Festival Kewirausahaan FE Unpri Ajak Pelajar Jadi Wiraswasta

  • Whatsapp

Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE Unpri) kembali mengajak pelajar mulai dari tingkat SMA-SMK dan mahasiswa di Kota Medan untuk menjadi wiraswasta melalui Festival Kewirausahaan Periode IV, di Kampus II Jl. Sekip Medan, Minggu (7/6).

Festival Kewirausahaan FE Unpri Ajak Pelajar Jadi Wiraswasta
Festival Kewirausahaan FE Unpri Ajak Pelajar Jadi Wiraswasta

Teks Foto :

Read More

Kepala Perwakilan BI Sumut Difi A Johansyah (kiri) didampingi Ketua BPH Unpri Dr. Tommy Leonard, SH, MKn (kanan), Dekan FE Unpri Cut Fitri Rostina, SE, MM meninjau salah satu stand bazar dalam Festival Kewirausahaan FE Unpri, di Kampus II Jl. Sekip Medan.

Acara yang dibuka Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara Difi A Johansyah tersebut dihadiri Ketua Pembina dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Dr. Tommy Leonard, SH, MKn, Rektor Unpri Dr. Djacobus Tarigan, AAI, DAAK, Wakil Rektor I Seno Adji, SPd, M.Eng, Prac, Dekan FE Unpri Cut Fitri Rostina, SE, MM, Wakil Dekan FE Hendry, SE, MM, para peserta Festival Kewirausahaan dari beberapa sekolah dan perguruan tinggi di Kota Medan.

Dekan FE Unpri Cut Fitri Rostina mengatakan, kegiatan ini sangat penting mengingat tingginya tingkat pengangguran, sementara lapangan pekerjaan minim. Oleh karena itu, FE Unpri berharap agar para generasi muda, khususnya para pelajar SMA/SMK dan mahasiswa dapat terdorong semangatnya untuk berani bergerak membuka lapangan pekerjaan baru dan mampu menciptakan inovasi dalam berwirausaha, sehingga mampu mengurangi angka pengangguran.

“Fakultas Ekonomi Unpri senantiasa ingin menghasilkan generasi-genrasi muda Indonesia yang mampu berkarya dalam bidang ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dari pendidikan di perguruan tinggi dan mampu menghasilkan ide baru untuk berwirausaha sesuai dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh,” ujarnya.

Dia menyebutkan, Festival Kewirausahaan IV ini menggelar perlombaan Business Plan Competition yang mulai berlangsung sejak Mei 2015, kemudian dimeriahkan 70 stan bazar yang kreatif dan inovatif dari para siswa dan mahasiswa, beberapa di antaranya dari peserta Business Plan Competition, pameran, pentas seni dan Live Band.

Ketua BPH Dr. Tommy Leonard, SH, MKn menambahkan, kegiatan Festival Kewirausahaanini sebenarnya untuk merealisasikan serta mengembangkan potensi-potensi pada diri para siswa maupun mahasiswa Unpri baik kreativitas maupun bisnis usahanya untuk disalurkan dalam kegiatan ini.

“Diharapkan nantinya setelah kegiatan ini mereka bisa secepatnya bergerak menjadi wirausaha-wirausaha muda dan juga berharap kedepannya ada investor yang melirik mahasiswa atau pelajar SMA ini, sehingga produknya bisa dipasarkan di masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sumut Difi A Johansyah menyambut baik kegiatan yang digelar FE Unpri, karena mampu mengembangkan wirausaha dari para pelajar SMA-SMK dan mahasiswa.

“Kegiatan ini sangat kreatif, dan para pelajar yang ikut festival ini juga kreatif untuk menjadi wiraswasta. Mudah-mudahan setiap tahun kegiatan ini bisa terus berlangsung, dan bisa terus berkembang. Semoga Unpri menjadi road model perguruan tinggi tempat mengembangkan wiraswasta,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Difi menyampaikan bahwa menjadi wiraswasta merupakan jalan masuk surga. Karena menurutnya, wiraswasta itu memberikan pekerjaan kepada orang lain.

“Sukses menjadi wiraswasta itu sebenarnya bukan menjadi kaya, sukses menjadi wiraswasta itu adalah bisa memberikan kehidupan kepada orang lain di sekitar kita. Ini filosopi penting dari wiraswasta, makanya wiraswasta itu jalan menuju surga,” ujarnya.

Difi juga menyampaikan kiat sukses menjadi wiraswasta, diantaranya menjaga kepercayaan atau amanah, berfikir positif, jujur, percaya diri, berani ambil risiko, pantang menyerah dan menjaga silaturahmi maupun menciptakan networking (jaringan kerja).

Sementara itu, pemenang Business Plan Competition 2015 tingkat SMA-SMK, juara pertama diraih siswa Yayasan Perguruan WR Supratman 1, juara kedua siswa dari Global Prima, juara ketiga dari SMK Pangeran Antasari. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa, juara pertama diraih mahasiswa Unpri, juara kedua diraih mahasiswa Unpri, dan juara ketiga diraih mahasiswa STIE A&BI.***(CM03/Ucup)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *