IBX5A49C9BC313D6 PTS Tanpa Akreditasi Dikategorikan Ilegal - Cerita Medan

PTS tanpa Akreditasi Dikategorikan Ilegal

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto menghimbau agar perguruan tinggi swasta (PTS) segera perbaiki izin program studi (prodi) yang kedaluarsa.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto

“Saya minta agar pimpinan PTS untuk memerbaiki izin prodi terutama saat menjelang penerimaan mahasiswa baru, jadi masyarakat tidak akan merasa dirugikan jika sudah masuk ke universitas tujuannya,” kata Dian Armanto menanggapi keberadaan PTS di Sumut yang masih banyak memiliki izin prodi kedaluarsa, kepada Cerita Medan, kemarin. 

Disebutkan Dian, sampai saat ini puluhan prodi PTS di Sumut sudah kedaluwarsa. Padahal status prodi tersebut sangat penting sebagai modal bagi para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan.

Menurut Dian, saat ini ada ketentuan bagi lulusan yang prodinya memiliki akreditasi dalam memasuki dunia ker­ja, khususnya di lembaga intansi pemerintahan.

“Bagi PTS harus memiliki akreditasi prodi B yang bisa melamar pekerjaan di lembaga instansi. Jadi bagi prodi yang akreditasi kedaluarsa, jangan harap bisa melamar bekerja di lembaga instansi tertentu,” tegas Dian Armanto.

Diakuinya secara pasti tidak tau berapalagi jumlah PTS di Sumut yang belum menyerahkan berkasnya ke BAN PT, karena pengirimannya langsung ke pusat, tidak melalui Kopertis. Namun berdasarkan data hing­ga akhir Desember kemarin, minimal mencapai 90-an prodi lagi yang kedaluarsa.

Dijelaskan Dian, bagi PTS tidak memiliki akreditasi atau kedaluarsa, maka dikategorikan ilegal dan tak berhak me­ngeluar­kan ijazah. Sebab berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Ta­hun 2012tentang Pendidikan Tinggi, ma­ka institusi dan program studi perguruan tinggiharus terakreditasi.

(Baca : 272 Per­guruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara Yang Legal)

“Akreditasi institusi dan pro­­gram studi wajib dipenuhi PT sehingga legal dan bisa me­ngeluarkan ijazah untuk lulusannya,” ungkapnya.

Kepada masyarakat Dian Armanto juga mengimbau agar mewaspadai PTS yang illegal. Jika ingin memasuki PTS, bisa memperoleh infomasi tentang keberadaan PTS tersebut melalui website kopertis wilayah I Sumut atau mendatangi langsung ke kantor Kopertis Jalan Setia Budi Medan.

Menurut Dian pengecekan sebelum memilih PTS yang akan dimasuki sebagai ben­tuk mengantisipasi agar ti­dak terkecoh karena prodi di universitas tersebut tidak ter­akreditasi atau kedaluarsa.***(CM03/Ucup)

KOMENTAR

BACA JUGA