Ini Dia Aturan Minum Jus

  • Whatsapp

Kita dapat memperoleh khasiat dari berbagai buah tanpa harus memakannya satu per satu. Minum jus membantu kita memperoleh manfaat dari buah dengan cara yang praktis. Jus buah merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh juga lebih mudah menyerap nutrisi yang ada pada jus. Tetapi, ternyata minum jus juga ada aturannya, agar maksimal bagi kesehatan tubuh.

Aturan Minum Jus

Pengolahan jus dengan cara yang tidak tepat bisa membuat kandungan manfaat yang ada di dalam jus menjadi berkurang. Nah, agar bisa menikmati jus dan mengambil manfaatnya secara maksimal, cobalah lakukan beberapa hal berikut ini.

Jangan mengkonsumsi jus asam di pagi hari. Pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk minum jus, karena jus buah mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Namun, jika kamu suka mengkonsumsi jus jeruk atau jus yang terasa asam, jangan konsumsi di pagi hari, agar tidak sakit perut. Di pagi hari, kamu bisa mengkonsumsi jus pisang, pepaya, apel, atau wortel adalah pilihan buah yang tepat.

Jus jangan disimpan dalam waktu lama. Jika tidak mengkonsumsinya secara langsung, buatlah jus sedingin mungkin. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya, membantu mempertahankan vitamin yang ada pada jus selama 4 jam. Vitamin yang ada dalam jus dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar kita dan dapat menurunkan manfaat dari jus.

Jus bukan pengganti makanan. Saat sedang diet atau untuk kesehatan, boleh saja mengganti makan malam Anda dengan segelas jus. Tetapi, bukan berartisarapan dan makan siang juga hanya dengan minum jus dengan maksud menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makanan lain. Buah-buahan tidak akan dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal, jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Akibatnya, kekebalan tubuh akan melemah. Walau berat badan mungkin dapat turun dengan drastis tetapi akan cepat naik saat makan dengan pola yang semula. Karena minum jus tidak mengurangi lemak, hanya mengurangi air dalam tubuh.

Jus tidak selalu rendah kalori. Buah seperti alpukat, nangka dan durian adalah buah-buahan dengan kalori tinggi, yaitu sekitar 200 kkal. Jika ingin jus dengan kalori rendah, dapat memilih buah jeruk, apel, melon, semangka atau pir yang kandungan kalorinya sekitar 80 kkal.

Jus bukan pengganti buah. Terus-menerus mengkonsumsi jus dapat meningkatkan berat badan. Mengkonsumsi buah segar tetap menjadi pilihan tepat karena bermanfaat bagi lambung. Pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar setidaknya 20 kkal. Pada ampas buah yang sering dibuang saat membuat jus, terdapat serat dan vitamin, yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Jus tidak selalu harus buah. Sayur-sayuran juga dapat dibuat menjadi jus. Rasa pahit pada sayur dapat diatasi dengan mengkombinasikan sayuran dengan buah, sehingga rasanya lebih segar.

Jus menggunakan buah-buahan segar. Gunakan buah atau sayuran segar, agar mendapatkan khasiat yang maksimal. Buah atau sayur mulai layu membuat kualitas jus berkurang.

Mengkonsumsi jus dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kesehatan yang mungkin kamu hadapi. Dengan mengikuti aturan yang benar saat minum jus, minuman sehat ini akan semakin terasa manfaatnya bagi tubuhmu. Demikian artikel tentang Aturan Minum Jus. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com. (CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *