Pertebal Jaringan, Modal Utama Irfan Dirikan Usaha

  • Whatsapp

Memiliki banyak teman yang berkecimpung dalam hobi yang sama yaitu sesama pecinta kopi, merupakan modal utama bagi Irfan Muazir Iskandar Marpaung dan temannya Septi Angga Nasution mendirikan usaha berkonsep Vespa dan Cappucino yang bernama Vespuccino Parking Only. Kedai kopi (Coffee Shop) yang juga menjual beragam aksesoris bertema Vespa ini terletak di Jalan Gaharu Simpang Bambu III Kawasan Kampus UMSU Medan.

Irfan dan Pizza Burger, salah satu menu unggulan di Cafe yang menjadi Basecamp Barista Medan

Selain itu dikatakan Irfan, kedai kopi bertema Italia ini didirikan akibat rindunya akan kampung halaman dan teman-temannya di Medan karena dia sendiri sempat kuliah di UII Jogja.

Read More

Setelah menyelesaikan pendidikan dan sempat beberapa lama bekerja di sana, Irfan yang juga hobi nongkrong di kedai kopi ini, memutuskan  membuka kedai kopi tersebut pada 15 September 2014 bersama Angga dengan modal awal yang terbilang cukup besar, yaitu berkisar Rp 100 Juta. 

Modal tersebut dikatakannya, demi memenuhi konsep ruangan yang terdiri dari Vespa dan pembelian beragam kopi dengan kualitas terbaik di kelasnya. Kini kata dia, per bulan kedai kopi yang mempekerjakan 3-4 partner ini memperoleh omset sekitar Rp 30 Juta.

“Saat itu, setelah saya kembali ke Medan, saya dan Angga kan hobi nongkrong di berbagai kedai kopi. Lama-lama kami berpikir, kenapa tidak membuka tempat tongkrongan baru? Akhirnya, kami buka usaha ini 6 bulan terakhir. Alhamdulillah usaha ini semakin lancar dengan omsetnya yang mencapai Rp 30 Juta per bulan,” katanya.

Twitter @vespuccino_id dan instagram @vespuccino.coffee menurut Irfan, merupakan media yang paling efektif di zaman kekinian yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan. Selain itu, disebutkannya, sejak 3 bulan coffee shop ini dibuka, Irfan mulai mengenal Barista Medan. Praktis, dengan kecakapannya dalam meracik kopi, Irfan pun bergabung dengan kelompok pecinta kopi tersebut.

“Dari segi pemasaran, tentu dari media sosial selain dari orang-orang terdekat dan teman-teman. Sejak sudah di Barista Medan, mereka juga setuju untuk menjadikan coffee shop saya sebagai base camp,” lanjutnya.

Selain menawarkan beragam kopi hitam maupun racikan dan makanan italian seperti pizza burger dan spaghetti, magnet coffee shop ini terletak juga pada eksterior dan interior. 

Mendatang kata Irfan lagi, dia bercita-cita ingin memiliki kebun kopi maupun merek dagang sendiri. Namun demikian, tentunya dia ingin memasarkan Vespuccino ini ke pasar internasional. Menurutnya tentu ini dapat membawa nama Indonesia.

“Kalau modal telah mencukupi, saya berencana memiliki kebun kopi dan memasarkan kopi yang saya miliki nanti hingga pasar internasional,” tutup Irfan.

ket gambar: Irfan dan Pizza Burger yang merupakan salah satu menu unggulan di Cafe yang menjadi Basecamp Barista Medan tersebut.***(CM02/PK)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *