15 Dosen ITM Terima Hibah P2M Dikti Tahun 2015

  • Whatsapp

Sebanyak 15 dosen Institut Teknologi Medan (ITM) menerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi tahun 2015 oleh Dikti. Hibah tersebut meliputi penelitian hibah bersaing, penelitian dosen pemula, Iptek bagi masyarakat dan Iptek bagi inovasi kreativitas kampus.

Institut Teknologi Medan
Institut Teknologi Medan

Ketua Yayasan Dwiwarna Medan Drs Cemerlang di kampus ITM Jalan Gedung Arca Medan, kemarin, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap para dosen yang telah mengabdikan dirinya melakukan riset dan penelitian yang bermanfaat dan mendapatkan hibah penelitian dari pemerintah pusat.

Read More

Kedepan diharapkan minat dan motivasi dosen lainnya juga akan meningkat sebagai upaya peningkatan kualitas sumberdaya dosen meneliti. “Yayasan Dwiwarna memberikan perhatian dan kepedulian kepada dosen yang meneliti, dosen melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya dan termasuk penelitian bagi mahasiswa,” ujarnya.

Ke-15 dosen penerima hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara lain, Prof Dr Ir Ilmi Abdullah MSc (Rektor ITM) jurusan teknik mesin judul penelitian, “Bengkel Sepeda Motor Dwiwarna{ termasuk skema Iptek bagi inovasi kreativitas kampus.

Penelitian hibah bersaing antara lain, Ir Zainuddin MT (teknik mesin) berjudul, “Unjuk Kerja Alat Penukar Kalori Shell and Multi  TubeHelical Coll Sebagai Pemanas Udara untuk Pengering Gabah Tipe Rotary Dengan Memanfaatkan Termal Gas Buang Mesin Diesel”.

Ir Suwarno MT (teknik elektro) judul,” Rancang Bangun Pembangkit Listrik Hirid Angin dan Solar Sel Sebagai Pembangkit Listrik Alternatif, Herlina S.Si, MSi (teknik elektro) judul,”Aplikasi Mediated Electrochemical Oxidation (MEO) dengan Co (III) Sebagai Mediasi Untuk Pengolahan Limbah Organik”, Ir Mahyuzar Masri MT (teknik sipil) judul,”Pengaruh Ukuran Lubang Saringan Terhadap Distribusi Ukuran Butir Produk Pada Hammer Mill,” Aazokhi Waruwu ST, MT (teknik sipil) judul,”Permodelan Pondasi Dangkal pada tanah gambut dengan perkuatan lapisan grid bambu yang telah diawetkan”, Ir Maulana AR, MT (teknik sipil) judul,”Permodelan Prealoading dalam memperkirakan pemanpatan dan meningkatkan daya dukung tanah gambut di bawah pondasi dangkal dan Surtaria Nurliana Panjaitan ST, MT berjudul,’Kajian pemanfaatan abu cangkang sawit dan kapur terhadap peningkatan nilai Cbr tanah mengembang dan kuat tekan paving block” serta Ir Surya Murni Yunus MT (teknik mesin) judul,”IbM usaha roti Gedangan dusun V Pulo Bandring Kabupaten Asahan Sumut. 

Selanjutnya penelitian Ir Nurdiana, MT (teknik mesin) berjudul,”IbM mesin pencetak makanan ringan ceker kremes system mekanis yang dibutuhkan kelompok UKM Oleh-oleh khas Sergai di Desa Deli Muda Hilir” dan A’Azokhi Waruwu ST, MT (teknik mesin) berjudul,”IbM pengolahan air dan sanitasi dalam upaya peningkatan kualitas kebersihan dan kesehatan masyarakat Desa Tanjung Sipokis”.

Rika Deni Susanti ST,MT (teknik sipil) berjudul,”IbM system drainase dan sumur resapan di Desa Tandam Hilir II yang menghadapi masalah banjir” dan Tengku Tibri ST,MT (teknik pertambangan) berjudul, “Masyarakat kesulitan air bersih”.

Kemudian kelompok penelitian dosen pemula yakni, Eswanto ST, M.Eng (teknik mesin) judul, “Study Eksperimental Performance Liquid Jet Gas Pump terhadap variasi perubahan panjang throat” dan Rahmad Dian ST, MT (teknik perencanaan wilayah perkotaan) berjudul, “Arahan Pengembangan Kawasan Kota Tua Kesawan menurut karakteristik dan provinsi wisatawan”.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *