IBX5A49C9BC313D6 Pulau Berhala, Tempat Wisata Eksotis Penuh Sejarah - Cerita Medan

Pulau Berhala, Tempat Wisata Eksotis Penuh Sejarah

Pulau Berhala – Bagi kamu yang ingin berlibur dengan ketenangan dan keseruan, pulau ini adalah pilihan yang bagus untuk istirahat sejenak dari kesibukan aktivitas. Karena di sini, kamu akan merasa nyaman dan tenang. Pulau ini menyimpan potensi pariwisata karena kondisi geografisnya. Pulau ini cocok bagi wisatawan yang menyukai hobi memancing, fotografi dan pecinta alam. Bagi penggila fotografi, pemandangan di pulau berhala sangatlah menarik dan natural.

Ini sekedar review ulang artikel, mengenai gambar dari kawan-kawan boleh bantu mengirimkannya ke redaksi, ceritamedan@gmail.com

Pulau Berhala berlokasi di kawasan Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Dengan jauh sekitar 22 mil dari garis pantai di Muara Kuala, pulau ini membagi perarian Selat Malaka antara kawasan Indonesia dan Malaysia. Kondisi geografis inilah yang menyebabkan Pulau Berhala sebagai salah satu Pulau terluar Indonesia yang juga berdekatan dengan Pulau Jarak yang menjadi Pulau Terluar Malaysia di Selat Malaka.

Sejarah Pulau Berhala

Pulau Berhala merupakan pulau terluar yang terletak di bagian Utara Sumatera. Hamparan pasir putih yang hangat berhias batu-batu vulkanik dengan ukuran besar menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata yang sangat sayang jika di lewatkan. Mungkin tidak banyak yang tahu nama pulau Berhala namun pulau ini mulai terkenal saat pasukan TNI Angkatan Laut mulai masuk dan melakukan pejagaan di Pulau ini.

Pulau Berhala, Tempat Wisata Eksotis Penuh Sejarah
Pulau Berhala, Tempat Wisata Eksotis Penuh Sejarah
Foto pulauberhalamarinir.blogspot.com

Pulau berhala merupakan Pulau terluar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ke-10. Pulau ini masuk dalam wilayah Kecamatan Tanjung Beringin, Sumatera Utara dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatas dengan Malaysia karena terletak di selat malaka. Berada di titik koordinat 030  46’38”U dan 990 30’03”T, Pulau Berhala hanya berjarak 17 km dari bibir pantai Tanjung Beringin atau 65 km dari Belawan Medan.

Nama pulau ini tidak hanya satu di Indonesia. Ada juga Pulau Berhala yang berlokasi di Jambi dimana sempat dipersengketakan dengan Kepulauan Riau akibat perebutan wilayah administratif. Di Malaysia juga terdapat 3 Pulau Berhala yaitu di bagian utara Kalimantan, di dekat Johor dan di Perak yang dinamakan Bantuan Berhala.

Pulau ini mulai ramai diperbincangkan masyarakat sejak dimasukan dalam buku Pulau Terluar di Indonesia dan diputuskan sebagai area strategis nasional oleh pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan Pulau ini tidak ada penghuninya dan berpotensi ditempati orang asing sama halnya dengan Pulau Nipah di Batam dan Pulau Sekatung di Natuna, Kepulauan Riau.

Potensi wisata yang dimiliki pulau ini memang luar biasa. Laut yang bersih dan jernih serta alam tropis yang benar-benar belum tersentuh.  Kawasan pulau Berhala terdiri dari tiga pulau kecil yakni Pulau Berhala, Pulau Kakek, dan Pulau Nenek. Di pulau kakek, terdapat gua, sedangkan di pulau nenek ada menara navigasi yang ukurannya lebih kecil. Dengan alam yang mempesona itu dan berada di perbatasan. Pulau ini di jaga oleh Marinir, TNI dan Angkatan Laut.

Pulau berhala sangatlah eksotis, seperti layaknya sepotong surga yang terdampar di bumi Sumatera Utara. Kamu akan dimanjakan dengan indahnya pantai bak hamparan karpet putih, begitu juga penyu lucu bakal berjemur di pasir pantai terutama saat bertelur di malam harinya.

Rute Dari Medan Menuju Ke Pulau Berhala

Untuk mencapai pulau ini, berangkat dari Medan Kamu bisa menggunakan bus menuju kecamatan Tanjung beringin selama  kurang lebih 2 jam. Lalu lanjut menuju ke pulau berhala dengan menyewa kapal nelayan menempuh perjalanan laut kurang lebih 3 – 4 jam.

Atau kamu juga bisa berangkat dari Medan menggunakan bus dan kemudian turun di jalan besar Sei Rampah dengan perjalanan sekitar satu jam. Rute berikutnya adalah menuju perkampungan nelayan. Bisa dengan menggunakan angkutan umum, ataupun ojek sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 10 – 12 menit.

Dan pilihan ketiga adalah berangkat dari Belawan, Medan. Jarak dari Belawan ke Pulau Berhala sekitar 65 km. Bila ditempuh dengan boat biasa, waktu tempuh yang bisa 4 – 8 jam. Dari Belawan kamu bisa menuju serdang bedagai menuju ke pulau berhala.

Begitu tiba di lokasi, Kamu bisa menyewa kapal nelayan untuk menyebrang ke Pulau Berhala. Kenapa harus menyewa kapal nelayan? Pasalnya belum ada kapal penyeberangan khusus ke Pulau Berhala. Sebaiknya Kamu ke sana bersama rombongan agar hemat biaya, karena biaya sewa kapal yang cukup mahal, berkisar Rp 800 ribu – Rp 1,5 juta per malam.

Persiapan penting ketika kamu akan berlibur ke pulau berhala adalah surat izin dari Marinir yang bertugas di kantor serdang bedagai yang harus kamu urus sebelum keberangkatan. Untuk masalah makan, kamu sudah harus mempersiapkan bahan makanan dari Medan karena di pulau ini tidak ada yang berjualan. Tiba di pulau berhala, kamu wajib melapor di Pos Keamanan dengan wajib menunjukkan Kartu tkamu pengenal. Masalah penginapan, bisa dirikan tenda di pinggir pantai atau meminjam salah satu mess marinir, TNI atau angkatan Laut. Biaya penginapannya, tergantung kesepakatan bersama. Marinir, TNI dan angkatan Laut yang menjaga pulau ini pun sangat ramah pada pengunjung.

Jika kamu suka dengan tempat wisata berupa suasana pantai yang asli, Pulau Berhala bisa menjadi tempat ideal berikutnya dalam liburan kamu.Pulau berhala menawarkan eksotis pemandangan yang luar biasa. Seperti pasir putih dengan air laut yang jernih berwarna hijau. jika kamu snorkling akan menemukan Biota laut yang sangat indah. Terumbu karang yang masih sangat terjaga. Pulau ini juga sebagai penangkaran penyu. Pulau seluas 2,5 km2 ini memang merupakan salah satu pulau penangkaran penyu dengan pemandangan  yang eksotis.

Jika memang punya waktu banyak dapat juga mencoba memancing. Memancing ikan juga aktifitas yang menarik di pulau ini. Karekteristik pulau Berhala yang berbatu-  batu disekelilingnya, memberikan kemungkinan bagi pemancing mendapatkan tempat yang strategis sekaligus nyaman untuk berburu ikan. Ikan-ikan yang berukuran 3 kg ke atas siap mendebarkan jantung. Disini ikan kerapu bukan ikan yang istimewa lagi. Masih banyak jenis ikan lain yang ukuran dan tenaganya mengharuskan anda bermain tarik-tarikan sebelum berhasil menangkapnya.

Tidak hanya itu saja, di pulau berhala terdapat menara mercusuar untuk memantau keamanan perbatasan wilayah. Dengan tracking 833 anak tangga kamu sampai ke menara dengan udara segar dari hutan yang memiliki pohon yang sangat terjaga. Sesampai di menara, terlihatlah Pesona keindahan yang sempurna pulau berhala dari atas menara. Di malam hari, pemandangan  luar biasa dari lampu – lampu kapal nelayan yang berjajar rapi dan melihat penyu keluar dari balik pasir putih.

Demikian informasi tentang Pulau Berhala. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/HS)

KOMENTAR

BACA JUGA