Setetes Darah Sehat yang Anda Sumbangkan, Laksana Setetes Air Kehidupan

  • Whatsapp

Saling peduli dan berbagi kepada sesama dan bertepatan dengan 24 tahun Tupperware hadir di Indonesia itulah yang mendasari rangkaian kegiatan donor darah bersama Tupperware yang dilakukan secara serentak di 24 kota, pada hari Sabtu, 13 Juni 2015. Filosofi dan spirit Tupperware selalu diiringi dengan semangat caring & sharing untuk menularkan nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas pada sesama. 

Sebagai peyampaian pesan kebersamaan dan solidaritas tersebut, dan menyambut Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2015, maka Tupperware Indonesia bersama dengan Palang Merah Indonesia, untuk ke-8 kalinya sejak pertama kali diadakan pada tahun 2008, mengadakan kegiatan donor darah bersama dengan jumlah kota yang terus bertambah sesuai dengan usia keberadaan Tupperware di Indonesia. Dan tahun ini kegiatan Donor Darah dilaksanakan serentak di 24 kota sesuai dengan usia Tupperware Indonesia dengan kota-kota sebagai berikut: Jakarta, Lampung, Malang, Medan, Padang, Semarang, Surabaya, Purwokerto, Cilacap, Jember, Kediri, Banjarmasin, Samarinda, Palu, Makassar, Kendari, Aceh, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Solo.

Read More

Setetes Darah Sehat yang Anda Sumbangkan, Laksana Setetes Air Kehidupan

“Kegiatan donor tahun ini mengangkat tema ‘A Drop for Hopes – 24 Kebaikan Donor Darah’ dengan tujuan untuk menyampaikan perpanjangan pesan dan mengedukasi masyarakat umum mengenai 24 kebaikan donor darah serta mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah bagi kehidupan yang lebih baik bagi sesama,” jelas Nining W. Pernama, President of Tupperware Indonesia and Vice President Sales Development Asia Pacific. 

Nining menambahkan  bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membantu meningkatkan persediaan darah di PMI, menebarkan semangat kepedulian sosial, serta mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Dr. Ulfa Suriyani, MARS.M.Biomed, selaku Kepala Bidang Penyediaan Darah Unit Transfusi Darah Pusat menegaskan hingga saat ini, stok darah yang tersedia di PMI belum mencukupi kebutuhan darah setiap harinya. Oleh karena itu, kami senang sekali jika ada pihak-pihak yang melaksanakan kegiatan donor darah secara rutin. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang secara rutin mendonorkan darahnya karena sebenarnya donor darah memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Manfaat Donor Darah

Donor darah memang memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan diri sendiri dan orang lain. Tupperware sendiri menyampaikan 24 manfaat donor darah yaitu, mengetahui golongan donor darah, memeriksakan kesehatan secara teratur, menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh, satu kantong darah dapat menyelamatkan 3 nyawa, menurunkan risiko terkena serangan stroke, membakar kalori dalam tubuh, membantu deteksi masalah kesehatan, memperbaiki fungsi hati, mengontrol tekanan darah, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, menjaga kesehatan sistem peredaran darah, meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal, menyembuhkan penyakit yang diderita, membantu sesama, menyehatkan tubuh, menghilangkan kaku di pundak, memperbaharui sel darah baru, mempercepat penyembuhan luka, memperbaiki fungsi pencernaan, dan mengurangi sakit kepala.

Darius Sinathrya, salah satu artis papan atas Indonesia, juga turut mendukung kegiatan ini di Jakarta. “Saya cukup merasakan manfaat dari donor darah dan berusaha untuk rutin melakukan donor darah.” 

Kegiatan donor darah  tahun ini didukung juga oleh komunitas Blood4Life, sebuah komunitas yang menjadi wadah bagi para pendonor rutin yang siap sedia mendonorkan darahnya pada saat diperlukan. Valencia Mieke Randa (@justsilly), pendiri komunitas Blood4Life, menyatakan seandainya setiap orang Indonesia menyadari manfaat dan kebaikan donor darah dan melakukannya secara rutin, pasti lebih banyak lagi nyawa yang terselamatkan dan PMI tidak akan pernah kekurangan stok darah.***(CM/PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *