Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa

  • Whatsapp

Menahan lapar dan haus lebih kurang selama 12 jam, terkadang membuat aktivitas sehari – hari menjadi tidak bersemangat. Kita tentunya harus tetap rutin bekerja atau sekolah namun tetap menjalankan ibadah puasa.

Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa
Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa

Umat Islam memerlukan asupan energi yang cepat setelah berpuasa seharian untuk kemudian melakukan shalat maghrib. Dan seperti yang kita ketahui, tubuh juga memerlukan energi untuk dapat mencerna makanan yang masuk ke tubuh. Jadi langsung makan besar pada saat berbuka puasa adalah sebuah kebiasaan yang tidak sehat karena saat itu tubuh berada pada kondisi lemah. Buah-buahan segar, khususnya buah kurma dapat mengawali proses pencernaan sekaligus menyediakan energi yang anda butuhkan untuk mencerna makan besar setelahnya.

Read More

Makanan yang dikonsumsi saat berbuka, harus lah mengandung unsur-unsur pengasil tenaga, pembangun sel – sel, dan mengatur segala macam proses dalam tubuh, karena  fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh.

Saat berbuka puasa,  Rasulullah saw mengawalinya dengan kurma, atau manis-manisan, kalau tidak ada maka dengan minum air. ” Rasulullah saw berbuka dengan rutbaat (kurma segar) sebelum beliau shalat, apabila tidak ada maka dengan beberapa tamar (kurma) dan apabila tidak ada, beliau meminum air. (HR Abu Dawud, Hakim dan menshahihkannya serta Tirmidzi meng-hasankannya).

Kini begitu ilmu pengetahuan sudah sangat maju, semua apa yang diajarkan Rasulullah terbukti benar. Bahkan ilmu kedokteran barat menjuluki buah kurma sebagai makanan super (makanan yang hampir sempurna). Cara Rasulullah dalam mengkonsumsi yang hanya 3 atau 5 butir kemudian dilanjutkan dengan shalat, dan baru setelahnya melanjutkan dengan makan besar juga sesuatu yang dibenarkan oleh para ahli nutrisi saat ini. Tubuh memerlukan waktu sejenak untuk mencerna kurma dan mempersiapkan organ pencernaan bagi makanan besar yang akan masuk kemudian. Langsung makan besar saat waktu berbuka tiba dikatakan dapat merusak tubuh dalam jangka panjang.

Ini mungkin disebabkan karena manfaat kurma untuk kesehatan sangat banyak sekali. Kurma memang kaya dengan kandungan tanin, yang menjadikan kurma secara kedokteran memiliki khasiat sebagai daya pembersihan yang baik dan juga sebagai astringent untuk usus yang mempunyai masalah.

Berbuka puasa dengan buah kurma juga sangat bermanfaat karena kandungan gula alami yang tinggi pada buah ini. Gula alami dapat dengan cepat diserap oleh hati yang kemudian merubahnya menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

Makan kurma setiap hari selama bulan Ramadhan sama saja artinya dengan mengkonsumsi multivitamin setiap hari. Buah kurma merupakan sumber dari banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kurma adalah sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc ditemukan pada kurma. Kurma juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K. Ini akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat serta sangat cocok bagi orang yang berpuasa. Selain itu, buah kurma juga merupakan sumber serat alami yang penting bagi sistem pencernaan. Kurma akan menjaga lambung dan sistem pencernaan dari gangguan bakteri dan parasit.

Manfaat kurma sebagai pengobatan sakit pada tenggorokan, kurma untuk sakit pilek, selesma bronkial, juga kurma mempunyai manfaat kesehatan sebagai meringankan demam. Selain itu manfaat kurma untuk buka puasa yang luar biasa ini bisa pengaplikasiannya dengan cara dijadikan sirup, infus, ramuan, bahkan pasta.

Kurma konon diyakini bisa menetralkan keracunan karena alkohol. Getah dari batang pohon kurma bisa untuk obat diare dan juga penyakit kencing genital. Akar pohon kurma bisa untuk sebagai obat sakit gigi.

Sejak zaman dahulu buah kurma sudah digemari umat Muslim. Buah ini adalah salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh Rasulullah. Ketika dahulu ilmu pengetahuan belum semaju sekarang, umat Islam hanya tau bahwa apa yang diajarkan dan dicontohkan oleh Rasulullah adalah sebuah kebaikan. Umat Muslim seluruh dunia mengikuti apa yang diajarkan tersebut semata-mata untuk mengenang Beliau dan meyakini bahwa apa yang diajarkan adalah sebuah kebaikan.

Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa

1. Kurma Mudah Dicerna

Buka puasa diawali dengan memakan buah kurma sangat baik bagi kesehatan. Kurma sangat baik dicerna dan tidak menimbulkan masalah diperut. Manfaat kurma yang dimakan saat berbuka puasa bisa memicu keluarnya zat yang dapat mengaktifkan sistem pencernaan.

2. Kurma Mempunyai Kandungan Gula Alami

Kandungan buah kurma sangat banyak mengandung zat seperti glukosa, sukrosa, dan juga fruktosa, yaitu gula alami yang baik untuk menormalkan kadar gula darah setelah sebelumnya kadar darah turun karena puasa. Kandungan kalori yang rendah dalam kurma sangat cocok untuk mengembalikan energi tubuh kita setelah puasa.

3. Kurma Punya Kandungan Serat Tinggi

Kandungan air dalam buah kurma sangat sedikit sekali, namun seratnya cukup banyak dan ini baik bagi tubuh. Untuk masalah pencernaan, kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien, yang berarti lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar. Karena itu, kurma juga bisa untuk atasi sembelit pada saat berpuasa.

4. Kurma Sebagai Sumber Energi

Makan kurma saat puasa adalah cara yang paling cepat untuk memulihkan energi saat setelah puasa. Untuk anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak makan kurma, karena kandungannya yang mempunyai glukosa tinggi tidak bagus untuk penderita diabetes.

5. Kurma Untuk Keseimbangan Tingkat Keasaman Darah

Kurma juga mempunyai kandungan zat yang bisa seimbangkan tingkat keasaman darah pada tubuh, yang mana tingkat keasaman ini akan meningkat ketika berbuka puasa tiba. Sebab dari peningkatan asam darah ini dikarenakan makan karbohidrat dan juga daging.

6. Kurma dapat menyembuhkan gejala konstipasi

Kurma seringkali dikategorikan sebagai makanan pencuci perut. Untuk mencapai efek pencuci perut yang diinginkan, rendamlah kurma dalam air semalam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam sehingga menjadi seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kurma memiliki tingkat serat yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan perut dan memperlancar buang air besar, sehingga dapat menyembuhkan gejala konstipasi.

7. Kurma dapat memperkuat tulang

Kandungan mineral yang sangat tinggi pada buah kurma dapat memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium; seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, khususnya bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah.

8. Kurma dapat mengurangi gejala anemia saat puasa

Saat puasa, tubuh cenderung kekurangan nutrisi yang menyebabkan gejala darah rendah dan anemia. Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, yang bermanfaat untuk bermacam kondisi kesehatan, namun kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia. Kandungan tinggi zat besi menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga, dan disaat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.

9. Kurma dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem syaraf

Potassium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem syaraf yang sehat dan responsif, serta meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Oleh sebab itu, kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang menua dan daya sistem syaraf mereka menurun, juga bagi orang-orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.

10. Kurma dapat membantu menjaga kesehatan jantung

Makanan – makanan yang tidak sehat yang dimakan saat bulan puasa, cenderung membuat berbagai penyakit kambuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa potassium dalam kurma dapat mengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Jika kurma direndam semalam, ditumbuk pada pagi hari, lalu dimakan, kurma akan menunjukkan dampak positif pada jantung yang lemah. Mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa disarankan sebagai cara yang menyehatkan dan lezat untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Demikian informasi tentang Manfaat Buah Kurma Untuk Buka Puasa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.  (CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *