

Dijelaskannya, GLC adalah program pendidikan intensif untuk mahasiswa di seluruh dunia yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan pengembangan pribadi mahasiswa. Para peserta dari berbagai penjuru akan belajar tentang alam, sejarah, dan keragaman budaya dari berbagai negara. 

Selain itu, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan situs sejarah di Thailand. 

“Intinya kegiatan ini bertujuan untuk  membangun persahabatan yang baik antarmahasiswa dari berbagai negara di dunia. Mereka akan  berbagi budaya dan tradisi masing-masing,” tutur Annisa.

Terkait mengenai pembiayaan, menurut Annisa, mulai dari keberangkatan dari tanah air, biaya kuliah, studi bahan, akomodasi, perjalanan ke tempat-tempat wisata, pameran dan situs sejarah, dan lainnya semuanya ditanggung oleh MSU Thailand.

Sementara itu, Rektor III Unpab Samrin SE, MM yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/6) mengatakan, Unpab sangat concern menjalin berbagai kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri dalam rangka mencapai target Unoab menuju World Class University (universitas berkelas dunia). 

Dia mengungkapkan, perguruan tinggi di luar negeri menaruh kepercayaan kepada Unpab, karena sebelumnya PTS yang dikomandoi Rektor, Dr HM Isa Indrawan SE, MM, ini getol menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri, termasuk MSU Thailand. 

“Karenanya, Unpab terus menerus membenahi kurikulum agar lulusan mampu bersaing di dunia global. Salah satunya menyusun kurikulum yang mengedepankan soft skill. Sebab dunia kerja lebih membutuhkan lulusan yang punya soft skill,” kata Samrin.

Untuk mengasah soft skill itu, Unpab punya sejumlah lembaga, di antaranya Lembaga Pengembangan Profesi (LPPro), Students Advisory Center (SAC), dan UKM Center. 

Terkait dengan tiga mahasiswa Unpab yang lolos ke GLC-MSU Thailand, menurut Samrin, hal itu merupakan salah satu hasil pengembangan soft skill mahasiswa. 

Namun, tambahnya,  tiga mahasiswa yang akan berangkat ke Thailand terlebih dahulu “dikarantina” untuk memberikan bekal khusus, di antaranya memantapkan penguasaan bahasa Inggris dan table manner yang merupakan bagian dari soft skill.***(CM03/Ucup) 

KOMENTAR

BACA JUGA