Pola Makan Sehat Di Tempat Kerja

  • Whatsapp

Pola Makan Sehat – Saat bekerja, orang-orang cenderung lupa makan, atau malah makan makanan yang cepat saji, karena padatnya aktivitas di tempat kerja. Kondisi ini tentu membuat sebagian besar pekerja menjadi kurang fit dan kesehatannya terganggu. Masalahnya terdapat pada kesibukan yang membuat seseorang tidak bisa mengontrol makanan yang dikonsumsinya, karena makanan yang dijual di lingkungan tempat kerja pada umumnya adalah makanan praktis dan instan yang tidak memiliki kandungan gizi yang memadai. 

Pola Makan Sehat Di Tempat Kerja
Pola Makan Sehat Di Tempat Kerja

Sebenarnya, untuk menerapkan pola hidup sehat, tidak sesulit yang orang-orang bayangkan. Kamu hanya perlu disiplin pada dirimu sendiri. Yakinkan dan marahi dirimu bila melanggar aturan yang tidak sehat.

Read More

Solusi Pola Makan Sehat Sibuk Kerja

Nah, berikut adalah beberapa solusi sederhana untuk pola makan sehat bagi yang sibuk bekerja:

Jangan Lupakan Sarapan 

Sarapan pagi dikatakan bisa meningkatkan produktivitasmu. Hal ini diakibatkan ketika bangun tidur, metabolisme otak meningkat dan pastinya membutuhkan glukosa sebagai energi. Sedangkan di pagi hari, jumlah glukosa dalam tubuh akan berkurang karena kamu tidak makan pada saat kamu tidur di malam hari. Nah, sarapan bisa mengurangi rasa lelah, rasa kantuk, dan bisa membantumu untuk lebih fokus dan berkonsentrasi. 

Harus Makan Siang

Makan siang di tempat kerja sangatlah penting setelah kamu setengah hari bekerja. Setelah energi yang dihasilkan dari sarapan  terkuras habis, maka kamu perlu makan siang. Selain untuk mengenyangkan perut, makan siang juga mengijinkan tubuh untuk beristirahat sejenak dari padatnya aktivitasmu. Untuk itu, saat makan siang tiba, kamu harus beranjak sejenak dari tempat dudukmu. Kamu juga harus memperhatikan menu makan siang yang kamu makan. Cobalah cari menu makanan sehat yang alami dan memenuhi gizi untuk bisa menambah energimu. 

Cemilan

Ketika bekerja, tidak jarang kamu ingin mengemil sambil melakukan pekerjaanmu. Godaan ingin mengemil ini biasanya muncul karena teman-teman kantor membawa makanan kecil atau kue di tempat kerja. Boleh saja ngemil sambil kerja, tetapi kamu harus bisa membatasi porsi dan kalori cemilan yang kamu makan. Aturan ngemil adalah memperhatikan porsi dan kalori cemilan. Jangan sampai karena terkesan kecil dan tidak mengenyangkan, kamu memasukkan kalori terlalu banyak dari cemilan. Hal ini dapat menyebabkan berat badan bertambah. Hindari juga makanan yang digoreng karena mengandung lemak yang berlebih. Untuk itu, kamu bisa memakan cemilan yang direbus seperti ubi atau pisang rebus, makanan dari gandum, yogurt, atau dark chocolate.

Minum Teh dan Kopi

Biasanya, tubuh akan lebih bertenaga setelah meminum teh atau kopi. Teh dan kopi ini adalah minuman yang sangat pas untuk menemani aktivitas bekerja. Selain rasanya yang nikmat, meminum teh atau kopi di tempat kerja juga sudah menjadi kebiasaan para pekerja. 

Makan Malam Sehat

Pada malam hari, kamu tidak akan melakukan aktivitas yang membutuhkan terlalu banyak energi. Namun apabila kamu harus lembur, kamu bisa membawa bekal makanan sehat dari rumah untuk menjaga energi tubuhmu, seperti camilan sehat, buah-buahan, salad, dan sebagainya.

Menjaga pola makan di tempat kerja bukanlah hal yang mudah. Namun bukan berarti ini menjadi penghambat dirimu untuk tetap menerapkan pola hidup sehat di lingkungan tempatmu bekerja. Walaupun terlihat sepele, namun menerapkan pola hidup sehat akan membuat hidupmu lebih baik untuk jangka yang panjang nantinya. 

Demikian artikel tentang Pola Makan Sehat Di Tempat Kerja. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *