IBX5A49C9BC313D6 Mahasiswa OJT Salut Lihat Kinerja Perusahaan PT Inalum (Persero) - Cerita Medan

Mahasiswa OJT Salut Lihat Kinerja Perusahaan PT Inalum (Persero)

Tahun ini, PT Inalum (Persero) kembali melanjutkan program On The Job Training (OJT). Mulai awal Juli lalu sudah angkatan kedua yang diterima untuk praktek kerja lapangan di perusahaan penghasil aluminium tersebut. 

Mahasiswa OJT mendapat arahan dari karyawan Inalum di Pabrik Peleburan Kuala Tanjung

Sebanyak 57 mahasiswa dari sejumlah universitas di Indonesia bahkan luar negeri dibimbing dengan baik oleh karyawan Inalum sejak 3 Juni 2015 hingga 10 Juli 2015 . Mereka diberi pengetahuan akan banyak hal. Utamanya sistem kerja di Inalum. Hampir seluruh divisi mengajarkan kepada para mahasiswa OJT tersebut, tergantung dari jurusan mahasiswa bersangkutan. 

Kali ini universitas yang mengirimkankan mahasiswanya antara lain, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Bengkulu, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Sriwijaya Poltek Lokseumawe, Al Azhar, Ami Medan, USU, Telkom, dan SSTH. 

Dhea Rinerka Ramdhini mahasiswi jurusan Teknik Fisika ITB, mendapat kesempatan praktek di bagian operasi tungku reduksi aluminium. “Senang bisa mendapat kesempatan begini. Saya salut dengan produksi PT Inalum, besar sekali dan tertata sedemikian rupa. Karyawannya juga sangat membantu kami dalam praktek. Ramah-ramah juga,” kata Dhea. 

“Apa yang kami dapatkan langsung dari perusahaan memang banyak yang berbeda dari sekadar terori di kampus. Tapi ada juga yang sama. Intinya senanglah bisa mendapat ilmu langsung dari ahlinya,” lanjut Dhea.

Bella Zafara dari Poltek Lokseumawe juga bangga bisa terpilih mengikuti OJT di Inalum. Mahasiswi jurusan Teknik Industri ini mendapat kesempatan praktek di bagian material handling. “Yang jelas pengalaman semakin bertambah. Dan pasti ada ilmu yang lebih banyak kami dapatkan dari sekadar teori di kampur,” katanya. 

Ratna Novita Wulandari dari Teknik Industri ITB juga senang bisa mendapat kesempatan OJT di Inalum. Menurutnya apa yang didapat dari praktek di perusahaan seperti ini bisa lebih meningkatkan pemahaman dari ilmu yang diraih di kampus. “Teori mungkin sudah, sekarang kami bisa lihat langsung dari dekat bagaimana perusahaan sebesar ini beroperasi,” katanya. 

Deputy GM Umum dan CSR PT Inalum Djoko Laksono lewat Manajer Pemberdayaan Masyarakat Arfan Iqbal Harahap didampingi junior manajer Ganda Sukmana dan Comdev Officer Neng, menjelaskan, bahwa OJT ini merupakan program CSR perusahaan di bidang pendidikan.

KOMENTAR

BACA JUGA