Makanan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa

  • Whatsapp

Biasanya, pada bulan puasa, orang – orang cenderung makan berlebihan, apalagi hidangan di bulan puasa yang sering kali dibuat lengkap dan istimewa. Terkadang, tanpa memperhatikan asupan gizi pada makanan, orang – orang memakan semua yang tersaji. Padahal, hidangan yang nikmat tanpa memenuhi gaya makan yang sehat dan prinsip gizi seimbang, bisa membuat tubuh tidak fit selama bulan puasa.

Makanan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa
Makanan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa

Menahan lapar dan haus lebih kurang selama 12 jam, terkadang membuat aktivitas sehari – hari menjadi tidak bersemangat. Kita tentunya harus tetap rutin bekerja atau sekolah namun tetap menjalankan ibadah puasa. 

Read More

Selain mudah mengantuk dan badan menjadi lemas, menu berbuka dan sahur yang kurang sehat juga bisa membuat kadar kolesterol melonjak. Sebab itu cobalah untuk tetap menjaga kondisi tubuh yang prima, walaupun perut harus kosong selama 12 jam, namun kamu harus tetap berpuasa dengan memperhatikan menu sehat saat berbuka dan saat sahurnya.

Makanan yang dikonsumsi setiap hari harus lah mengandung unsur-unsur pengasil tenaga, pembangun sel – sel, dan mengatur segala macam proses dalam tubuh, karena  fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh. 

Makanan yang sehat harus terdiri dari makanan utama dan makanan penunjang. Makanan sehat ini seharusnya memiliki kandungan gizi yang banyak, dan kandungan tersebut antara lain adalah karbohidrat, mineral, protein, vitamin dan lemak tak jenuh dalam jumlah yang sedikit saja. 

Makanan sehat tersebut juga dikenal dengan istilah 4 dan 5 sempurna. Makan dengan lauk pauk tahu, tempe, sepotong daging, dan serta mangkuk sayur masih belum cukup memenuhi kebutuhan gizi. Makanan sehat akan memenuhi syarat kesehatan jika dimakan tidak menimbulkan penyakit, serta keracunan.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka setiap harinya harus lah mengandung unsur-unsur pengasil tenaga, pembangun sel – sel, dan mengatur segala macam proses dalam tubuh, karena  fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menhilangkan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh, mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta untuk menjamin kelancaran segala macam proses yang terjadi di dalam tubuh. 

Bahan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna

1. Karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum, singkong, dan lain-lain.

2. Protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dll

3. Mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran

4. Vitamin : banyak terdapat pada buah-buahan

Nah, untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan berstamina selama menjalani puasa, ikuti beberapa tip menu berbuka dan sahur berikut ini :

Saat sahur:

1. Utamakan air, vitamin, dan elektrolit. Saat sahur, minumlah air putih, jus buah tanpa gula, atau air kelapa. Karena sifat elektrolit yang terdapat pada air kelapa , maka kamu akan tetap merasa haus setelah meminumnya, untuk itu, disarankan minum air kelapa dulu, baru dilanjutkan dengan minum air putih. Kamu juga bisa coba membuat perasan air sari lemon atau jeruk nipis ke dalam air putih, selain membuat rasanya lebih enak, kamu juga dapat segera mengobati rasa haus saat berpuasa.

2. Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks. Makanan pokok harus banyak mengandung karbohidrat (zat tepung). Misalnyal nasi, jagung, roti, singkong, sagu, nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren.   Karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga, apalagi saat bulan puasa kamu harus beraktivitas dengan perut kosong selama 12 jam. Dari sumber tenaga ini, kita bisa melakukan segala aktivitas atau kegiatan. Ini disebabkan karena jenis karbohidrat ini lebih tahan lama dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood dan energi pun menjadi lebih baik.

3. Konsumsi serat, baik dari sayur atau buah. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi  sayuran dan buah secara teratur. Sayuran dan buah merupakan dua jenis makanan yang paling baik bagi tubuh manusia. Bila dimakan dengan cara yang benar, maka Sayuran dan buah akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Sayuran dan buah merupakan alat untuk detoksifikasi dan penyedia gula alami. Sayuran dan buah kaya akan serat, vitamin, mineral dan yang terpenting. 

Vitamin dan mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh dan tidak mudah terserang penyakit. Makan sayuran dan buah setiap hari juga bisa membersihkan tubuh dari racun dan membantu sistem pencernaan. Untuk itu, setiap hari kamu  perlu makan sayur dan buah yang cukup. Contoh sayur adalah bayam, kangkung, wortel, dan lain-lain.  Contoh buah – buahan adalah : mangga, jeruk, pepaya, dan pisang. 

4. Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Daging dan kacang-kacangan adalah dua jenis makanan yang memiliki kombinasi protein dan lemak. Unsur lemak ini berfungsi untuk melambatkan proses pencernaan agar protein punya cukup waktu untuk berinteraksi dengan asam lambung. Sehingga lebih tahan lapar selama berpuasa. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang. Contoh makanan dengan kombinasi Protein dan Lemak adalah: daging (ayam, sapi, ikan) yang dipanggang, dibakar, direbus atau dikukus, kacang – kacangan yang disangrai, direbus atau dikukus, telur, tempe, tahu, dan lain-lain.

Saat Berbuka :

1. Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. 

Saat berbuka puasa,  Rasulullah saw mengawalinya dengan kurma, atau manis-manisan, kalau tidak ada maka dengan minum air. ” Rasulullah saw berbuka dengan rutbaat (kurma segar) sebelum beliau shalat, apabila tidak ada maka dengan beberapa tamar (kurma) dan apabila tidak ada, beliau meminum air. (HR Abu Dawud, Hakim dan menshahihkannya serta Tirmidzi meng-hasankannya).

2. Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka  dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan kenaikan berat badan dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik.

3. Karbohidrat kompleks akan lebih baik. Nasi putih dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%.

4. Setelah  buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal 1 liter.

5. Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Contoh menu sahur sehat

  1. Nasi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun, dan buah pisang atau buah – buahan lainnya.
  2. Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Buah jeruk
  3. Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.
  4. Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning. Buah pepaya.

Contuh menu berbuka puasa

1. Nasi merah dengan sate ayam, buah pisang

2. Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk

3. Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah.

Demikian informasi tentang Makanan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/HS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *