Kopi Paling Mahal di Dunia

  • Whatsapp
Kopi Paling Mahal di Dunia
Kopi Paling Mahal di Dunia

Bagi penikmat kopi, kenikmatan secangkir kopi tidak tergantikan dengan apapun, membuat kopi terus diburu hingga ke pelosok dunia. Kopi bisa dinikmati tua muda. Kopi merupakan minuman yang sangat digemari di seluruh Dunia, termasuk di Indonesia. Rasanya yang nikmat dan cita rasa yang khas, membuat peminat kopi semakin bertambah saja. Minat yang sedemikian besar terhadap kopi ini, membuat banyak usaha minuman kopi berdiri. Mulai dari kedai biasa hingga kafe berkelas dan hote berbintang.

Tak banyak orang yang mengetahui, kopi kotoran gajah dari Thailand adalah yang termahal di dunia, mengalahkan kopi luwak dari Indonesia. Meski kopi yang dihasilkan dari hewan sejenis musang ini terbilang eksotik dan berbeda baik dari segi rasa, aroma, dan kualitasnya, namun kopi dari kotoran gajah yang diberi nama black ivory ini memiliki aroma yang kaya, karena prosesnya yang panjang. Dan kelangkaannya di dunia membuat kopi ini mengalahkan kopi luwak.

Nah, selain kopi kotoran gajah atau black ivory dan kopi luwak, berikut adalah beberapa kopi yang mahal di dunia.

1. KOTORAN GAJAH ATAU BLACK IVORY DARI THAILAND

Dengan bumbu unik, yaitu kotoran gajah, black ivory pun melambung mengalahkan kopi luwak. Kopi yang dihasilkan dari perbukitan utara Thailand, menjadi kopi termahal di dunia karena prosesnya yang panjang.

Black ivory ini dijual seharga US$ 1.100 per kilogramnya, atau setara Rp 10,6 juta. Sebelumnya, kopi termahal adalah kopi luwak yang harga per kilogramnya di pasaran internasional antara US$ 700 hingga US$ 1.000.

Selain rasanya yang katanya nikmat, proses panjang dilalui sebelum terhidang menjadi secangkir kopi. Ide kopi gajah ini muncul dari seorang investor kopi asal Kanada, Blake Dinkin. Ia menghabiskan US$ 300 ribu untuk mengembangkan proses pengolahan kopi dengan media pencernaan gajah.

Di provinsi Chiang Rai, Thailand utara, Perempuan pedesaan Thailand mengumpulkan kotoran gajah. Setelah kotoran tersebut terkumpul, mereka memilah biji-biji kopi dari tiap gunduk kotoran gajah. Dibutuhkan 15 sampai 30 jam untuk mencerna biji dalam pencernaan gajah. Selain kopi, yang berada di dalam perut gajah, makanan seperti pisang, tebu, dan bahan-bahan lainnya pun ikut diberikan pada gajah bersamaan dengan kopi. Selama dalam percernaan gajah inilah aroma kopi “diperkaya”.

Dibutuhkan 33 kilogram biji kopi mentah untuk memproduksi 1 kilogram kopi black ivory. Ini disebabkan karena mayoritas kopi yang masuk ke perut gajah telah rusak atau hilang setelah dikeluarkan. Berbeda sekali dengan luwak. Namun Blake Dinkin memastikan bahwa gajah – gajah ini tidak menyerap kafein dari buah kopi yang dikonsumsinya, karena dalam mengawasi proses panjang tersebut, Dinkin bekerja sama dengan seorang dokter hewan .

Berberda dengan kopi luwak yang berada di mana – mana, kopi gajah hanya tersedia di hotel – hotel mewah di Thailand, serta jaringan hotel bintang lima di Maladewa dan Abu Dhabi.

2. KOPI LUWAK DARI INDONESIA

Kopi Luwak adalah kopi yang dihasilkan dari kotoran hewan luwak atau musang. Kopi luwak merupakan kopi asli Indonesia dan telah menjadi kopi kebanggaan Indonesia yang telah dikenal dunia. Kopi yang dihasilkan dari hewan sejenis musang ini terbilang eksotik dan berbeda baik dari segi rasa, aroma, dan kualitasnya.

Kopi luwak diberi harga per kilogramnya di pasaran internasional antara US$ 700 hingga US$ 1.000. Harga kopi luwak ini sangat fantastis disebabkan oleh proses pengolahannya yang unik. Biji kopi luwak yang masih berbentuk ceri akan dimakan ole hewan luwak. Setelah mengalami fermentasi, biji kopi akan dikeluarkan melalui kotoran luwak. Ada beberapa daerah yang menghasilkan kopi luwak, diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung dan beberapa daerah penghasil kopi lainnya. Harga kopi luwak yang mahal membuat orang-orang berduyun-duyun bergabung dalam bisnis kopi luwak. Alhasil kopi luwak kini terbagi atas 2 jenis, yaitu Kopi Luwak Liar dan Kopi Luwak Penangkaran.

