Tips Foto Produk Yang Bagus Profesional

  • Whatsapp

Foto Produk – Sering kali, cara Kamu menampilkan foto sebuah produk yang dijual secara online memiliki dampak yang signifikan terhadap penjualan. Foto produk yang terlihat kurang bagus dan kurang menarik, terkadang menjadi pemicu yang membuat konsumen pergi.

Read More

Tips Foto Produk Yang Bagus Profesional

Namun, untuk memperoleh foto produk yang berkualitas, sebenarnya Kamu tidak perlu menghabiskan puluhan atau ratusan juta untuk membeli peralatan atau menyewa seorang profesional untuk menciptakan produk fotografi yang bagus.

Cara Foto Produk Yang Bagus dan Menarik 

Kamu bisa mempelajari dasar-dasar Tips Foto Produk yang baik dan benar tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

1. Kamera

Untuk mendapatkan  foto produk yang bagus, kamera adalah faktor utamanya. Kamera merupakan hal wajib yang harus kamu persiapkan sebelum kamu mengambil gambar produk yang ingin kamu jual.  Untuk itu, usahakan menggunakan kamera sekelas DSLR atau Mirrorless agar hasil gambarnya lebih maksimal. Dan pastikan bahwa kamera tersebut memiliki kemampuan lensa minimal 50 mm untuk memotret detail produk yang kecil seperti detail motif pada produk yang akan kamu jual. Namun meskipun  DSLR diperlukan untuk mengambil foto produk yang berkualitas, kamu juga bisa menggantinya dengan smartphone. Misalnya IPhone 5 yang memiliki sensor 8 megapiksel dan dapat menghasilkan gambar profesional atau smartphone Android lainnya, bisa menjadi salah satu alternatif bila kamu belum memiliki kamera digital.

2. Pencahayaan

Yang paling penting untuk mendapatkan  foto produk yang bagus adalah pencahayaan yang beroperasi di “continues mode” – dibandingkan lampu kilat atau flash saja, karena hal ini memungkinkan menggunakannya untuk video. Tanpa sumber cahaya yang baik, detail produk kamu tidak akan terlihat. Nah, jika memiliki budget lebih, tidak ada salahnya bila kamu mengalokasikan budget tersebut untuk membeli seperangkat alat pencahayaan. Elinchrom D-Lite 4 Kit adalah pilihan yang baik untuk pencahayaan, mencakup dua lampu, tripod, dan diffuser box. 


Di samping memanfaatkan perangkat pencahayaan tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan alam untuk membangun build in yang memuaskan. Namun saat memanfaatkan pencahayaan alami, kamu tentu memperhatikan waktu pengambilan foto karena biasanya letak matahari selalu berubah-ubah tergantung waktu. Cahaya yang terlalu terang dapat membuat warna produk Kamu menjadi tidak jelas atau terlalu putih. Jika memungkinkan, foto produk Kamu diluar ruangan yang tidak menerima cahaya matahari langsung, seperti di teras atau diruangan yang memiliki banyak jendela atau pintu.

3. Tripod

Memegang kamera dengan tangan dan mengambil banyak foto untuk waktu yang lama, tentu bisa membuat tangan kamu menjadi pegal dan tidak fokus saat mengabadikan obyek foto. Alhasil, foto produk tersebut akan menghasilkan gambar buram dan kurang menarik. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan tripod untuk membantu meletakkan kamera, sehingga foto-foto yang dihasilkan akan tampak seragam dan lebih menarik. Untuk tripod, kamu bisa memilih produk tripod Manfrotto. Ada juga beberapa tripod sangat fungsional untuk smartphone seperti  Woxom Slingshot.

4. Hindari Bayangan yang tidak diinginkan

Hindari backlighting  yang membuat bayangan pada permukaan objek. Jauhkan lampu pada sisi yang sama dari objek sebagai kamera Kamu, atau sedikit ke satu sisi.

5. Pastikan lensanya bersih

Debu pada lensa Kamu tentu akan menghasilkan hasil foto amatir. Untuk itu, belilah beberapa kain microfiber untuk menghapus noda yang ada dengan hati-hati sebelum melakukan pengambilan gambar.

6. Kreatif

Jangan takut untuk bereksperimen. Berpikir kreatif akan membuatmu memiliki banyak ide. 

7. Ambil gambar dari beberapa sudut

Biasanya sebuah produk akan terlihat lebih bagus ketika produk tersebut di foto dari sudut tertentu. Nah, untuk menyiasatinya agar mendapatkan sudut foto yang bagus, Ketika kamu ingin mengambil gambar, fotolah produk tersebut dari berbagai sudut. Eksplorasilah produk yang ingin kamu foto dari berbagai sudut agar kamu menemukan sudut yang bagus. Mungkin saja produk tersebut akan terlihat lebih bagus dan menarik jika ditampilkan dari tampak belakang, samping, maupun atas atau bawah.

Demikian informasi tentang Tips Foto Produk  Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *