Waktu Terbaik Minum Air Putih

  • Whatsapp

Air putih memang merupakan minuman yang paling baik bagi tubuh. Manfaat air putih memang sangat banyak untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Air membantu tubuh membuang semua racun yang tidak terpakai dan mungkin membahayakan organ vital tubuh. Ini disebabkan karena air merupakan komponen zat kimia yang utama dalam tubuh. Segala proses kimia seperti metabolisme tubuh membutuhkan air. Termasuk air menjaga volume pembuluh darah vaskuler supaya tetap normal.

Waktu Terbaik Minum Air Putih

Minum air putih sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Proses detoksifikasi ini ternyata juga mampu membersihkan jerawat dan lemak lainnya di kulit. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat dan segar sepanjang hari. 

Read More

Walau pun air putih memiliki banyak manfaat, namun mengetahui waktu yang tepat dalam mengonsumsinya, tentu akan memberikan manfaat dan khasiat yang berlebih. 

Berikut waktu terbaik minum air putih.

1. Ketika lelah atau dehidrasi 

Dehidrasi adalah kondisi dimana kamu merasa sangat haus dahaga, bahkan saat kamu minum sangat banyak pun tenggorokan kamu tetap terasa kering. Kondisi ini biasa terjadi saat cuaca panas, atau saat tubuh kamu terasa panas, dan kamu kurang mengonsumsi air putih. Nah, ketika cairan tubuh menurun drastis, berbagai organ, sel, serta jaringan tubuh gagal berfungsi dengan semestinya, dan akhirnya bisa mengarah pada komplikasi fatal. Apabila kondisi itu tidak segera diperbaiki, tubuhmu dapat mengalami shock.  

Menurut sebuah penelitian, neuron tertentu di dalam otak mendeteksi dehidrasi dan mungkin menandakan daerah otak lain yang mengatur suasana hati dan fungsi kognitif. Bahkan wanita membutuhkan sekitar 18 gelas air minum per hari daripada laki-laki yang hanya membutuhkan hanya sekitar 15 gelas.

2. Ketika ingin menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh The American Chemical Society dalam 12 minggu, pelaku diet yang minum air sebelum makan tiga kali per hari kehilangan sekitar 2,5 kg berat badannya daripada mereka yang tidak minum sebelum makan. Untuk ukuran umum, Kamu bisa minum1-2 gelas air putih sebelum makan. 

3. Setelah bangun tidur.

Minumlah setidaknya 2 gelas air putih saat baru bangun dari tidur. Hal ini difungsikan untuk membantu organ – organ tubuh internal agar lebih aktif setelah istirahat.

4. 15 – 30 menit sebelum makan.

Minumlah segelas air putih pada waktu ini. Hal ini untuk membantu sistem pencernaan dan ginjal kita dapat bekerja lebih optimal.

5. 15-30 menit setelah makan

Minum air putih 15-30 menit setelah makan akan membantu dan memperlancar proses pencernaan makanan. Jika Kamu ingin langsung minum air putih setelah selesai makan, disarankan cukup satu sampai dua teguk saja sebagai penghilang rasa haus.

6. Sebelum mandi

Minumlah segelas air putih saat sebelum mandi, bermanfaat untuk manjaga tekanan darah agar tetap stabil terkait dengan suhu tubuh, terutama saat mandi di daerah pegunungan.

7. Sebelum tidur

Minumlah segelas air putih sebelum Kamu pergi untuk tidur, sangat bermanfaat untuk keseimbangan tubuh saat istirahat dan menghindari dari serangan stroke dan serangan jantung.

Demikian informasi tentang Waktu Terbaik Minum Air Putih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *