Teknik Mesin ITM Siap Berkompetisi di Sektor Industri

  • Whatsapp

Program studi teknik mesin Institut Teknoogi Medan (ITM) siap berkompetisi tinggi agar dapat bersaing di Indonesia, mampu untuk menghadapi tantangan globalisasi, pembangunan nasional demi kemakmuran rakyat. 

Teknik Mesin ITM
Teknik Mesin ITM

Kabiro Administrasi dan Umum (BADUM) HM Vivahmi SH MSi yang juga Kepala Humas ITM kepada wartawan di kampus Jl Gedung Arca Medan, kemarin menjelaskan paradigma baru perguruan tinggi telah ditegaskan bahwa setiap hasil dan kinerja perguruan tinggi selalu mengacu pada kualitas berkelanjutan.

Read More

“Kebutuhan akan lulusan yang berkualitas tinggi menjadi lebih dibutuhkan karena kompetisi yang semakin ketat untuk mendapatkan pekerjaan di waktu mendatang,” ujarnya.

Untuk itu kata Vivahmi, lulusah harus disiapkan tidak hanya memenuhi persyaratan kerja, tetapi juga untuk mempersiapkan lulusan supaya mampu berfungsi sebagai agen pembangunan industri dan mampu bersaing dengan saingan internasional. 

Tahun 2003, jurusan teknik mesin ITM memenangkan kompetisi TPSDP (Technological and Professional Skills Development Sector Project) mencapai Rp 5,9 miliar dengan tujuan utama jangka panjang yaitu meningkatkan jurusan/program studi terpilih guna mempersiapkan jurusan teknik mesin memproduksikan lulusan yang mampu berkompetisi tidak saja di tingkat nasional akan tetapi juga di tingkat internasional. 

Pencapaian tujuan program teknik mesin sudah menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan dan hal ini dapat diketahui dari jumlah lulusan yang sudah bekerja di perusahaan nasional dan internasional. 

Program studi teknik mesin ITM memberi kebebasan dalam memilih bidang keahlian yang disukaii seperti teknik perancangan mekanis (PM), teknik konversi energi (KE) dan teknik manfaktur dan mekanika bahan (MB), dimana setiap bidang keahlian dilengkapi dengan laboratorium.  

Untuk itu kata Vivahmi, teknik mesin menyiapkan pendidikan yang baik untuk mahasiswa prasarjana dan pascasarjana, melayani komunitas akademik, memfasilitasi ilmu-ilmu pengetahuan dan informasi. 

Sebagai pendukung dari upaya menghasilkan lulusan yang berkualitas maka mahasiswa harus melakukan kunjungan studi ke perusahaan tempat alumni bekerja, program pelatihan mahasiswa oleh alumni, lokakarya, seminar sehari dan workshop dengan melibatkan alumni, program magang, program penelitian bersama dan kuliah umum oleh dosen tamu seperti dari ITB, ITS, UGM, UI, Batan, Binus Jakarta dan institusi pendidikan lainnya.

Lulusan teknik mesin ITM diasuh oleh dosen berpengalaman dengan latar belakang pendidikan berjenjang S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu alumni jurusan teknik mesin bisa berkiprah di sektor pekerjaan seperti di PT Inalum, PLN, Pertamina, Petronas, PTPN, perusahaan pengelola sawit, RAPP dan industri manufaktur lainnya. 

“Kita juga menyediakan beasiswa berprestasi, beasiswa belajar mandiri, beasiswa TPSDP, beasiswa Society of Petroleum Engineers (SPE) dari Caltex Pasific Indonesia Duri-Riau dan beasiswa peningkatan prestasi ekstrakurikuler (PPE) serta beasiswa Mc Dermott,” tambahnya.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *