Ini Dia Delapan Perguruan Tinggi Duta Sumut di NUDC 2015

  • Whatsapp

Delapan perguruan tinggi wakili Sumatera Utara (Sumut) pada ajang lomba debat bahasa Inggris atau National University Debating Championship (NUDC) 2015 yang diselenggarakan Dirjen Dikti yang rencananya dihelat 21-26 Agustus mendatang di Kalimantan.

Logo NUDC 2015

Read More

“Dari delapan perguruan tinggi duta Sumut itu, tujuh di antaranya berasal dari perguruan tinggi swasta (PTS), sedangkan satu dari USU,” kata Kepala seksi kemahasiswaan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah I Sumut, Sulhan Lubis,  kemarin. 

Ke delapan PT tersebut yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), IT&B, STBA PIA, STMIK Mikroskill, USU, UM Tapsel, Universitas Sari Mutiara Indonesia dan STBA ITMI. 

Disebutkan Sulhan, pada seleksi tingkat regional yang diikuti 40 yin dari PTN/PTS pada 12 Juni lalu, tim UMSU mengungguli tim dari berbagai perguruan tinggi lainnya, bahkan mampu menempati urutan pertama, sedangkan tim USU berada di urutan kelima. 

“Kita berharap tim Sumut yang terdiri dari 8 perguruan tinggi itu bisa mencapai sepuluh besar nasional, sebab selama ini belum pernah Sumut bisa menembus 10 besar di ajang bergengsi tersebut,” harap Sulhan mewakili Koordinator Kopertis Prof Dian Armanto. 

Diakuinya, belum banyak mahasiswa di PTS Sumut yang berminat terhadap penguasaan bahasa asing. Hal itu terindikasi sangat minimnya peserta untuk mengikuti ajang lomba debat bahasa Inggris yang digelar setiap tahunnya oleh Kopertis.

Selain minim peserta ajang debat bahasa Inggris juga lomba karya tulis dan mahasiswa berprestasi lainnya yang salahsatu tahapan harus menggunakan bahasa Inggris. 

Karena itu ajang NUDC ini merupakan kompetisi yang dihelat Dikti untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berbahasa asing khususnya bahasa Inggris.

Tim UMSU Raih Posisi Pertama NUDC Regional 

Terpisah Wakil Rektor III UMSU Dr Arifin Gultom menyatakan rasa gembira dan memberikan apresiasi terhadap hasil yang diperoleh tim mahasiswanya karena mampu meraih peringkat pertama pada ajang bergengsi di tingkat regional. 

“Kita berterimakasih atas prestasi yang diperoleh tim mahasiswa pada ajang NUDC 2015 itu. Kita harapkan para mahasiswa yang membawa nama Sumut mampu meraih prestasi yang menggembirakan bagi daerah umumnya dan khususnya universitas,” ungkap Arifin Gultom. 

Menurut Arifin kegiatan ini merupakan ajang rutin setiap tahunnya dan tim mahasiswa UMSU selalu memenangkan pada tingkat regional dan turut menjadi duta Sumut. 

“Kita terus memacu semangat para mahasiswa dan berharap mereka tetap terus berlatih untuk meraih prestasi di tingkat nasional,” harapnya.   

Tim mahasiswa UMSU terdiri dari 3 orang itu yakni Muhammad Rafii, Dio Hariyanto (keduanya debater), Yasmita Sari (adjudicator) juara pertama lomba debat bahasa Inggris tingkat Kopertis Wilayah I.***(CM03/Ucup) 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *