5 Cara Bebas Lembur

  • Whatsapp

Lembur memang menjadi suatu aktivitas yang melelahkan. Stres karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk dan memaksa kamu harus lembur tentu akan berdampak bagi kesehatan kamu. Waktu berkumpul dengan keluarga tercinta pun akan berkurang karena sibuknya sebab banyak pekerjaan di kantor.

Cara Bebas Lembur

Sebenarnya, ada beberapa taktik agar kamu bebas dari lembur dan bisa pulang tepat waktu namun semua tugas pun tetap selesai.

Kerjakan Tugas yang Berat Di Pagi Hari

Pagi merupakan awal hari dimana stamina dan pikiran kita masih dalam keadaan segar dan bugar. Berbeda dengan  siang atau sore hari, saat dimana kita sudah mau kehabisan tenaga. Untuk itu, cobalah kerjakan pekerjaan yang berat di pagi hari. Menyelesaikan pekerjaan berat di awal  hari juga memberikan efek psikologis yang baik, sehingga kita bisa bekerja lebih efektif sepanjang hari. Urusan pekerjaan ringan seperti menelepon klien atau menjawab e-mail, bisa kamu lakukan di sela kesibukan, sembari mengambil istirahat sejenak dari pekerjaan yang berat. Menurut psikolog Niam Muiz, cara terbaik meningkatkan fokus adalah dengan mengistirahatkan otak sejenak. Saat otak terlalu keras bekerja dan mencapai batasnya, maka ia akan mengirimkan signal kepada tubuh dan mental untuk beristirahat. Nah, waktu istirahat sejenak juga bisa kamu manfaatkan untuk ngemil atau menyeduh teh untuk mengistirahatkan ketegangan syaraf karena pekerjaan yang berat.

Komitmen Untuk Fokus

Tekankan pada pikiran kamu untuk selalu fokus dan jangan melalaikan pekerjaan hanya demi hal yang sia – sia, seperti mendownload film atau hal lain di luar pekerjaanmu, agar kosentrasimu tidak pecah. Selain itu, cobalah untuk tidak mengerjakan pekerjaan setengah-setengah, karena akan membuat kamu sulit untuk berfokus saat mengerjakan sisanya.

Hindari Bergosip Saat Bekerja

Bercengkrama dengan rekan kerja memang perlu, namun kalau terlalu lama akan membuang waktu kamu, sehingga pekerjaan pun tidak selesai. Cara untuk mengatasi agar pekerjaan tidak terbengkalai adalah dengan menghindari interaksi dengan rekan kerja yang suka bergosip panjang.

Majukanlah Deadline

Jangan mengerjaan tugas beberapa jam sebelum deadline. Sebab kondisi ini hanya akan membuatmu menjadi terdesak dan timbullah stres. Cobalah untuk menyelesaikan tugas lebih cepat dari deadline semestinya, misalnya seminggu sebelum deadline. Selain melatih kedisiplinan, pekerjaan yang lain pun menjadi tidak terlalu berat untuk dikerjakan demi mengejar deadline. Hal ini juga memungkinkan kamu untuk  merivisi pekerjaan yang kurang sesuai.

Bekerja dengan Efektivitas

Bekerja lebih efektif akan membuat pekerjaan lebih bersih dan tertata. Cobalah buat folder untuk e -mail yang berkaitan dengan proyek kantor, agar kamu tidak bingung mencarinya saat sedang dibutuhkan. Buatlah template untuk semua dokumen yang kamu pakai secara reguler. Misalnya surat, fax, kontrak, laporan pengeluaran, dan proposal. Berikan label dengan judul presentasi atau acara kantor di CD, untuk mempermudah jika diminta bos untuk mencari file-file lama. Sebelum menelepon rekan atau klien, catat poin-poin yang ingin kamu bicarakan untuk lebih menghemat waktu. Bookmark juga situs yang sering kamu buka agar tidak buang banyak waktu untuk mengetik alamat web. Setelahnya, selalu rapikan meja menjelang pulang. Letakkan pekerjaan prioritas besok di tengah meja.

Demikian informasi tentang cara bebas lembur. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *