IBX5A49C9BC313D6 1.119 Sarjana Ikuti Tes Online Seleksi SM-3T - Cerita Medan

1.119 Sarjana Ikuti Tes Online Seleksi SM-3T

Sebanyak 1.119 sarjana dari berbagai universitas dalam dan luar Sumatera Utara mengikuti tes online seleksi sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (SM-3T) di kampus Universitas Negeri Medan (Unimed).

1.119 Sarjana Ikuti Tes Online Seleksi SM-3T

Wakil Rektor 1 Unimed, Prof Dr Khairil Ansari MPd menyebutkan, tes online seleksi SM-3T ini merupakan angkatan V pada 2015 di 7 laboratorium komputer selama 3 hari. “Jika dilihat dari animo per tahun, peserta SM-3T semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa keterpanggilan para sarjana di Indonesia dan terkhusus di Unimed untuk mengikuti program ini semakin tinggi,” ujarnya kepada Cerita Medan, kemarin.

Materi tes online tersebut mencakup tiga bidang uji yaitu tes potensi akademik, tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang studi. Tes online ini juga dilaksanakan secara serentak di 17 lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) seluruh Indonesia, termasuk Unimed.

Menurut Khairil, pelaksanaan seleksi ini sebagai upaya membantu daerah 3T dalam menunjang peningkatan kualitas pendidikan, pertama kali dimulai pada 2010 lalu. “Bagi yang dinyatakan lulus nantinya akan mendapatkan fasilitas yang cukup untuk mengikuti program SM3T ini di daerah penempatan dan setelah masa pengabdian selama satu tahun mereka akan diberikan pendidikan PPG berasrama dengan biaya pemerintah,” bebernya.

Koordinator SM-3T Unimed, Dr Sanusi Hasibuan MKes mengungkapkan, peserta yang diterima untuk mengikuti program ini sebanyak 28 program studi. Dijelaskannya, peserta yang diumumkan lulus, maka mereka akan mengikuti tes wawancara dan tes microteaching. Persyaratan yang digunakan juga sangat ketat dan objektif, diantaranya harus memiliki IPK 3 dan bebas narkoba.

Koordinator IT tes online SM-3T Unimed Mohamad Ihwani, S.Si juga mengatakan program SM-3T merupakan program Kementerian Ristek dan Pendidikan tinggi untuk menciptakan guru profesional dan peduli terhadap peningkatan pendidikan di daerah 3T.

Program ini juga sekaligus untuk menutupi kekurangan guru di daerah 3T di seluruh Indonesia. Peserta SM3T ini akan mengabdi di daerah 3T selama satu tahun, kemudian akan diberikan pendidikan PPG secara gratis selama satu tahun. Hasil seleksi online ini diumumkan pada 27 Juni 2015. Peserta yang lulus kemudian akan mengikuti tahap wawancara pada 3-5 Juli di Unimed.***(CM03/Ucup)

KOMENTAR

BACA JUGA