3. KOPI HACIENDA LA ESMERALDA DARI BOQUETE, PANAMA

Penikmat kopi di dunia menyukai kopi jenis Hacienda La Esmeralda karena rasanya yang unik. Kopi Hacienda La Esmeralda dijual dengan harga US$ 104 per pon atau sekitar 2 juta per kilogramnya. Kopi Hacienda La Esmeralda mendapat penghargaan kopi terbaik Panama pada tahun 2004, 2005, 2006, 2007, 2009, dan 2010.

Yang membedakan kopi Hacienda La Esmeralda dengan kopi lain adakah perbedaan media tumbuh. Hacienda La Esmeralda dihasilkan dari tanaman kopi yang tumbuh di daerah khusus di Boquete. Tanaman kopi tumbuh di bawah pohon-pohon jambu tua yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Hal ini membuat kopi memiliki citarasa yang beragam.

4. KOPI PULAU ST HELENA DARI ST HELENA

Kopi yang berasal dari benua Afrika ini yang tepatnya berasal dari pulau St Helena yang terletak sekitar 1.200 mil lepas pantai Afrika. Popularitas kopi ini terangkat berkat Napoleon Bonaparte, yang mengenalkan dan menaburkan sendiri benih kopi ini di Pulau St Helena dan memperkenalkanya di Perancis hingga terkenal ke seluruh dunia. Nah bagi anda yang ingin mencicipi kopi ini anda harus menyiapkan dana sebesar $79 per pound atau sekitar 1,5 juta perkilonya.

5. KOPI EL INJERTO DARI HUEHUETENANGO, GUATEMALA

El Injerto adalah jenis kopi yang berasal dari Huehuetenango, wilayah Guatemala. Kopi yang berasal dari guatemala ini juga termasuk dalam daftar kopi yang cukup eksklusif. Pada tahun 2006, kopi ini berhasil menyabet Piala Excellence of Grand Prize. Bagi anda yang ingin sekedar menyeruput kopi ini, anda harus menyiapkan uang sebesar $50 per poundnya atau sekitar 470 ribu per setengah kilonya.

6. KOPI FAZENDA SANTA INES DARI MINAS GERAIS, BRASIL

Kopi Fazenda Santa Inez berasal dari dataran tinggi sebuah negara bagian di Brazil, Minas Gerais. Harga kopi Fazenda Santa Inez sekitar $ 50 per pon atau sekitar 940 ribu per kilogramnya. kopi Fazenda Santa Ines masuk sebagai salah satu produk kopi termahal di seluruh dunia.

Kopi Fazenda Santa Inez diproses secara tradisional. Setiap tahap dilakukan tanpa melibatkan mesin otomatis. Dari proses pengolahan tersebut, kopi yang dihasilkan memiliki citarasa buah dan karamel.

7. KOPI BLUE MOUNTAIN DARI WALLENFORD ESTATE, JAMAIKA

Kopi The Blue Mountain adalah salah satu komoditas yang paling dicari, meskipun sangat mahal di dunia. Kopi The Blue Mountain, sesuai namanya tumbuh di pegunungan Blue Jamaika. Lebih dari 80% kopi ini diekspor ke Jepang. Kopi ini dikenal karena tingkat kepahitan yang rendah dan ringan rasanya. Jika Anda mau mengeluarkan US$ 49 per pon, Anda bisa menikmati secangkir kopi Blue Mountain.

8. KOPI LOS PLANES DARI CITALA, EL SALVADOR

Los Planes adalah jenis kopi yang ditanam di Citala, El Salvador. Harga US$ 40 per pon atau sekitar Rp 370.000. Pada Piala Excellence of Grand Prize pada 2006, ia menerima posisi kedua, dengan tempat pertama dipegang kopi El Injerto.

9. KOPI HAWAII KONA DARI HAWAII

Kopi The Hawaiin Kona adalah nama untuk kopi komersial yang dibudidayakan dan tumbuh di Mauna Loa dan lereng Hualalai. Hanya kopi yang berasal dari kabupaten ini dapat disebut sebagai ‘Kona’. Kopi Hawaii Kona dikenal dengan rasanya yang nyaman, yang dapat Anda nikmati seharga US$ 34 per pon atau sekitar Rp 320.000.

10. KOPI STARBUCKS RWANDA BLUE BOURBON DARI GATARE/KARENGERA, RWANDA

Starbucks memperkenalkan kopi ini ke negara lain ketika perusahaan mengunjungi stasiun pencucian kopi Rwanda pada tahun 2004. Starbucks Rwanda Blue Bourbon pada dasarnya adalah jenis biji kopi yang dapat ditemukan di Gatare dan Karengara, Rwanda. Blue Bourbon menjadi tanaman kopi utama petani di Rwanda. Harga kopi ini mencapai US$ 24 per pon atau sekitar Rp 230.000.

11. KOPI YAUCO SELECTO AA DARI PUERTO RICO

Dibudidayakan di Puerto Rico Yauco Area, kopi Yauco Selecto AA adalah kopi yang dijual seharga US$ 24 per pon atau sekitar Rp 230.000. Rasa ringan dan kelezatan kopi ini bisa dinikmati pecinta kopi dari seluruh dunia. Popularitas kopi ini telah membengkak warga di Puerto Rico.

Demikian informasi tentang Kopi Paling Mahal di Dunia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Kopi Bisa dimanapun berada.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *