Teknik Elektro ITM Siapkan Lulusan Kelistrikan Berkualitas

  • Whatsapp

Aktivitas kehidupan manusia modern tak terlepas dari kebutuhan akan energi listrik. Energi listrik ternyata telah menjadi kebutuhan utama. Bahkan tingkat kemakmuran suatu negara bisa dilihat dari keberadaan dan kelengkapan infrastruktur penerangan listrik dan juga dari jumlah pemakaian energi listriknya.

Teknik Elektro ITM

Read More

Kepala Humas ITM H M Vivahmi, SH MSi mengatakan, padamnya listrik maka terganggulah berbagai aktivitas kehidupan manusia mulai dari aktivitas rumah tangga, industri, perkantoran, supermarket dan sebagainya.

Menurutnya, agar kesinambungan  pasokan listrik tetap handal diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Kemampuan SDM tersebut sangat mendukung supaya energi listrik tetap sampai dan dikomsumsi masyarakat.

Dalam operasional pemeliharaan dan penggunaan alat – alat kelistrikan, secanggih apapun alat yang digunakan namun SDM tidak siap, maka alat kelistrikan tersebut tak banyak manfaatnya malah tak bisa digunakan.

“Karena itu sebagai lembaga pendidikan tinggi ITM akan mempersiapkan mahasiswa untuk bisa mengisi lapangan kerja di bidang kelistrikan. Kemampuan generasi muda akan diterpah di Jurusan Teknik Elektro ITM,” jelas Vivahmi.

Lebih lanjut disebutkannya, upaya mempersiapkan SDM handal di bidang kelistrikan, ITM bekerjasama dengan berbagai perusahaan swasta nasional dan lembaga BUMN seperti PLN, Telkom.

Kerjasama tersebut diharapkan para mahasiswa bisa langsung memahami dan meningkatkan kemampuan sehingga ketika bekerja dan terjun ke lapangan  kompetensinya tak diragukan lagi.Sebagai contoh, ITM telah mengirim mahasiswa teknik elektro untuk melaksanakan peraktek kerja ke University Malaysia Perlis.

“Perlu diingat, kesuksesan sejati tidak diukur dari materi, jabatan dan kekuasaan yang diperoleh tetapi dari manfaat yang kita berikan kepada orang lain,” ujarnya.

Dia mengakui bahwa dalam era ini segala yang diinginkan hanya dapat diperoleh dengan kualitas kemampuan  intelektual tinggi serta niat dan kerja keras. Selain itu, dalam berkompetisi tidak hanya mengandalkan kemampuan intelektual, tapi juga dibutuhkan kecerdasan emosi dan kecerdasan spritual.

Saat ini ITM berusaha mempersiapkan tenaga-tenaga handal yang sesuai dengan kebutuhan industri yang berskala nasional maupun internasional. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan kerjasama dengan pihak industri dan perguruan tinggi baik di Indonesia maupun di luar negeri.***(CM03/Ucup) 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *