Tips Merawat Mata – Jangan Remehkan Hal ini!

  • Whatsapp

Tips merawat mata – kamu pasti sudah sering mendengar istilah “mata adalah jendela dunia”, bukan? Ya, memang benar, kita beraktivitas pasti harus menggunakan mata. Namun, kadang, kita sering kali kurang perhatian dan tidak memerhatikan cara-cara menjaga mata tetap sehat. Khususnya bagi mereka yang setiap harinya harus berhadapan dengan layar digital dalam waktu yang lama. 

Tips Merawat Mata
Tips Merawat Mata

Nah, lalu bagaimana? Berikut di artikel kali ini, kru LA senang berbagi tips merawat mata.

Read More

Ya, jangan remehkan hal-hal sederhana ini!

Tips Merawat Mata Agar Tetap Sehat

1. Istirahatkan mata

Kalau kamu setiapnya harus bekerja di depan layar digital apakah komputer dan laptop, upayakan untuk mengistirahatkan mata sekitar 20 detik setiap 20 menitnya. Selagi mengistirahatkan mata, kamu bisa melihat kejauhan 6 meter agar bisa melatih mata pula. Hal ini karena melihat layar digital terus-menerus bisa membuat mata cepat kering dan lelah. Selain itu, atur pula layar dengan tingkat kecerahan yang sesuai dengan mata agar tidak memberatkan mata.

2. Kacamata pelindung mata

Tidak hanya bagi kamu yang bekerja di depan layar digital tetapi juga yang bekerja dekat dengan bahan-bahan kimia atau alat-alat yang membahayakan mata. Kamu bisa bisa menggunakan kacamata pelindug mata guna menghindari trauma kimia ataupun fisik yang berujung pada kebutaan.

3. Kacamata surya

Tahukah kamu kalau radiasi matahari bisa mengakibatkan katarak. Jadi, ketika berada di luar ruangan dan cahaya matahari sedang terik-teriknya, gunakan kacamata surya untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet. 

4. Merawat kontak lensa

Kamu yang adalah pengguna kontak lensa sebaiknya benar-benar memerhatika kebersihan dan tanggal kadaluarsa kontak lensa yang kamu gunakan. Selalu pastikan tangan selalu bersih ketika mengenakaan lensa kontak dan lepas sebelum tidur, tentu kamu tahu ‘kan apa alasannya? Mata sangat sensitif, Konkawan CeritaMedan.

5. Konsumsi makanan sehat 

Tidak hanya perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga menentukan kesehatan mata kita. Salah satuny adalah memerhatikan konsumsi kita. Hal ini karena kesehatan sel-sel syaraf dan pembuluh darah turut memengaruhi kesehatan mata. Jadi, konsumsi makanan yang sehat khususnya untuk mata. Kamu bisa memperbanyak makanan yang tinggi kandunan Zinc yang bisa melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya. Beberapa makanan tersebut adalah daging merah tanpa lemak dan daging unggas. Makanan tinggi vitamin A juga mmebantu sel-sel penglihatan.

Ya, merawat mata dimulai dari diri sendiri. Oiya, adalah bijaksana pula kalau kamu memeriksa mata secara rutin ke dokter. Terutama bagi mereka yang menggunakan kontak lensa, mengidap penyakit tekanan darah tinggi, diabetes ataupun punya riwayat penyakit mata disarankan melakukan pemeriksaan setiap setahun sekali. Demikiam tips merawat mata ini bisa membantu kamu. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *